BINUS UNIVERSITY

    Computer Science@Semarang: Kompetensi, Program, dan Mata Kuliah

    Sejak dibuka beberapa tahun lalu, BINUS@Semarang hadir sebagai salah satu alternatif pendidikan tingkat universitas di Jawa Tengah, tepatnya Kota Semarang. Dipilihnya Semarang sebagai lokasi bukan tanpa alasan. Kota ini dikenal memiliki banyak perguruan tinggi mulai dari negeri, berbasis agama, hingga swasta berkualitas.

    Jadi membuka universitas bertaraf internasional di sini, berarti memberi kesempatan kepada warga Semarang dan sekitarnya untuk mendapat pendidikan berkelas dunia. Untuk bisa bersaing dengan kampus lain, BINUS@Semarang hadir dengan konsep unik. Ada dua program kuliah yang bisa dipilih, yaitu perkuliahan reguler dan online learning.

    Hal ini tentu membuat BINUS lebih istimewa karena targetnya bukan hanya lulusan SMA yang baru saja diwisuda, tetapi juga para karyawan, tenaga profesional, hingga Ibu Rumah Tangga yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tapi memiliki keterbatasan waktu. Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian kampus bergengsi ini?

    Mengenal Computer Science@Semarang

    BINUS@Semarang
    Sumber : Kuliah Dimana

    Di BINUS@Semarang ada beberapa jurusan yang ditawarkan, salah satunya Computer Science atau Ilmu Komputer. Kompetensi jurusan ini adalah untuk mencetak mahasiswa dengan pemahaman mendalam di bidang matematika, ilmu komputer, prinsip algoritma, dan pendidikan etik tentang praktik IT.

    Mahasiswa jurusan Computer Science juga diharapkan bisa selalu up to date dengan perkembangan teknologi, mengetahui isu terkini tentang dunia cyber, serta memiliki keterampilan yang bermanfaat untuk bekal di dunia kerja kelak. Tujuannya tentu saja, agar lulusan dari jurusan ini bisa langsung terjun di dunia profesional atau bahkan membuka lapangan kerja baru di bidang komputer.

    Untuk mewujudkan hal tersebut, BINUS tentu dilengkapi dengan berbagai program dan metode berkualitas. Beberapa di antaranya adalah program 2+1+1 dan sistem modular. Program 2+1+1 merupakan inovasi perkuliahan BINUS yang memungkinkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di BINUS@Semarang selama 2 tahun, BINUS di kota lain selama 1 tahun, dan Enrichment Program selama 1 tahun.

    Enrichment Program terdiri dari beberapa kegiatan yang bisa dipilih mahasiswa saat memasuki semester ke-7, yaitu Penelitian, Pengabdian Sosial, Enterpreneurship, Studi ke Luar Negeri, Magang Kerja, dan Further Study. Sementara itu, sistem modular merupakan metode yang membuat BINUS@Semarang beda dengan kampus BINUS di kota lain.

    Perkuliahan dengan sistem modular di BINUS@Semarang memungkinkan mahasiswa memilih jumlah mata kuliah yang akan ditempuh selama satu semester sendiri, sehingga biaya pendidikan bisa disesuaikan dengan kemampuan mereka. Bagi karyawan, tenaga profesional, atau Ibu Rumah Tangga yang berkuliah di sini, keberadaan sistem modular tentu akan sangat membantu.

    Berkat metode ini, mereka bisa menyelesaikan pendidikan di universitas sesuai bujet yang disiapkan dan berkesempatan memiliki masa depan yang cerah. 

    Mata Kuliah Computer Science@Semarang

    Computer Science BINUS@Semarang merupakan salah satu program yang populer. Bagaimana tidak, prospek kerja lulusan jurusan ini cukup luas dan menjanjikan. Selama berkuliah di sini, kamu tidak hanya mendapat pengetahuan akademik tetapi juga melakukan kegiatan bersifat praktikal.

    Inilah mengapa lulusan Computer Science@Semarang dikenal memiliki skill memadai. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini adalah:

    • Information Visualization
    • Multimedia Programming Foundation
    • Database Design
    • Big Data Processing’
    • Computer Security
    • Web Programming
    • Data Mining, dan
    • Game Design Programming

    Mengingat status BINUS UNIVERSITY sebagai kampus bertaraf internasional, tidak heran apabila di Computer Science@Semarang semua perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris. Jadi selain belajar ilmu komputer, kamu juga bisa berkesempatan mengasah kemampuan berbahasa asing, yaitu English.

    Hal ini tentu saja tergolong soft skill yang belum tentu bisa diperoleh dari kampus lain. Nilai lebih inilah yang membuat 9 dari 10 lulusan BINUS mendapat pekerjaan begitu mereka diwisuda. Kalaupun tidak, mereka akan menjadi enterpreneur dan berkesempatan sukses sebagai salah satu pendiri startup.

    Nah, itulah ulasan tentang Computer Science BINUS UNIVERSITY@Semarang. Salam sukses.