Sebelum dikenal sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY merupakan lembaga pendidikan komputer yang didirikan sejak tahun 1974. Berbekal visi dan misi yang jelas serta didukung dedikasi tinggi untuk memajukan bangsa melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY terus berkembang. Jalinan kerja sama dengan sejumlah universitas ternama di luar negeri mendorong BINUS UNIVERSITY makin gencar menyediakan fasilitas dan tenaga pengajar terbaik untuk BINUSIAN. 

Komitmen untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan siap kerja membuat BINUS UNIVERSITY terus berbenah. Setelah sukses meraih Sertifikasi ISO 9001 di tahun 1997, BINUS UNIVERSITY menunjukkan kepedulian terhadap lulusannya dengan membentuk BINUS CAREER di tahun 2002. Wadah ini digagas untuk memudahkan BINUSIAN mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sekaligus menjembatani lulusan BINUS UNIVERSITY dengan dunia industri.

Kisah BINUS UNIVERSITY Mengantongi Akreditasi AUN

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Pada Juli 2019, BINUS UNIVERSITY menghadapi penilaian AUN-QA untuk Program Studi Visual Communication Design, Computer Science, dan Information Systems. Acara ini dibuka oleh Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dan dihadiri perwakilan tim penilai dari AUN, yaitu Prof. Dr. Arnulfo P. Azcarraga, Prof. Dr. Sany Sanuri bin Mohd. Mokhtar, Dr. Pakorn Watanachaturaporn, Asst. Prof. Dr. Pornpun Prajaknate, Assoc. Prof. Dr. Kiran Kaur, dan Assoc. Prof. Dr. Ornsiri Cheunsuang.

Quality Management Center (Unit Penjaminan Mutu) membantu program studi mempersiapkan dokumen SAR yang akan digunakan sebagai dasar penilaian oleh AUN-QA. Persiapan sebelum pelaksanaan penilaian tersebut dimulai dari pendampingan pembuatan SAR bagi program studi. Persiapan ini melibatkan pembimbing dari luar, termasuk konsultan SAR supaya sesuai standar AUN-QA. 

Apa Itu AUN-QA?

AUN-QA merupakan penilaian untuk mengkaji dan mengevaluasi ulang program studi berdasarkan penjaminan mutu pendidikan tinggi di ASEAN, yakni ASEAN University Network (AUN). AUN-QA yang disusun pakar QA ASEAN mengacu pada standar akreditasi internasional yang digerakkan oleh NUS (National University of Singapore).

AUN-QA merupakan penilaian, bukan akreditasi. Pasalnya, akreditasi termasuk bagian QA. Penilaian AUN-QA dilakukan secara mandiri dengan menulis Self-Assesment Report (SAR) lalu dilanjutkan dengan konfirmasi kelengkapan dokumen untuk menentukan Action For Improvement terhadap hasil Self-Assesment Report. Setelahnya, proses visitasi dilakukan oleh peninjau dari anggota AUN untuk memberikan masukan terhadap SAR yang telah dilakukan.

Tujuan AUN-QA?

AUN-QA bertujuan menjamin kualitas pendidikan tinggi di ASEAN. AUN-QA juga bertanggung jawab meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, mempromosikan jaminan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional maupun internasional demi kepentingan komunitas ASEAN. AUN-QA dapat dikatakan sebagai alat untuk memantau kualitas perguruan tinggi anggotanya dengan mengukur secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan.

Manfaat AUN-QA

Perguruan tinggi dan program studi yang lulus sertifikasi AUN-QA akan dianggap setara dengan universitas lainnya di ASEAN. Sertifikasi ini memungkinkan BINUSIAN yang terdaftar dalam prodi bersertifikat AUN-QA untuk melakukan transfer kredit ke perguruan tinggi tersertifikasi lainnya. Baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Program studi yang mengantongi sertifikasi AUN-QA akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA atau proyek kerja sama dengan organisasi mitra ASEAN. Tak hanya itu saja, perguruan tinggi tersertifikasi bisa menambahkan jaringan negara ASEAN dan ikut serta dalam konferensi yang diselenggarakan AUN-QA. Peluang terlibat lokakarya, pelatihan AUN-QA, dan berbagi pengalaman implementasi peningkatan kualitas perguruan tinggi terbuka lebar.

Demikianlah informasi mengenai pencapaian BINUS UNIVERSITY mengantongi sertifikat AUN-QA yang perlu kamu ketahui. Berbekal informasi tersebut, kamu tak perlu ragu memantapkan pilihan berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Bukan hanya memiliki reputasi baik, BINUS UNIVERSITY juga didukung pengajar profesional, fasilitas lengkap, dan pelayanan terbaik untuk mewujudkan kampus kelas dunia. Nah, apa lagi yang kamu tunggu? Yuk, jadi BINUSIAN untuk meraih impianmu di masa depan!