Program studi engineering (rekayasa) atau teknik adalah salah satu prodi yang ada hampir di semua kampus di Indonesia, tidak terkecuali BINUS UNIVERSITY. Engineering sendiri merupakan disiplin ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip ilmiah untuk membuat mesin, alat, struktur dan barang-barang lainnya.

Kualitas BINUS UNIVERSITY dan Fakultas Teknik sebagai salah satu yang terbaik di tanah air dibuktikan dengan diraihnya akreditasi dari ABET. ABET atau Accreditation Board for Engineering and Technology adalah lembaga non-profit berbasis di Amerika Serikat yang melakukan proses penilaian akreditasi dengan sifat Outcomes-Based. Artinya, penilaian dilakukan dengan melihat hasil belajar dari lulusan-lulusan prodi yang diakreditasi.

Di Indonesia sendiri, per Oktober 2020 silam ada 7 perguruan tinggi yang program studinya masuk ke dalam akreditasi ABET. BINUS sendiri punya 3 program studi yang sudah terakreditasi ABET yakni Teknik Sipil (S1), Teknik Industri (S1) dan Teknik Komputer (S1).

Memperoleh Akreditasi ABET Pertama pada Tahun 2013

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Masuknya program studi dari Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY sebagai kampus dengan prodi teknik terbaik dimulai pada tahun 2013. Saat itu secara resmi program studi Teknik Industri meraih akreditasi ABET. Ini sekaligus menjadikan BINUS UNIVERSITY sebagai kampus swasta pertama di Indonesia yang meraihnya. Untuk jurusan Teknik Sipil dan Teknik Komputer, BINUS bahkan menjadi yang pertama di Indonesia.

Dr. Ho Hwi Chie, M. Sc yang saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang berhasil ditorehkan oleh kampus. Ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru bagi BINUS sekaligus pemicu untuk menghasilkan alumni-alumni dengan kualitas terbaik yang siap bersaing di kancah global.

Apa yang Membuat BINUS UNIVERSITY Unggul dengan Akreditasi ABET Ini?

Perlu diketahui bahwa proses penilaian yang dilakukan oleh Tim ABET meliputi berbagai komponen termasuk mahasiswa, fakultas, fasilitas, komponen profesional, program hasil dan penilaian, program edukasi objektif, lembaga dukungan dan sumber keuangan serta berbagai kriteria khusus lainnya.

Sebagai lembaga yang hanya berwenang memberikan penilaian terhadap bidang ilmu rekayasa, akreditasi yang diberikan oleh ABET menjadi bukti bahwa BINUS UNIVERSITY khususnya Fakultas Teknik, memiliki kualitas yang lebih baik dalam berbagai kriteria penilaian yang sudah disebutkan. Lalu, apa yang membuat BINUS UNIVERSITY menjadi unggul karena akreditasi ini?

  • Menjamin Kualitas Lulusannya

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, ABET menggunakan penilaian yang bersifat Outcomes-Based yakni dengan melihat kualitas lulusannya. Masuknya BINUS sebagai salah satu kampus dengan prodi teknik terbaik menunjukkan bahwa alumni yang dihasilkan memang memiliki kompetensi mumpuni.

  • Kesempatan Kerja yang Lebih Luas Bagi Alumninya

Dengan akreditasi ABET berskala internasional yang dimiliki BINUS membuat tingkat kepercayaan perusahaan-perusahaan besar terhadap alumni Fakultas Teknik BINUS akan semakin besar. Artinya, ketika kamu lulus dari BINUS nanti, kesempatan kerja yang kamu peroleh akan lebih besar. Tidak menutup kemungkinan kamu akan direkrut oleh perusahaan asing.

  • Gelar Alumni Sesuai Standar Internasional

Karena sudah terakreditasi internasional, maka semua alumni yang lulus dari kampus yang mendapat akreditasi ABET tidak lagi Sarjana Teknik melainkan Bachelor of Science. Ini akan membuat kamu setara dengan alumni kampus-kampus di luar negeri.

  • Kesempatan Melanjutkan Pendidikan Lebih Besar

Karena akreditasi yang bergengsi serta sesuai standar internasional, maka kesempatanmu untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri akan semakin mudah. Jadi jika kamu sedang mengincar program magister teknik di luar negeri, Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY akan mempersiapkanmu dengan baik untuk mencapai impianmu.

Apa yang diraih oleh BINUS ini tidak lepas dari kerja sama seluruh komponen yang ada di dalam kampus. Mulai dari para mahasiswa, tenaga pengajar hingga staf. Semoga dengan adanya akreditasi ABET ini, Fakultas Teknik dan BINUS UNIVERSITY bisa melesat lebih tinggi lagi.