Engineering merupakan salah satu bidang terpopuler di berbagai universitas top, termasuk di BINUS UNIVERSITY. Selain minat profesional yang besar terhadap lulusan bidang ini, engineering juga merupakan cabang ilmu yang berurusan langsung dengan teknologi futuristik.

Era Revolusi Industri 4.0 saat ini menuntut para lulusan engineering untuk tetap update dengan teknologi terbaru. Kamu tidak hanya harus memahami teknologi masa kini, tetapi juga mengikuti perkembangan teknologi masa depan.

Tren Engineering Masa Depan

Binus University
Sumber : Youtube

Kuliah engineering akan membawamu menjadi bagian dari tren teknologi masa depan. Inilah beberapa tren masa depan yang bisa kamu jadikan referensi saat menempuh jalur pendidikan dan karier.

  • Food+Agricultural Engineering

Masalah pangan akan selalu menuntut inovasi dan penerapan teknologi ampuh demi memberi makan populasi dunia. Teknologi agricultural engineering meliputi semua aspek pangan, mulai dari panen, penyimpanan, pengolahan, hingga distribusi.

  • Civil Engineering

Populasi dunia masa kini maupun masa depan menuntut tata kota yang mampu mendukung gaya hidup mereka. Tren tata kota yang wajib menjadi perhatian tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga berkelanjutan, ramah lingkungan, dan menerapkan prinsip aksesibilitas.

  • Software Engineering

Software engineering akan terus populer di masa depan karena kehidupan manusia makin tidak terpisahkan dari komputer. Kamu bisa berkarier di berbagai bidang yang membutuhkan program komputer dan membidik perusahaan atau organisasi yang membutuhkan keahlianmu, baik di dalam maupun di luar negeri.

  • Mechanical Engineering

Apakah kamu tertarik pada teknologi robot? Apakah kamu bermimpi membangun alat transportasi serta beragam mesin canggih yang membantu kehidupan manusia? Mechanical engineering bisa menjadi fokus pendidikanmu. Kamu bisa mempelajarinya di BINUS UNIVERSITY sebelum membidik lapangan karier yang lebih luas.

  • Industrial Engineering

Dunia industri membutuhkan inovasi dan perkembangan teknologi yang makin kompleks untuk memenuhi kebutuhan manusia di berbagai bidang. Kamu bisa menjadi bagian dari perkembangan teknologi industri masa depan dengan belajar industrial engineering. Bidang kerjamu sangat luas, mulai dari mekanisme dan teknologi industri, solusi permasalahan industri, hingga teknologi untuk keselamatan dan perlindungan kerja.

  • Space Engineering

Era futuristik ada di studi terkait atmosfer dan luar angkasa. Kamu bisa belajar engineering untuk menjadi bagian dari tren teknologi angkasa. Insinyur dari berbagai bidang sangat dibutuhkan dalam penjelajahan angkasa. Kamu juga bisa berkontribusi dalam penyediaan atau pembuatan alat-alat yang dibutuhkan untuk riset luar angkasa.

  • Electronic Engineering

Tertarik dengan perkembangan berbagai perangkat? Kamu bisa menjelajahi bidang electronic engineering. Bidang ini cocok untukmu yang ingin menciptakan teknologi di dalam berbagai gawai dan perangkat seperti alat komunikasi, konsol game, komputer dan laptop, hingga alat elektronik. Kamu bisa memasuki berbagai industri, mulai dari manufaktur, teknologi informasi, teknologi medis, dan sebagainya.

Kuliah engineering akan memberimu kesempatan untuk menjelajahi bidang-bidang potensial ini di masa depan. Akan tetapi, kamu harus memiliki landasan edukasi yang bagus agar bisa menembus lahan kerja internasional. Untungnya, BINUS UNIVERSITY menawarkan pendidikan bermutu untuk mencetak lulusan yang sanggup bersaing di dunia internasional.

 

Pendidikan Bermutu di Faculty of Engineering 

BINUS UNIVERSITY menawarkan lima jurusan utama di Faculty of Engineering, yaitu Civil Engineering, Computer Engineering, Industrial Engineering, Architecture, dan Food Technology. Kelima jurusan ini bisa menjadi landasan bagimu untuk memasuki berbagai ladang karier di beragam industri dan perusahaan.

Hebatnya, setiap jurusan tidak hanya menawarkan kuliah standar di kelas, tetapi juga berbagai program dan aktivitas yang menjamin kualitas lulusan. Kamu bisa mengikuti kuliah dari pakar nasional maupun internasional, menghadiri ajang seperti seminar dan kompetisi, serta memperoleh soft skill seperti jiwa kepemimpinan, kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan keahlian komunikasi. Kamu juga bisa mengunjungi perusahaan, pabrik, dan area industri untuk melihat langsung penerapan teknologi di lapangan.

Kuliah engineering adalah kunci menyambut potensi teknologi di masa depan. Pilih BINUS UNIVERSITY untuk memulai karier cemerlangmu di bidang engineering.