Global Business Marketing tercatat sebagai salah satu jurusan favorit di BINUS UNIVERSITY. Mengingat tren marketing global kian meningkat, kebutuhan akan tenaga kerja profesional turut meningkat. Jurusan yang mempelajari pemasaran global secara mendalam ini memiliki peluang karier menjanjikan. Mulai dari global marketing manager, global marketing consultant, digital marketer, social media marketing manager, hingga product strategist.

Untuk mewujudkan karier impian, pastikan kamu memiliki semangat juang tinggi. Selain itu, kamu juga harus rajin menambah wawasan dan mengasah kemampuan yang dapat mendukung pembelajaran selama berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Kamu bisa membaca buku atau menonton film yang menginspirasi. 

Yuk, Belajar Global Business Marketing Melalui Film Ini!

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Adapun sejumlah rekomendasi film mengenai marketing yang dapat kamu tonton, antara lain sebagai berikut.  

Ford v Ferrari 

Film yang dirilis  tahun 2019 ini berkisah tentang legenda balap, Carroll Shelby dan Ken Miles. Di dalam film ini banyak ide kreatif mengenai pemasaran yang dapat kamu jadikan pelajaran. Meskipun sirkuit adalah tempat untuk adu balap, tempat ini juga menjadi persaingan bisnis yang sengit. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, bisnis balap tak akan menghasilkan uang bernilai fantastis. 

Brexit 

Film dokumenter yang dirilis tahun 2016 ini menggambarkan rentetan peristiwa menjelang keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa. Film ini berfokus pada seorang ahli strategi politik, Dominic Cumming yang dipercaya untuk memimpin kampanye Vote Leave. Menariknya, ketika dua pesaing Dominc menerapkan strategi yang sama, ia justru menggunakan cara berbeda. Dominic memanfaatkan teknologi untuk membidik targetnya hingga menyentuh swing voters. Melalui film ini, kamu bisa belajar bahwa dalam marketing apa pun dapat dijual dan dipasarkan. Termasuk sebuah gagasan. 

The Circle

Film yang dibintangi Emma Watson ini berkisah tentang seorang wanita, Mae Holland yang bekerja di perusahaan teknologi sebagai Customer Support. Berbekal kemampuan dan kinerjanya, karier Mae meningkat pesat. Ia dipercaya terlibat dalam proyek yang dikerjakan Bailey. 

Di balik kesuksesan proyek tersebut, Mae menyimpan rasa curiga bahwa terdapat hal yang disembunyikan perusahaannya. Sebagai perusahaan teknologi, inovasi harus terus berjalan. Meskipun terkadang melewati dinding yang dinamakan privasi. Melalui film ini, kamu akan belajar banyak mengenai strategi marketing serta bagaimana marketing dapat memengaruhi orang dan pasar.

The Founder 

Film ini menceritakan tentang kisah nyata seorang salesman gigi, Ray Kroc. Demi mendapatkan uang, Ray menghabiskan waktunya berkeliling sejumlah negara bagian Amerika Serikat. Sebagai seorang sales, Ray mampu menghidupi keluarganya. Namun, ia memiliki ambisi menjadi pebisnis. Pertemuan Ray dengan McDonald bersaudara menjadi titik balik hidupnya. 

Berbekal strategi apik, Ray berhasil mendorong pertumbuhan bisnis waralaba McDonald hingga terkenal di seluruh dunia. Melalui film ini, kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan. Kamu juga bisa mempelajari trik marketing dan strategi untuk mendorong perkembangan bisnis.  

Joy 

Film tentang pemasaran dan kewirausahaan ini berfokus pada perjuangan wanita miliuner, Joy Mangano. Joy merupakan pendiri bisnis alat pel otomatis yang dapat memeras sendiri. Melalui film ini, kamu diajak untuk belajar bagaimana bertahan hidup di tengah kondisi yang rumit. Meskipun awalnya mengalami kegagalan, berkat kegigihan dan sikap mau belajar dari kesalahan membuat Joy berhasil meraih kesuksesan. 

What Women Want 

Film ini bercerita tentang perjalanan seorang marketer yang belajar mendengarkan suara wanita di sekitarnya setelah mengalami kecelakaan. Dari suara tersebut, ia berusaha memenuhi keinginan mereka. Melalui film ini, kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai cara menyaring aspirasi pelanggan kemudian menerapkannya ke dalam kampanye pemasaran. 

The Social Network 

Satu lagi film yang wajib kamu tonton untuk menambah ilmu mengenai marketing adalah The Social Network. Berkisah tentang situs pertemanan bernama Facebook yang kehadirannya mampu menggemparkan dunia digital marketing. Melalui film ini, kamu akan belajar mengenai proses membangun dan mengembangkan start up hingga menjadi perusahaan raksasa. Film ini dapat dijadikan sumber pelajaran dan inspirasi bahwa dengan perencanaan matang, risiko bisnis yang tak terduga dapat diminimalisasi. 

Demikianlah sejumlah rekomendasi film yang cocok untuk menambah wawasan mahasiswa jurusan Global Business Marketing. Bagi kamu yang ingin memenangkan persaingan di kancah global, jangan ragu memilih BINUS UNIVERSITY sebagai kampus masa depan. Tak hanya memiliki reputasi baik, BINUS UNIVERSITY juga didukung dosen berkualitas dan fasilitas mumpuni untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Tunggu apa lagi? Yuk, jadi BINUSIAN dan raih masa depan cerah!