Sebagai salah satu kampus yang menyediakan jurusan Interior Design, BINUS UNIVERSITY bertekad melahirkan penata interior andal yang memiliki pengetahuan luas. Salah satunya adalah dengan selalu mencari tahu tren yang sedang panas. Dengan begitu, ilmu yang dimiliki akan selalu fresh dan klien yang dilayani juga merasa puas.

Interior Design
Sumber : Indozone

Untuk kamu yang berencana masuk ke jurusan Interior Design di BINUS, yuk cari tahu gaya desain interior yang paling populer tahun 2021 berikut ini!

  • Modern Style

Perlu diingat bahwa gaya modern dengan kontemporer itu adalah dua gaya interior yang berbeda. Gaya desain interior modern ditentukan oleh skema warna yang bersih dan sederhana. Gaya modern umumnya banyak menggunakan material kaca dan baja yang berat. Hitam dan putih mendominasi palet warna dengan beberapa nuansa biru pudar dan merah.

Jika gaya kontemporer memadukan gaya dari berbagai era, desain modern cenderung mengambil dari periode tertentu, yakni awal abad ke-20. Gaya ini berakar pada gaya desain dan arsitektur Jerman dan Skandivanian. Gaya modern menampilkan sesuatu yang praktis dan berfokus pada fungsi.

  • Contemporary Style

Contemporary style atau gaya kontemporer mengacu pada sesuatu yang sedang tren sekarang. Gaya desain interior yang kontemporer pada tahun 2010, belum tentu akan jadi gaya kontemporer sekarang. Tetap desain modern waktu itu, akan tetap modern sampai hari ini. Dengan kata lain, desain modern tidak akan berubah seiring waktu. Sedangkan kontemporer lebih fleksibel.

Desain kontemporer adalah gaya yang bisa diterapkan di semua ruangan di dalam rumah. Baik itu kamar tidur, ruang tamu, bahkan dapur. Rumah kontemporer biasanya memiliki denah lantai yang terbuka dan menggunakan banyak cahaya alami. Warna-warna yang digunakan umumnya netral dengan sedikit sentuhan warna cerah pada sofa atau lukisan di dinding.

  • Art Moderne Style

Art moderne berasal dari Amerika Serikat pada awal 1930-an dan menjadi tren hingga akhir 1940-an. Saat itu, gaya interior ini lebih besar, lebih berani dan lebih mengandung banyak material kuningan. Perabotan dirancang dengan kurva cembung dan item dekorasi lainnya ditampilkan dengan gaya terbuka. Ada desainer yang menyebut gaya ini dengan American Modern atau Kuningan Modern.

  • Gaya Desain Interior Abad Pertengahan

Gaya desain interior abad pertengahan sangat populer setelah Perang Dunia Kedua. Sama seperti tren di hampir semua aspek kehidupan saat itu, gaya desain interior menekankan pada penggunaan warna yang tampak hidup. Mulai dari dinding sampai aksesoris, semuanya tampil berwarna. Furnitur yang digunakan tampil dengan garis-garis tajam dengan banyak tanaman di dalam ruangan.

Rumah yang dirancang dengan gaya modern abad pertengahan memiliki nuansa retro dengan sentuhan segar. Kesan nyaman dan tak lekang oleh waktu menjadikannya sebagai salah satu gaya desain interior yang paling disukai, termasuk pada tahun 2021 ini.

  • Gaya Desain Interior Minimalis

Gaya interior minimalis masih menjadi salah satu gaya dalam desain interior yang populer dari waktu ke waktu. Gaya ini menekankan minimalis dalam semua aspeknya mulai dari perabotan yang sederhana, palet warna netral hingga aksesoris fungsional yang tidak flamboyan. Semuanya efisien, sederhana dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu ada yang dilebih-lebihkan.

Gaya interior minimalis tidak hanya bisa diterapkan di rumah. Restoran, kafe bahkan gedung perkantoran juga bisa ditata dengan gaya minimalis. 

Itulah 5 gaya desain interior yang paling populer sepanjang tahun 2021 ini. Selain gaya-gaya desain di atas, kamu bisa mencari tahu dan belajar tentang desain interior lainnya dengan bergabung bersama BINUS UNIVERSITY di jurusan Interior Design. Tertarik?