Perkembangan teknologi beberapa dekade belakangan membuat makin banyak inovasi baru muncul di dunia mobile application. Apalagi belakangan, pengguna smartphone makin banyak dan kebutuhan akan adanya aplikasi yang mempermudah hidup mereka pun makin besar.

Hal ini pula yang menjadi perhatian mahasiswa jurusan Mobile Application and Technology BINUS UNIVERSITY. Perkembangan aplikasi ponsel di dunia kerap jadi perhatian karena inovasinya bisa menjadi inspirasi bagi mereka, apalagi ketika muncul aplikasi unik dan anti-mainstream seperti Gojek pada awal kemunculannya.

Jurusan Mobile Application and Technology
Sumber : Rencanamu

Apabila kamu berkuliah di jurusan Mobile Application and Technology dan butuh referensi aplikasi ponsel terkini, berikut ulasan tentang 10 aplikasi Android terbaik tahun 2021:

1. SoundHound

Aplikasi Spotify mungkin cukup populer karena mampu menyediakan ribuan lagu dari dalam dan luar negeri dari berbagai masa. Namun, tahukah kamu, bahwa saat ini ada aplikasi yang mampu membantu kita mencari judul sebuah lagu sekaligus liriknya? Aplikasi unik ini bernama SoundHound.

Keunggulan utama aplikasi ini ada pada kemampuannya untuk mengidentifikasi sebuah lagu, mencari judulnya, dan menampilkan lirik dari lagu yang sedang diperdengarkan. SoundHound bisa digunakan ketika kamu penasaran terhadap sebuah lagu di radio tetapi tidak tahu siapa yang menyanyikan dan apa judulnya. 

2. AirDroid

Masih kesulitan saat akan transfer data dari Android ke komputer? Memasang aplikasi AirDroid di ponselmu akan sangat membantu terutama ketika tidak memiliki kabel data atau unit OTG. Cukup dengan sekali konfigurasi, kamu bisa memindahkan data di ponsel ke komputer dengan mudah.

Ditambah lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur AirMirror. Fitur ini memungkinkan pengguna menampilkan layar Android di komputer sehingga kita makin mudah mengoperasikan semua aplikasi di ponsel. 

3. Clap to Find

Sering lupa menyimpan ponsel? Clap to Find bisa kamu manfaatkan untuk mencari ponsel. Sesuai namanya, kamu hanya perlu bertepuk tangan dan secara otomatis Clap to Find akan membunyikan alarm di smartphone agar kita tahu di mana posisi ponsel disimpan. 

Aplikasi canggih semacam ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi mahasiswa Mobile Application and Technology. Dengan pengembangan tertentu, bukan tidak mungkin kamu bisa membuat aplikasi ponsel serupa dalam skala lebih besar dan fitur lebih canggih.

4. Google Datally

Bagi yang hobi berselancar di internet tetapi ingin menghemat kuota, aplikasi Datally bisa menjadi pilihan bijaksana. Dirilis oleh Google beberapa waktu lalu, aplikasi ini akan sangat membantu melakukan manajemen penggunaan internet pada smartphone. Dengan size kecil, yaitu 5 MB saja, aplikasi ini juga hemat ruang dan tidak akan membuat penyimpanan ponsel penuh.

Inovasi dari Google ini tentu sangat visioner. Apabila mahasiswa Mobile Application and Technology BINUS UNIVERSITY bisa mengembangkan aplikasi sejenis lebih baik lagi, akan ada terobosan baru di dunia aplikasi Android.

5. DU Battery Saver

Termasuk salah satu pemain lama di dunia aplikasi smartphone, DU masih menunjukkan taringnya dengan berhasil menduduki salah satu posisi aplikasi Android terbaik tahun 2021. Saat ini, DU Battery digunakan lebih dari 500 juta orang karena fungsinya sebagai penghemat baterai.

Selain fungsi, user interface mudah juga menjadi salah satu alasan DU Battery jadi aplikasi populer. Karena hanya dengan menyentuh tombol optimize, semua aplikasi yang menguras daya akan berhenti.

6. Adobe Spark Post

Bagi penggemar media sosial Instagram, aplikasi ini termasuk salah satu yang wajib di-install. Memiliki ratusan template menarik, Adobe Spark Post akan membuat tampilan feed Instagram makin kekinian ala selebgram favorit. Jika dikembangkan oleh mahasiswa Mobile Application and Technology, bukan tidak mungkin aplikasi ini memiliki potensi lebih besar lagi. 

7. TrueCaller

Fungsi utama aplikasi ini untuk melindungi smartphone dari panggilan yang tidak diinginkan. Dengan sistem database memadai, aplikasi ini akan menunjukkan nomor-nomor mencurigakan yang memiliki riwayat spammer dan penipuan. Dengan pengembangan yang tepat, aplikasi semacam ini jelas bermanfaat bagi banyak orang di masa depan.

Itulah tujuh aplikasi Android terbaik 2021 yang bisa menjadi referensi bagi mahasiswa jurusan Mobile Application and Technology. Semoga bermanfaat.