BINUS UNIVERSITY

    Maba di Semarang? Simak 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kota Ini

    Menjadi salah satu kota terbesar dengan kepadatan penduduk cukup tinggi di Jawa Tengah membuat Semarang memiliki banyak universitas. Inilah mengapa setiap tahun ajaran baru dimulai, kota ini dipenuhi dengan maba (mahasiswa baru) yang akan menempuh pendidikan dan hidup di Semarang selama beberapa tahun ke depan.

    Semarang sendiri termasuk kota yang ramah dengan orang asing terutama mahasiswa. Hal tersebut dinilai dari kemudahan transportasi umum, biaya hidup murah, keamanan kota, hingga kemudahan mahasiswa untuk mencari kerja. Tidak heran apabila tahun 2020 lalu, Semarang sempat dinobatkan sebagai “Kota Ramah Mahasiswa.”

    5 Hal Penting Tentang Semarang yang Perlu Diketahui oleh Maba

    BINUS@Semarang
    Sumber : ideapers

    Hidup sebagai mahasiswa baru di Semarang memang tidak ada yang istimewa. Tetapi ketika memutuskan pindah dan berkuliah di kota ini, kamu perlu tahu beberapa hal agar betah menjalani kehidupan selama beberapa tahun ke depan. Berikut ulasannya:

    1. Kawasan Kos Murah

    Untuk mencari tempat tinggal murah dengan biaya bulanan terjangkau, kamu bisa hunting di daerah sekitar kampus. Umumnya, harga sewa kamar indekos di Semarang antara Rp300.000 hingga Rp2.000.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapat ruangan nyaman dengan fasilitas menyesuaikan biaya bulanannya.

    Setidaknya ada beberapa kawasan di Semarang yang terkenal memiliki kos murah, yaitu daerah di dekat Simpang Lima, wilayah sekitar Universitas Diponegoro (UNDIP), dan kawasan industri Semarang. Semua daerah tersebut memiliki akses jalan bagus dan transportasi umum memadai.

    2. Makan Enak dan Terjangkau

    Mencari makanan murah bukanlah hal sulit di Semarang, meskipun berstatus Kota Metropolitan biaya hidup di sini cukup terjangkau. Terutama soal makan murah ala mahasiswa. Beberapa tempat makan khas mahasiswa yang cukup ramai bisa kamu lihat di kawasan Ngesrep.

    Ada beberapa warung di daerah ini yang menawarkan seporsi nasi lengkap dengan sayur dan lauk mulai dari Rp7.500 saja. Begitu malam menjelang, kamu bisa mendatangi kawasan Tembalang dan menikmati aneka makanan murah mulai dari Rp10.000 saja per porsinya.

    3. Belanja Tanpa Menguras Isi Kantong

    Jika ingin membeli keperluan sehari-hari selama tinggal di Semarang, para maba tidak perlu bingung. Kota ini punya banyak tempat belanja murah meriah yang tersebar di setiap sudut Semarang. Bagi yang ingin membeli pakaian murah, kawasan Simpang Lima dan Pasar Johar bisa jadi jujugan.

    Untuk yang ingin membeli oleh-oleh atau hunting kuliner khas, Pasar Semawis, Pasar Gang Baru, dan Kampung Batik bisa kamu kunjungi. Soal mal, kota ini juga tidak kalah. Kamu bisa mengunjungi mal Kampoeng Semarang, Semarang Town Square, atau Plasa Simpang Lima untuk mendapat barang murah atau sekadar jalan-jalan.

    4. Banyak Tempat Wisata Bersejarah

    Salah satu hal yang membuat Semarang istimewa dibanding kota lain adalah karena wisata bersejarahnya. Sampai saat ini, beberapa bangunan di Kota Lama masih berdiri tegak dalam bentuk asli selama berabad-abad. Sebagai maba, kamu bisa hunting foto di sini atau jalan-jalan menikmati suasana kota.

    Selama berada di Semarang, jangan lewatkan pula kesempatan untuk mengunjungi Lawang Sewu. Bangunan kolonial yang konon angker itu harus masuk daftar wajib kunjung agar kamu mengenal sejarah kota yang dijuluki The Port of Java atau pelabuhannya Jawa ini.

    5. BINUS@Semarang

    Pasti tidak banyak yang tahu bahwa di Semarang terdapat kampus BINUS UNIVERSITY. Universitas bertaraf internasional ini memang belum lama berdiri. Di Semarang, BINUS mengusung konsep hybrid learning. Selain membuka program perkuliahan reguler, BINUS@Semarang juga membuka kelas online learning. Bagi maba, hal ini tentu saja menarik, karena kamu akan merasakan pengalaman belajar dengan teknologi berkelas dunia. 

    Seperti kampus BINUS di kota lain, BINUS@Semarang memiliki Program (2+1)+1 yang membuat peluang kita untuk mendapat banyak pengalaman lebih besar. Hal itu tentu berpengaruh pada kesempatan untuk mendapat pekerjaan. Jadi begitu lulus, kamu bisa mendapatkan karir yang lebih baik.

    Bagaimana para maba, tertarik untuk menjalani pendidikan di Kota Lumpia ini dan menikmati segala privilege termasuk belajar di kampus bertaraf internasional, BINUS@Semarang?

    Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.