Dibuka beberapa tahun lalu, BINUS@Semarang hadir sebagai jawaban bagi masyarakat yang menginginkan hadirnya pendidikan berkelas dunia di kota mereka. Setelah hadir di @Malang dan @Bandung, BINUS UNIVERSITY @Semarang diharapkan dapat meramaikan bursa perguruan tinggi Jawa Tengah.

Tentang BINUS@Semarang

BINUS@Semarang
Sumber : Binus

BINUS@Semarang hadir dengan dua model perkuliahan, yaitu reguler dan online. Pada perkuliahan reguler, terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih, yaitu Computer Science, Information Systems, Communication Design, dan Industrial Engineering. Khusus jurusan Information System dan Industrial Engineering, juga hadir dalam bentuk program online.

Selain dua mata kuliah di atas, program online juga memiliki 3 jurusan menarik lain seperti Akuntansi, Teknik Informatika, dan Business Management. Salah satu jurusan populer dan memiliki banyak peminat di BINUS@Semarang, adalah Industrial Engineering.

Dilengkapi fasilitas lengkap bertaraf internasional, tidak heran apabila sekitar 75% lulusan BINUS@Semarang langsung mendapat pekerjaan di perusahaan dalam dan luar negeri. 

 

Prospek Kerja Industrial Engineering

Nama besar BINUS UNIVERSITY dan sistem perkuliahan yang diterapkan membuat lulusan kampus ini termasuk BINUS@Semarang mudah mendapat pekerjaan. Begitu pula lulusan Industrial Engineering. Berikut ulasan peluang karir jurusan Industrial Engineering sebagai referensi:

1.  Engineering Manager

Tugas utama profesi ini adalah menyusun rencana kerja dan sumber daya dalam suatu proyek. Di Indonesia, Engineering Manager banyak dibutuhkan di industri pertambangan dan penggalian atau pengolahan minyak. Tidak heran apabila gaji profesi ini cukup besar mencapai angka Rp35 juta per bulan. Menjanjikan bukan?

2. Logistic Specialist

Profesi Logistic Specialist banyak ditemukan di industri bahan pangan, retail, atau distribusi barang. Tugas utamanya adalah melakukan analisis rantai pasokan sebuah kegiatan produksi dan memastikan bahwa semuanya sesuai yang direncanakan. Untuk fresh graduate, perusahaan akan menawarkan gaji sekitar Rp7 juta per bulan. Nominalnya tentu akan naik seiring bertambahnya pengalaman dan lama masa kerja.

3. Cost Control Engineer

Mulai dari menyusun perhitungan biaya, tenaga, waktu dan menjalankan produksi adalah tugas utama Cost Control Engineer. Profesi ini banyak dibutuhkan di industri perdagangan, manufaktur, ataupun retail. Gaji seorang Cost Control Engineer sendiri bisa mencapai Rp15 juta per bulan dan meningkat jika individunya semakin berpengalaman.

4. Project Manager

Dalam sebuah proyek pasti ada satu orang yang bertanggung jawab mengatur seluruh proses dan memastikan semua selesai sesuai rencana. Itulah tugas utama seorang Project Manager. Dalam praktiknya, profesi ini banyak ditemukan di berbagai bidang industri dan memiliki gaji dengan nominal cukup menggiurkan, yaitu Rp35 – Rp40 juta per bulan.

5. Quality Control Engineer

Di sebuah industri manufaktur dan retail, seorang Quality Control Engineer akan bertanggung jawab terhadap kualitas hasil produk dan berwenang menentukan apakah produk tersebut layak dijual. Untuk memenuhi tugasnya ini, Quality Control Engineer berhak digaji sebesar Rp10 juta per bulan. Nominal tersebut tentu saja bisa lebih tinggi tergantung pengalaman dan masa kerja.

6. Health Safety Environment Engineer

Profesi ini dibutuhkan di hampir semua bidang industri. Pekerjaan utamanya menyangkut analisis lokasi, risiko, dan prosedur kerja. Sederhananya, tugas Health Safety Environment Engineer adalah memastikan bahwa setiap pekerja aman saat melaksanakan kewajibannya dan memastikan keselamatan mereka senantiasa terjaga. Untuk memenuhi tanggung jawabnya, profesi ini bisa mengantongi gaji hingga Rp10 juta per bulan.

7. Hubungan Industri

Berhubungan dengan dunia manajemen dan tenaga kerja, profesi ini bertugas melakukan segala bentuk negosiasi dan hubungannya dengan tindakan industrial. Profesi ini tentu dibutuhkan di berbagai bidang industri dan di Indonesia, tenaga hubungan industri masih sering menggunakan pekerja asing. Mengingat risiko dan tanggung jawab yang diemban, gaji profesi ini bisa mencapai ratusan juta per bulannya.

8. Akademisi

Bagi yang tertarik dengan dunia pendidikan, jangan khawatir. Lulusan Industrial Engineering BINUS@Semarang memiliki kesempatan menjadi dosen di universitas jika melanjutkan ke jenjang S2 atau Magister. Gaji yang diterima profesi ini biasanya sekitar Rp3 – Rp5 juta dan memiliki jenjang karir cukup menjanjikan.

Bagaimana, tertarik menjadi lulusan Industrial Engineering BINUS@Semarang? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!