Selama menjadi mahasiswa, kompetisi apa saja yang pernah kamu ikuti? Kompetisi merupakan salah satu cara untuk mengasah bakat dan kemampuan diri. Dengan berkompetisi, kamu juga akan mendapatkan banyak prestasi.

Nah, bagi kamu yang kuliah di jurusan Desain Interior, pastikan berpartisipasi dalam berbagai lomba desain. Pasalnya, lomba tersebut tak hanya mengembangkan potensi, tetapi juga wujud implementasi dari teori yang kamu pelajari.

Desain Interior
Sumber : Suara

Sebagai referensi, berikut ini tujuh kompetisi yang dapat diikuti.

D&AD New Blood Award

D&AD New Blood Award merupakan kompetisi desain yang diselenggarakan oleh asosiasi desain dan periklanan nonprofit. Perlombaan ini diadakan setahun sekali sejak era 1960-an.

Lomba D&AD New Blood Award ditujukan untuk mahasiswa, siswa, atau pemula (yang baru lulus studi). Karya para peserta tersebut nantinya dilombakan sesuai rancangan brief dari perusahaan atau brand tertentu.

Student Design Award

Student Design Award adalah sayembara cover buku yang diadakan oleh penerbit Penguin Random House. Perusahaan ini berada di Inggris dan didirikan tahun 1800-an. Sejak dahulu, Penguin Random House terkenal dengan terbitan buku fiksi anak, populer, dan sastra klasik. Selain itu, Penguin Random House juga menerbitkan buku nonfiksi.

Asia Young Designer Awards (AYDA)

Kompetisi AYDA menjadi salah satu ajang bergengsi pencarian bakat di bidang desain arsitektur. Penyelenggara kompetisi tersebut adalah Nippon Paint.

Tahun 2021 ini, Nippon Paint terhitung sembilan kali menggelar kompetisi AYDA. Harapan perusahan Nippon, kompetisi dapat berkembang dan berevolusi sesuai kemajuan zaman. Dengan demikian, ajang tersebut bisa melahirkan talenta-talenta baru di bidang desain.

Adobe Certified Associate World Championship

Apakah kamu bisa mengoperasikan software Adobe? Jika mampu menjalankan perangkat lunak ini dengan baik, cobalah mengikuti kompetisinya. Setiap tahun Adobe menyelenggarakan Adobe Certified Associate World Championship.

Syarat mengikuti kompetisi tersebut, yakni berumur 18 tahun ke atas dan belum berkarier di bidang sejenis. Sementara hadiahnya cukup banyak, seperti sertifikat, langganan Adobe CC, website feature, dan badge digital.

The Young Ones

The Young Ones Student Award ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa yang berumur minimal 18 tahun. Penyelenggara kegiatan ini adalah The One Club for Creativity—salah satu organisasi nirlaba ternama.

Namun, untuk mengikuti kompetisi ini, kamu harus membayar biaya sebesar $45. Biaya tersebut ditujukan untuk setiap program yang diserahkan ke panitia.

Ada tiga kategori program yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Young Ones Brief Award; 
  • Young Ones Portfolio;
  • Dan Young Ones ADC Award.

Indonesia Good Design Selection

Apakah kamu seorang desainer produk perusahaan atau industri? Kalau iya, tahun 2022 mendatang, kamu wajib mengikuti ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Kompetisi IGDS diadakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI sebagai bentuk penghargaan tertinggi kepada desainer. Ada dua kelompok penghargaan; pertama adalah Design Product untuk rancangan produk industri berkualitas tinggi. Jenis kelompok kedua, yaitu IGDS Design Concept untuk desain produk dalam wujud prototipe.

Biasanya, dari kompetisi tersebut diambil 20 pemenang dengan produk terbaik. Selain itu, ada kategori people choice yang penilaiannya diserahkan langsung ke audiens.

International Student Design Competition

Bagi kamu yang sedang mencari kompetisi desain kapal, mengikuti International Student Design Competition merupakan pilihan tepat. Pasalnya, kompetisi ini menuntut pesertanya untuk membuat konsep kapal yang aman dan berkesinambungan.

Kompetisi dimulai sejak tahun 2018. Jumlah pesertanya bisa mencapai puluhan. Tahun ini, pesertanya sekitar 23 tim mancanegara. Contohnya, tim dari Hochschule Bremen, Newcastle University, Universität Rostock, Bangladesh University of Engineering and Technology, hingga Singapore Institute of Technology. 

 

Demikian ulasan singkat mengenai tujuh kompetisi yang bisa diikuti oleh mahasiswa Desain Interior. Jika tertarik kuliah di jurusan ini, kamu bisa memilih BINUS UNIVERSITY. Selain didukung sumber daya manusia kompeten, kampus ini juga memiliki kurikulum berbasis internasional. Keren, kan?

 

#BINUSGROUP

#FosteringandEmpowering

#EmpoweringSociety

#BuildingTheNation

#Menuju40TahunBinusBerkarya

#40thBINUS

#Lustrum8BINUS

#DiesNatalis40BINUS

#BINUS2020

#BINUS2035