Kemajuan zaman menuntut mahasiswa jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi untuk mengembangkan keahlian teknologinya. Mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan teknologi dalam mengelola dan melaporkan finansial secara cepat, mudah, dan akurat.

Untuk mendapatkan semua pengetahuan tersebut, kamu bisa memilih kuliah di BINUS UNIVERSITY jurusan Information Systems and Accounting. Namun, pengetahuan harus disertai keahlian nyata yang relevan dengan jurusan.

Sistem Informasi dan Akuntansi
Sumber : Harmony

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh keahlian yang wajib dikuasai mahasiswa Sistem Informasi dan Akuntansi.

Analisis Data

Analisis data merupakan proses mengolah data yang bertujuan untuk mendapatkan informasi bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan. Nantinya, keputusan tersebut dijadikan solusi atas suatu permasalahan.

Analisis data juga mencakup aktivitas pengelompokkan, transformasi, pembersihan, serta pembuatan model data. Semua kegiatan tersebut dilakukan untuk menemukan hal-hal yang bermanfaat bagi organisasi.

Karena fungsi analisis data sangat penting, mahasiswa diharapkan menguasai kemampuan ini. Pasalnya, nanti di dunia kerja atau bisnis, kemampuan analisis dibutuhkan saat akuntan membuat laporan keuangan. 

Dengan keahlian analisis yang baik, seorang akuntan mampu memunculkan ide supaya transaksi organisasi berlangsung sehat. Selain itu, kemampuan analisis juga menjadikan dirimu lebih teliti terhadap suatu hal. Tidak menutup kemungkinan, kelak kamu bisa menjadi auditor internal perusahaan. 

Ilmu Komputer

Komputer merupakan teknologi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Komputer juga membantu manusia dalam merapikan dokumen, mempercepat pembuatan laporan, serta mengelola data. Karena itu, hampir semua profesi memakai komputer dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Selama kuliah, ilmu komputer yang dikuasai minimal mencakup aplikasi office. Contohnya, word, excel, spreadsheet, dan slide presentation. Kamu juga harus berupaya memahami cara mengoperasikan software akuntansi. Jadi, setelah lulus, kamu sudah mahir dalam menjalankan aplikasi maupun software terkait akuntansi. 

Kemampuan Berpikir Logis dan Sistematis

Pekerjaan di bidang sistem informasi maupun akuntansi berbasis teknologi membutuhkan kemampuan logika. Artinya, dalam menyelesaikan masalah dalam pekerjaan, kamu harus menggunakan solusi yang masuk akal.

Berdasarkan riset The Balance Careers, berpikir logis berarti mengamati, menganalisis, lalu menarik kesimpulan. Pemikir logis juga selalu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan matang.

Kamu dapat melatih kemampuan berpikir logis dengan mengabaikan intuisi dan menahan emosi. Banyak bersosialisasi, kritis terhadap suatu hal, serta berpandangan objektif pun bisa mengasah kemampuan logika kamu.

Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan gagasan, ide, maupun pesan kepada lawan bicara. Karena itu, keahlian ini wajib dikuasai mahasiswa jurusan apa pun agar bisa memahami orang lain.

Sebagai contoh, setelah lulus, kamu mendapatkan proyek mengerjakan data keuangan perusahaan. Supaya tidak terjadi salah tafsir data, tentu komunikasi harus dilakukan. Misalnya, dengan menanyakan makna dari data yang kamu kerjakan kepada pemilik perusahaan.

Administrasi dan Keuangan

Sistem informasi maupun akuntansi selalu terkait dengan kemampuan mengelola administrasi maupun keuangan. Jika kamu menguasai keahlian administrasi, semua pekerjaan akan rapi. Dengan pekerjaan yang rapi, kegiatan lainnya menjadi lebih efektif dan efisien. Pasalnya, semua dokumen sudah dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Komunikasi Pelanggan

Komunikasi pelanggan merupakan keahlian yang menentukan kredibilitas perusahaan maupun perorangan di mata konsumen. Jika kamu mampu bersikap baik dan memberikan pelayanan prima, konsumen akan segan. Sebaliknya, sikap yang buruk bisa membuat konsumen enggan membeli penawaranmu.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Setiap orang yang berbisnis pasti memiliki masalah. Banyak pebisnis menyerah hanya karena satu masalah sepele. Namun, kamu tidak perlu ikut menyerah seperti pebisnis tersebut. Dengan kemampuan sebagai problem solver, kamu pasti bisa menyelesaikan masalah apa pun.

Seorang problem solver akan cepat menemukan solusi-solusi yang objektif. Selain itu, problem solver juga mampu memecahkan masalah menggunakan logika, bukan emosinya. 

Itulah pembahasan singkat seputar tujuh keahlian yang wajib dikuasai mahasiswa Sistem Informasi dan Akuntansi. Salah satu perguruan tinggi penyedia jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi terbaik adalah BINUS UNIVERSITY. Di kampus ini, kamu bisa mempelajari berbagai ilmu terkait teknologi informasi maupun akuntansi modern.