Teknik Informatika dan Matematika merupakan jurusan di BINUS UNIVERSITY yang memadukan IT dengan ilmu matematika. Di jurusan ini, kamu akan dibimbing agar bisa menguasai teknologi komputasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan algoritma dan software, serta menyelesaikan beragam masalah berbasis IT. Prospek jurusan IT-Matematika sangat menjanjikan. Kamu bisa berkarier sebagai aktuaria, konsultan IT, Computer Simulation Specialist, Researcher and Educator, Optimization Analyst, atau Data Analsyt seperti yang ingin diwujudkan oleh Abigail Vania. 

Awal Perkenalan Abigail Dengan BINUS UNIVERSITY

Binus University
Sumber : Tugas Kampus

Sebelum menjatuhkan pilihan pada kampus masa depan, Abigail lebih dulu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari jurusan yang tersedia, fasilitas, hingga lingkungan kampus. Melalui penjelasan yang didapat dari BINUSIAN di acara Edufair di sekolah dan didukung dari pengalaman sepupunya, Abigail mantap memilih BINUS UNIVERSITY. Bagi Abigail, BINUS UNIVERSITY sudah memenuhi kriteria sebagai kampus masa depannya. “BINUS memiliki fasilitas lengkap untuk jurusan IT, dosen berkualitas, dan lingkungan mendukung untuk belajar,” jelas Abigail.

Alasan Abigail Memilih Teknik Informatika dan Matematika 

Kesukaannya terhadap pelajaran matematika dan pesatnya perkembangan IT secara tidak langsung mendorong mahasiswa BINUS@Kemanggisan ini memilih jurusan Teknik Informatika dan Matematika. “Awalnya menyukai matematika dan implementasi matematika yang cukup berkembang saat ini adalah IT. Jadi, tidak ada salahnya belajar keduanya. Jurusan ini juga keren karena double degree,” jelas Abigail. Bagi MABA, Abigail memberikan tips mudah agar terhindar dari salah jurusan, yakni dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap jurusan. “Tipsnya, tulis apa yang disukai kemudian membuat list dan melihat kelebihan serta kekurangan masing-masing jurusan. Setelahnya, kamu bisa melihat jurusan yang  paling tepat.”

Suka Duka Abigail Selama Menjadi BINUSIAN

Selama menjalani kuliah, Abigail juga pernah mengalami kesulitan layaknya mahasiswa lain. Pasalnya, dalam satu semester mata kuliah jurusan yang diambil Abigail didominasi oleh praktik. “Ada tiga mata kuliah project lab di satu semester. Dua di antaranya kelas teori dan kelas lab dengan proyek berbeda, seperti expert system, mobile programming, dan web programming,” ungkapnya. Bahkan, hal tersebut sempat membuat satu angkatan sakit secara bersamaan lantaran stres dan terbebani tugas yang menumpuk. “Tugas dari dosen sangat banyak sampai tidak tahu apa yang harus dikerjakan lebih dulu,” ujar Abigail.

Mata kuliah membuat jurnal dan harus diterima ketika conference dalam satu semester juga cukup membuat Abigail terkejut. Belum ditambah sulitnya soal ujian, terutama ketika ujian online kadang membuat Abigail frustasi. Namun, keterbukaan dosen terhadap pertanyaan dan adanya konselor untuk memberikan solusi atas keluh kesah mahasiswa membuat Abigail mampu menyeimbangkan kehidupan kampus, organisasi, dan pribadi. Didukung teknologi canggih, suasana kampus yang menyenangkan, fasilitas lengkap, serta banyaknya pelatihan dan seminar membuat Abigail makin mudah mengembangkan diri. 

Abigail Lebih Disiplin dan Kuat Setelah Menjadi BINUSIAN

Abigail yang pernah mengikuti UKM BINUS Mandarin Club (BNMC) mengaku bahwa dirinya makin menghargai waktu setelah merasakan kehidupan kampus. Selain makin disiplin, Abigail merasa lebih kuat dalam menghadapi masalah, berpikir kritis, serta berani mengutarakan pendapat dan mengambil keputusan. Salah satunya mengenai karier yang diinginkannya setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY. “Bekerja menjadi seorang data analyst di salah satu bank terbaik di Indonesia dan melanjutkan kuliah S2,” ujar Abigail.

Harapan Abigail Terhadap Kampus Tercinta, BINUS UNIVERSITY

Sebagai BINUSIAN, Abigail berharap kampusnya dapat terus berkembang dan mencetak generasi terbaik di masa depan. “Semoga BINUS dapat membentuk mahasiswa memiliki karakter yang baik dan berkualitas, sedangkan jurusan dapat mencetak mahasiswa yang dapat memengaruhi dunia melalui bidang IT dan matematika,” harapnya. Abigail juga berpesan bagi MABA yang bingung memilih kampus untuk tak ragu memilih BINUS UNIVERSITY karena kualitasnya sudah teruji. “Kualitas dosen, kurikulum, dan fasilitas yang mendukung mahasiswa baik sisi akademis maupun nonakademis sangat baik,” ungkap Abigail.