Ada ribuan kampus besar dan bergengsi di berbagai belahan dunia. Setiap tahunnya, universitas-universitas ini tidak hanya bersaing dalam menghasilkan alumni berkualitas, tapi juga menjadi yang terbaik. Salah satu indikator yang membuat sebuah kampus diakui adalah keberhasilannya masuk ke dalam daftar THE World University Ranking.

THE World University 2022 merupakan penilaian universitas yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE), sebuah lembaga penyedia data serta media yang mendukung kualitas pendidikan tingkat tinggi di dunia. Untuk melakukan pemeringkatan, THE WUR memasukkan sebanyak 1.600 kampus yang berasal dari 99 negara di dunia. Pemeringkatan dilakukan dengan menganalisis lebih dari 100 juta kutipan yang berasal dari 14,4 juta jurnal/publikasi penelitian.

Tidak hanya itu, THE WUR juga melakukan survei terhadap 22.000 alumni S1 dari berbagai belahan dunia. Secara keseluruhan, ada 430.000 data yang berasal dari 2.100 institusi yang diolah oleh WUR pada THE World University Rankings (WUR) 2022 ini. Ini menjadikan lembaga tersebut sebagai lembaga pemeringkat kampus terbaik dan paling bervariasi hari ini. 

BINUS UNIVERSITY, Salah Satu Kampus Swasta Terbaik Versi THE World University Rankings (WUR) 2022

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Tribun News

Di antara ribuan institusi tersebut, munculnya nama BINUS UNIVERSITY tentu menjadi kabar gembira. Dari 14 universitas di Indonesia yang berhasil masuk klasemen, hanya BINUS UNIVERSITY dan Telkom University yang berasal dari swasta. Sementara sebanyak 12 kampus lain adalah universitas negeri.

Ini merupakan kali pertama bagi BINUS UNIVERSITY untuk bisa berada sejajar dengan kampus-kampus yang sudah terlebih dahulu masuk daftar terbaik THE WUR (sebelumnya, hanya Telkom University yang masuk daftar ini). Perjuangan segenap sivitas akademika dan para BINUSIAN berhasil membawa BINUS sampai ke titik ini. Prestasi ini bukan hanya layak untuk dirayakan, tapi juga harus ditingkatkan.

Apa yang Membuat BINUS UNIVERSITY Berhasil Mendobrak dan Masuk THE World University Rankings (WUR) 2022?

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

BINUS UNIVERSITY merupakan institusi pendidikan swasta terkemuka di Indonesia. Selama puluhan tahun, BINUS berkomitmen menawarkan program studi berstandar internasional baik untuk tingkat sarjana maupun pasca sarjana. Awalnya didirikan sebagai lembaga penyedia pelatihan kejuruan yang berfokus pada sistem komputer dan informatika, kini BINUS menawarkan puluhan program studi di 10 kampus berbeda.

BINUS UNIVERSITY memperkuat penekanannya dalam IT sebagai pilar utama. Pilar ini jugalah yang berhasil membawa reputasi BINUS sebagai kampus unggul. Dalam penilaian THE WUR sendiri, BINUS memperoleh 4 dari total 5 bintang QS.

Adapun rinciannya adalah lima bintang untuk kategori inklusivitas, pengajaran, kemampuan kerja serta tanggung jawab sosial. BINUS juga menempati peringkat dalam 500 kampus teratas dalam QS Graduate Employability Rankings 2020 dan QS WUR oleh Subject Ranking untuk Ilmu Komputer.

Yang tidak kalah membanggakan, BINUS juga menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia yang masuk dalam QS University Rankings 2021 dan termasuk 25 teratas dalam QS Asia University Rankings 2021.

Dukungan penuh BINUS UNIVERSITY kepada para BINUSIAN tidak hanya diberikan dalam bentuk kurikulum dan sistem pembelajaran yang mumpuni saja. Untuk merekrut talenta internasional, BINUS menawarkan beasiswa sarjana penuh setiap tahunnya kepada mahasiswa internasional yang menunjukkan potensi kepemimpinan.

Bisa menjadi salah satu yang terbaik tentu adalah impian yang dimiliki oleh BINUS sejak lama. Setelah 40 tahun lebih berkarya, masuk ke dalam THE World University Ranking (WUR) 2022 adalah seperti sebuah kerja keras yang membuahkan hasil manis. Dengan tekad yang lebih kuat, BINUS ingin terus mendukung putra-putri Indonesia yang ingin bersaing di kancah global dengan menyiapkan pendidikan berkualitas terbaik.