Beberapa dekade belakangan, istilah sistem informasi bukan lagi hal asing. Hampir setiap aspek kehidupan memanfaatkan teknologi ini untuk bisa survive di era digital. Terlebih lagi, secara fungsi, sistem informasi merupakan suatu sistem yang mengombinasikan aktivitas manusia dan penggunaan teknologi.

Hubungan tersebut memanfaatkan beberapa hal seperti data, informasi, dan algoritma. Dari sistem informasi, terciptalah teknologi-teknologi baru untuk memudahkan kehidupan manusia. Salah satu contoh nyata sinergi sistem informasi dengan manusia adalah alat pencari Google.

Melihat betapa penting sistem informasi pada kehidupan kita, tidak heran apabila hal ini menjadi salah satu bidang keilmuan di universitas. Jurusan Sistem Informasi sendiri atau School of Information System termasuk populer di kalangan mahasiswa. Inilah alasan kamu bisa menemukan jurusan ini di hampir semua kampus, termasuk di BINUS UNIVERSITY.

Sistem Informasi dan Perannya dalam Kehidupan Manusia

Sistem Informasi
Sumber : Klik Data

Pada School of Information System, mahasiswa akan belajar banyak hal tentang internet, sistem di dalamnya, bagaimana data berpindah dari satu tempat ke yang lain, hingga penerapannya dalam kehidupan sehari-sehari. Inilah alasan mahasiswa jurusan Sistem Informasi sangat familiar dengan pemrograman.

Dalam kehidupan sehari-hari, sistem informasi telah diterapkan dalam banyak aspek—mulai dari yang paling sederhana seperti di bidang pendidikan, hingga skala besar seperti industri manufaktur. Selain untuk memudahkan pekerjaan, sistem informasi sering kali dimanfaatkan untuk penyimpanan data.

Tidak heran apabila ketika lulus, mahasiswa School of Information System memiliki peluang kerja lebih besar dibanding jurusan lain. Sektor pekerjaannya pun bervariasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Sistem Informasi adalah teknologi yang dibutuhkan masyarakat digital.

Penerapan Sistem Informasi dalam Kehidupan Manusia

Untuk lebih memahami betapa besarnya peran bidang keilmuan ini dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang, mari kita ulas beberapa contoh penerapan sistem informasi di kehidupan sehari-hari.

1. E-Commerce

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, e-commerce merupakan salah satu contoh penerapan sistem informasi yang banyak digunakan orang. Berkat penerapan Sistem Informasi dalam bidang ini, kita bisa melakukan transaksi jual beli secara online di mana dan kapan saja.

Hal tersebut jelas mempermudah hidup terutama bagi mereka yang tinggal cukup jauh dari pusat perbelanjaan. Luasnya jangkauan transaksi juga membuka kesempatan barang lokal dikenal oleh orang-orang dari luar negeri sehingga peluang untuk mendapat angka penjualan tinggi pun makin besar. Beberapa contoh e-commerce adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, BliBli, Amazon, dan masih banyak lagi.

2. E-Learning

Di bidang pendidikan, penerapan Sistem Informasi bisa dilihat dari situs e-learning yang populer ketika pandemi. Pembelajaran jarak jauh dari rumah membuat situs semacam ini banyak digunakan karena sangat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa siswinya.

Di dunia kampus, e-learning juga banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk memastikan agar kegiatan perkuliahan tetap jalan di masa pandemi. Saat ini, penggunaan e-learning bukan lagi hal asing dan fiturnya pun beragam. Salah satu contoh e-learning adalah RuangGuru.

3. Knowledge Work System

Sistem Informasi ini terkait dengan teknologi yang memuat berbagai data (ilmu pengetahuan) dan diolah sedemikian rupa agar bisa diakses untuk memecahkan berbagai masalah. Melihat fungsinya, cakupan Knowledge Work System bisa dipastikan sangat luas dan menjangkau semua bidang kehidupan.

Salah satu contoh Knowledge Work System yang sempat disebut sebelumnya dan cukup dikenal adalah Google. Sebagai big data, Google mampu menyediakan informasi secara cepat dan instan. Teknologi Sistem Informasi yang digunakan Google benar-benar mampu memuat banyak data sehingga situs ini banyak dimanfaatkan orang.

Selain Google, contoh lain penerapan Knowledge Work System dalam kehidupan manusia adalah Digital Library, Wikipedia, atau situs jurnal online.

Kesimpulan

Sistem Informasi merupakan bagian penting dalam kehidupan di era industri dan digital seperti saat ini. Jadi, tidak perlu heran apabila banyak universitas menjadikan bidang keilmuan ini sebagai salah satu jurusan. Mengingat banyaknya tenaga ahli Sistem Informasi yang dibutuhkan di masa depan, tidak perlu heran pula apabila jurusan ini termasuk populer di kalangan anak muda.

Nah, itulah ulasan tentang Sistem Informasi dan penerapannya dalam kehidupan manusia, semoga bermanfaat.