BINUS BUSINESS SCHOOL secara nasional telah diakui sebagai salah satu sekolah bisnis terbaik di negeri ini. Berbasis pada informasi, teknologi dan komunikasi, kurikulum dalam setiap program pendidikan terus diperbarui agar sesuai dengan kondisi industri lokal maupun internasional. Langkah ini juga dilakukan agar BINUS BUSINESS SCHOOL bisa berdiri setara dengan kampus-kampus terbaik lain di dalam dan luar negeri.

Salah satu prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh BINUS BUSINESS SCHOOL adalah memperoleh akreditasi dari AACSB. AACSB atau Association to Advance Collegiaate School of Business merupakan lembaga akreditasi tertua yang mengkhususkan diri pada sekolah bisnis di dunia. Berbasis di Amerika Serikat, saat ini hanya ada 5% dari ribuan sekolah bisnis di berbagai belahan dunia yang masuk ke dalam akreditasi AACSB.

BINUS secara resmi masuk ke dalam daftar akreditasi AACSB pada 15 November 2019 silam. Ini sekaligus menjadikan BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai sekolah swasta satu-satunya dan pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan ini. Tak hanya itu, BINUS juga jadi satu-satunya sekolah di kawasan DKI Jakarta yang memiliki akreditasi ini. Di 

Indonesia sendiri, hanya ada 2 kampus yang memiliki akreditasi AASCB. Selain BINUS BUSINESS SCHOOL ada Universitas Gajah Mada.

Perjuangan yang Dimulai Sejak Tahun 2011

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk bisa meraih pengakuan dari AACSB tidaklah mudah. Langkah awal dimulai pada tahun 2011 lalu. Ketika itu, BINUS BUSINESS SCHOOL baru memiliki 2 program bisnis untuk magister. Dengan bekal seadanya, BINUS memutuskan untuk ikut seleksi akreditasi tingkat internasional di AACSB.

Awalnya hanya berstatus sebagai anggota, 3 tahun kemudian barulah BINUS BUSINESS SCHOOL dinyatakan layak untuk ikut seleksi akreditasi. Di tahun 2017, BINUS membuat transformasi besar-besaran dengan menggabungkan semua program studi bisnis yang ada. Tidak hanya dari jenjang S1, tapi juga sampai ke jenjang magister dan doktor. Semua program digabungkan menjadi satu dalam payung BINUS BUSINES SCHOOL.

AACSB, Asosiasi Bergengsi untuk Ratusan Sekolah Bisnis Dunia

Sebagai salah satu sekolah bisnis yang memperoleh akreditasi bergengsi ini, BINUS BUSINESS SCHOOL secara resmi menjadi bagian dari jaringan sekolah bisnis terbaik di dunia. Ada setidaknya 862 sekolah bisnis yang berhasil memperoleh akreditasi serupa.

Didirikan pada tahun 1916, AACSB didirikan oleh 17 universitas dan perguruan tinggi terbaik di dunia termasuk Columbia University, Harvard University hingga Yale University. Untuk menjaga proses seleksi tetap berlangsung sesuai kualitas yang diharapkan, AACSB selalu meninjau ulang standar dan semua proses dalam akreditasi. Hal ini untuk meningkatkan relevansi sekaligus nilai dari AACSB itu sendiri.

Tentang BINUS BUSINESS SCHOOL

Setelah melalui perjalanan panjang, kini BINUS BUSINESS SCHOOL menyediakan 4 jenjang yakni sarjana, sarjana internasional, magister dan doktor. Setiap program tersedia di beberapa kampus yang berbeda.

Akreditasi AACSB ini merupakan pengakuan dari institusi terkait pada BINUS karena telah menunjukkan keunggulan di berbagai aspek. Mulai dari aspek pengajaran, pengembangan kurikulum, pembelajaran mahasiswa hingga di bidang penelitian.

Apa yang telah diraih oleh BINUS BUSINESS SCHOOL bukan semata-mata hasil kerja keras kampus saja, melainkan semua komponen yang ada di dalamnya. Mulai dari mahasiswa, tenaga pengajar, jaringan alumni hingga komunitas bisnis yang ada di sekitar.

Akreditasi AACSB yang diraih BINUS BUSINESS SCHOOL tentu bukan sesuatu yang akan menghentikan langkah untuk jadi lebih baik. Dengan prestasi ini, BINUS tetap berkomitmen untuk bisa menghasilkan alumni berkualitas terbaik yang memberikan dampak positif, tidak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga untuk lingkungan dan dunia bisnis di masa depan.