Jurusan Finance BINUS UNIVERSITY diminati oleh mahasiswa lantaran memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Mengingat lulusannya banyak dicari oleh perusahaan maupun organisasi, kamu perlu memperluas wawasan untuk memenangkan persaingan di dunia kerja. Salah satu caranya dengan memperbanyak bacaan yang berkaitan dengan keuangan. Selain dapat digunakan untuk referensi studi, kamu bisa lebih mudah menerapkan teori keuangan tersebut di kehidupan nyata. 

Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Finance

Binus University
Sumber : Okezone

Lantas, apa saja rekomendasi buku yang perlu dibaca oleh mahasiswa jurusan Finance? Simak ulasannya!

50 Financial Wisdom – Eko P. Pratomo

Buku yang ditulis oleh Eko P. Pratomo ini terdiri dalam beberapa seri. Namun, pembahasan mengenai manajemen keuangan yang mencakup investasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan reksa dana terdapat pada seri keempat. Disusun dengan bahasa yang enak dibaca dan mengalir, kamu tidak akan kesulitan memahami setiap babnya. Buku ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin mendalami jurusan Finance maupun pebisnis dan investor pemula. 

Your Money or Your Life – Vicki Robin dan Joseph R. Dominguez

Your Money or Your Life membahas tentang dasar pengelolaan uang secara umum. Mulai dari cara mengatur keuangan, menabung, hingga investasi. Lantaran ditulis oleh dua orang, yakni Vicki Robin dan Joe Dominguez, kamu akan mendapatkan dua perspektif yang berbeda. Melalui buku ini kamu akan mempelajari cara menentukan prioritas, memperbanyak nominal tabungan, dan gaya hidup. Berbekal pembahasan mengenai cara hidup alternatif, kamu bisa mencapai financial freedom di usia muda. 

Financially Fearless – Alexa Von Tobel

Bingung cara membuat anggaran sesuai keinginan? Bacalah buku yang ditulis oleh Alexa Von Tobel ini. Melalui Financially Fearless, kamu akan memahami pentingnya memiliki tujuan keuangan dan mempelajari cara membuat pos keuangan. Setelah membaca buku ini, kamu akan lebih mudah merencanakan keuangan sesuai prioritas, keinginan, dan gaya hidup serta belajar menggabungkan rencana keuangan ke ponsel pintar secara digital. 

The Total Money Makeover – Dave Ramsey

Buku yang ditulis oleh konsultan sekaligus praktisi keuangan, Dave Ramsey ini menceritakan tentang kisah finansialnya selama 20 tahun. Melalui buku ini, kamu diharapkan mampu merombak keuangan dengan merancang pos simpanan untuk keperluan mendesak, dana pensiun, dan mengenali mitos tentang keuangan yang justru berbahaya. Berbekal pengalaman Dave Ramsey, kamu bisa mendapatkan pengetahuan finansial yang lebih luas dan mendalam.

Make Your Kid A Money Genius – Beth Kobliner

Buku Make Your Kid A Money Genius sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin belajar finansial dasar dan cara mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya keuangan. Ditulis menggunakan bahasa yang sederhana dan mengalir, kamu akan menikmati setiap pengalaman yang tertulis di dalamnya. Melalui buku ini, kamu bisa mengelola keuangan secara mandiri dan mempelajari metode untuk mengantisipasi kondisi finansial yang buruk.

Personal Finance for Dummies – Eric Tyson

Buku yang ditulis Eric Tyson ini merupakan salah satu rekomendasi wajib bagi BINUSIAN jurusan Finance. Buku ini berisikan panduan yang mencakup sejumlah kategori, seperti investasi, asuransi, penghematan uang, dan penganggaran. Menariknya, terdapat bagian buku yang memuat panduan agar kamu siap menghadapi perubahan. Ditulis dengan bahasa ringan, kamu akan mudah memahami tujuan penulisan buku, yakni membantu kamu menemukan prioritas finansial dan memahami cara menggunakan seluruh fasilitas keuangan dengan tepat. 

Rich Dad Poor Dad – Robert Kiyosaki

Buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki serta Sharon Lechter ini mengajak kamu memahami bahwa pendidikan keuangan penting ditanamkan sedini mungkin. Pendidikan finansial yang dimaksud kedua penulis mencakup cara mengembangkan bisnis dan investasi aset maupun dan properti. Tujuannya supaya kamu bisa mencapai kebebasan finansial. 

Itulah sejumlah rekomendasi buku mengenai keuangan yang dapat kamu pelajari untuk menambah wawasan. Untuk mempelajari dan mengasah kemampuanmu dalam mengelola keuangan secara mendalam, jangan ragu memilih jurusan Finance di BINUS UNIVERSITY. Dapatkan pengalaman belajar bersama dosen terbaik yang kompeten di bidangnya. Berbekal kurikulum yang dirancang sesuai kebutuhan industri, lulusan BINUS UNIVERSITY mampu bersaing di dunia kerja. Tunggu apa lagi? Ayo, jadi BINUSIAN untuk masa depan gemilang!