BINUS UNIVERSITY

    Mahasiswa Management? Ini 20 Jenis Manajemen yang Harus Kamu Tahu

    Sebagai seorang mahasiswa Management di kampus seperti BINUS UNIVERSITY, sudah seharusnya kita tahu seluk beluk dunia majerial termasuk jenis-jenis manajemen. Pengetahuan ini penting agar ketika menjadi karyawan nanti, kamu memahami setiap jobdesc dengan tepat.

    Pengetahuan ini juga akan sangat membantu dalam memilih karier yang tepat. Apalagi sebagai BINUSIAN, kita diharapkan siap kerja ketika lulus nanti. Lalu, apa saja jenis manajemen yang perlu diketahui mahasiswa jurusan Management?

    Binus University
    Sumber : Go Campus

    1. Manajemen Strategis

    Dalam dunia kerja, manajemen strategis memiliki fungsi eksekutif . Pada praktiknya, divisi ini akan melakukan perencanaan, menganalisis, dan menerapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan.

    2. Manajemen Penjualan

    Setiap langkah dan kebijakan dalam perusahaan pasti membutuhkan panduan serta aturan termasuk soal penjualan. Inilah alasan dibutuhkan manajemen penjualan yang tidak hanya menerapkan kebijakan jual beli, tetapi juga memastikan bahwa perusahaan masih bisa memperoleh keuntungan.

    3. Manajemen Pemasaran

    Jobdesc mereka yang bekerja di bidang manajemen pemasaran tidak hanya tentang marketing produk dan jasa. Pada praktiknya, mereka juga diharapkan dapat membuat strategi pemasaran, merencanakan produk, menetapkan merek, hingga menentukan target pasar.

    4. Manajemen Hubungan Masyarakat

    Di lapangan. tugas utama divisi ini adalah memastikan bahwa sebuah perusahaan memiliki hubungan baik dengan masyarakat, organisasi publik, ataupun pemerintahan yang ada di sekitar.

    5. Manajemen Operasi

    Cakupan kerja bidang ini cukup luas dan kebanyakan berhubungan dengan bagaimana sebuah perusahaan bekerja secara operasional. Manajemen operasi juga terkait dengan manajemen retail dan manajemen manufaktur.

    6. Manajemen Rantai Pasokan

    Jobdesc utama divisi ini hampir mirip dengan manajemen penjualan. Bedanya, manajemen ini lebih fokus pada proses sedangkan manajemen penjualan fokus pada hasil akhir.

    7. Manajemen Pengadaan

    Entah itu perusahaan yang bergerak di bidang jual beli barang ataupun jasa, keberadaan manajemen pengadaan tetap dibutuhkan untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan bisa berjalan dengan baik. 

    8. Manajemen Keuangan dan Akuntansi

    Sesuai namanya, manajemen keuangan dan akuntansi berwenang mengelola setiap proses yang dilakukan oleh tim keuangan sebuah perusahaan. Manajemen ini juga akan memastikan bahwa perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari setiap upaya yang mereka lakukan.

    9. Manajemen Sumber Daya Manusia

    Manajemen ini bertanggung jawab pada pengelolaan SDM. Di dalamnya, terdapat berbagai upaya untuk merekrut, melatih, memberi kompensasi, memberi penghargaan, hingga memastikan setiap entitas di perusahaan memiliki kinerja yang baik. 

    10. Manajemen Teknologi dan Informasi

    Pada praktiknya, manajemen ini tidak hanya berhubungan dengan dunia teknologi informasi saja tetapi juga pengelolaannya. Pengelolaan yang dimaksud adalah setiap upaya TI yang dilakukan tepat, karyawan yang terlibat kompeten, dan kebijakan yang dilakukan memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    11. Manajemen R&D

    Fokus manajemen ini adalah pada upaya research dan development yang dilakukan perusahaan. Pengelolaannya pun tidak jauh dari kebijakan tentang hal ini dan bagaimana setiap upaya yang dilakukan benar-benar sesuai dengan visi misi perusahaan.

    12. Manajemen Rekayasa

    Di lapangan, manajemen ini bertugas mengelola berbagai aplikasi teknik yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan produk, manufaktur, dan konstruksi.

    13. Manajemen Proyek

    Jobdesc manajemen ini berkaitan dengan perencanaan, organisasi, kontrol, dan segala upaya yang dilibatkan dalam proses pengelolaan proyek di sebuah perusahaan.

    14. Manajemen Program

    Masih berhubungan dengan proyek, tugas utama divisi ini adalah memastikan bahwa pengelolaan portofolio proyek berlangsung sesuai visi misi perusahaan.

    15. Manajemen Risiko

    Dalam praktiknya, tugas utama manajemen ini adalah memastikan bahwa setiap risiko telah dikelola dengan baik sehingga nantinya bisa dihindari atau dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan.

    16. Manajemen Kualitas

    Sebagaimana namanya, dalam praktinya manajemen ini bertugas mengelola dan memastikan segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa suatu perusahaan.

    17. Manajemen Perubahan

    Divisi ini akan memastikan adanya pendekatan terstruktur untuk segala perubahan bisnis agar mencapai target.

    18. Manajemen Inovasi

    Setiap perusahaan pasti memiliki inovasi terkait produk barang dan jasa mereka. Di sinilah, peran manajemen inovasi dibutuhkan.

    19. Manajemen Desain

    Pekerjaan divisi ini terkait dengan desain produk dan upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk dapat diterima masyarakat.

    20. Manajemen Fasilitas

    Dalam praktiknya, manajemen fasilitas berkaitan dengan pengelolaan setiap sarana prasarana di perusahaan dan memastikan bahwa semuanya bisa memberikan manfaat kepada perusahaan.

    Jadi, mana bisang manajemen yang tertarik kamu tekuni ketika belajar ilmu Management di BINUS UNIVERSITY? Semoga ulasan di atas bermanfaat.