BINUS UNIVERSITY dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. BINUS memiliki banyak sekali program inovatif bersifat praktikal untuk mempersiapkan setiap mahasiswa selama masa perkuliahan mereka.

Didukung status BINUS sebagai kampus bertaraf internasional. Bukan tidak mungkin apabila 9 dari 10 lulusan BINUS UNIVERSITY bisa langsung terjun ke dunia kerja atau menjadi entrepreneur. Program inovatif yang diterapkan BINUS tidak hanya diaplikasikan di kampus Jakarta.

Di kampus lain seperti BINUS@Malang dan BINUS@Bandung, program-program BINUS diterapkan agar lulusan dari kampus cabang pun bisa memiliki kualitas yang sama. Inilah mengapa ketika membuka kampus baru di Semarang beberapa waktu silam, BINUS mempertahankan ciri khasnya.

Mengenal BINUS@Semarang

Visual Communication Design@Semarang
Sumber : Binus

Setelah Jawa Barat dan Jawa Timur, BINUS UNIVERSITY akhirnya memiliki kesempatan untuk mendirikan BINUS@Semarang di Jawa Tengah. Meskipun usianya masih hitungan jari, kampus ini mengusung konsep berbeda. Kampus ini menyelenggarakan dua program perkuliahan yaitu kelas reguler dan online learning.

Kampus yang berpegang teguh pada nilai kearifan lokal Jawa Tengah ini menganggap online learning merupakan jawaban atas tuntutan era digital. BINUS@Semarang berharap, dengan adanya online learning mereka yang tidak memiliki banyak waktu seperti karyawan, tenaga profesional, dan Ibu Rumah Tangga bisa tetap berkuliah.

Meskipun menyelenggarakan dua jenis program. Baik reguler maupun kelas online sama-sama didukung fasilitas terbaik dan tenaga profesional. BINUS@Semarang juga menerapkan sistem modular. Sistem ini memungkinkan mahasiswa menentukan sendiri mata kuliah yang akan ditempuh setiap semesternya.

Artinya, biaya kuliah setiap semester bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Inilah mengapa BINUS@Semarang berbeda dengan kampus lain. Siapapun bisa menjadi mahasiswa di sini 

BINUS@Semarang memiliki beberapa fakultas, di antaranya, Visual Communication Design, Accounting, Business Management, Computer Science, Information System, Information Engineering, dan Industrial Engineering. Selain diselenggarakan secara online, kampus @Semarang juga memiliki beberapa program, salah satunya 2+1+1.

Program ini diberlakukan di semua fakultas termasuk Visual Communication Design. Lalu, apakah program 2+1+1 itu?

Program 2+1+1 Visual Communication Design@Semarang

Program 2+1+1 merupakan sistem belajar inovatif yang diterapkan BINUS untuk mempersiapkan mahasiswanya. Di Visual Communication Design@Semarang, tujuan program ini adalah untuk memberi mahasiswa pengalaman belajar di multikampus dan bekerja di dunia nyata.

Program ini biasanya dilakukan mahasiswa mulai dari semester lima. Bisa dibilang, 2+1+1 ini mirip dengan program KKN atau PPL di universitas lain. Bedanya, konsep program 2+1+1 lebih inovatif dan memiliki ciri khas BINUS UNIVERSITY. Jadi jangan heran apabila mereka yang telah menyelesaikan program ini memang lebih matang dan skillful.

Program 2+1+1 sendiri merupakan program dimana BINUSIAN akan menjalani perkuliahan di BINUS@Semarang selama 2 tahun, di kampus BINUS kota lain (sesuai pilihan) selama 1 tahun, dan mengambil salah satu dari 5 Enrichment Program selama 1 tahun.

Adapun Enrichment Program yang bisa dipilih adalah:

  • Penelitian

Dibimbing peneliti terbaik dari dalam dan luar negeri mahasiswa Visual Communication Design@Semarang diberi kesempatan membuat inovasi baru yang berguna bagi masyarakat.

  • Membuat Startup

Pada program ini mahasiswa Visual Communication Design@Semarang akan mendapat bimbingan dari dosen berpengalaman untuk membangun sebuah perusahaan rintisan (startup) mulai dari nol hingga bisnis bisa berjalan secara stabil.

  • Pengabdian Sosial

Bersama Teach for Indonesia, mahasiswa Visual Communication Design@Semarang berkesempatan terjun langsung dan melakukan berbagai aksi sosial untuk membantu masyarakat di sekitar.

  • Studi di Luar Negeri

Bagi mahasiswa Visual Communication Design@Semarang yang punya mimpi belajar di luar negeri, Enrichment Program ini akan mewujudkan keinginanmu dan memberi kesempatan mendapat pengalaman global di kampus luar negeri selama 1 tahun.

  • Magang (Internship)

Mahasiswa Visual Communication Design@Semarang akan melakukan praktik kerja di perusahaan yang bekerja sama dengan BINUS selama 1 tahun apabila kamu memilih Enrichment Program ini. Jobdesc yang dilakukan seperti tugas kuliah dan punya bobot 32 SKS

Bagaimana, seru kan menjadi mahasiswa Visual Communication Design di BINUS UNIVERSITY@Semarang? Semoga ulasan tentang program 2+1+1 di atas bermanfaat, salam sukses!