Film merupakan cermin budaya yang menunjukkan siapa diri kita. Film kadang menjadi cerminan dari nilai dan aspirasi kita. Kadang jadi asumsi bahkan inspirasi. Tidak terkecuali film-film bertema matematika atau matematikawan. Alih-alih sekadar hiburan, ini bisa menjadi pemicu untuk kamu yang berniat masuk ke jurusan Information Technology and Mathematics di BINUS UNIVERSITY.

Information Technology and Mathematics
Sumber : Ekrut

Dari film-film ini, kamu tidak hanya bisa punya impian besar dengan masuk jurusan Information Technology and Mathematics, tapi juga memperoleh gambaran tentang bagaimana sosok-sosok hebat ini berjuang untuk impian mereka. Yuk simak 6 rekomendasinya berikut ini!

  • Good Will Hunting

Good Will Hunting merupakan sebuah drama psikologi yang dirilis pada tahun 1997. Disutradarai oleh Gus Van Savant, film ini bercerita tentang seorang matematikawan jenius bernama Will Hunting yang diperankan oleh Matt Damon. 

Dalam kisah fiksi ini, kamu akan diajak pada perjalanan hidup Will Hunting, seorang petugas kebersihan yang juga jenius matematika. Hunting tidak punya pendidikan formal tapi berhasil memecahkan masalah matematika yang paling kompleks. Dari film ini kita juga bisa belajar bahwa sepintar apa pun seseorang, pasti akan tetap membutuhkan orang lain meski hanya sekadar untuk mengobrol.

  • The Man Who Knew Infinity

Kalau kamu ingin menonton film tentang matematika yang berasal dari kisah nyata, cerita hidup Ramanujan dalam The Man Who Knew Infinity ini layak masuk daftar tontonan kamu. Kamu akan melihat bagaimana perjuangan Ramanujan, seorang jenius matematika asal India untuk diakui setara oleh rekan-rekan akademisi di Cambridge, menjadi korban rasisme padahal dia sendiri berada jauh dari rumah.

  • Pi

Dibandingkan sisi positif, Pi mengangkat kisah matematikawan paranoid bernama Max ini memang terkesan mengangkat sisi negatif. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mengambil pelajaran hidup dan inspirasi darinya.

Awalnya, Max mencoba menemukan pola dasar di pasar saham yang kemudian akan membuka pola kunci universal yang ditemukan di alam. Namun, halusinasi pada akhirnya membuat Max sulit membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak. Pi akan membuat kamu berpikir tentang matematika, sains dan alam semesta dengan cara yang sama sekali berbeda. Tertarik menonton?

  • A Brilliant Young Mind

A Brilliant Young Mind pada dasarnya adalah sebuah film yang manis. Berkisah tentang kesulitan seorang jenius matematika bernama Nathan (Asa Butterfield) menjalin pertemanan dengan seorang gadis (Jo Yang), para remaja pasti akan menyukai ceritanya. Perjalanan hidup Nathan dari kecil sampai mengikuti olimpiade matematika sangat seru untuk disaksikan.

A Brilliant Young Mind berfokus pada tema-tema seperti autisme, cinta dan IQ, terutama dalam matematika dengan cara yang fun. Film ini juga seakan menjadi obat bagi orang-orang yang selama ini merasa tertekan karena dianggap memiliki bakat lebih dari orang lain.

  • The Imitation Game

Film ini merupakan salah satu film yang wajib ditonton oleh mereka yang menyukai sains. Menceritakan tentang kehidupan Alan Turing, kamu akan diajak untuk menikmati ketegangan yang dialami oleh sang matematikawan jenius saat dia diminta untuk membantu mempersingkat perang dengan rumus matematika dan pada akhirnya menyelamatkan ribuan nyawa.

  • Codebreaker

Film satu ini juga mengangkat kisah hidup Alan Turing, namun dari sisi yang berbeda. Matematikawan Inggris sekaligus ilmuwan komputer perintis itu menghadapi banyak pasang surut dalam hidupnya termasuk hukuman pemerintah hingga kematiannya yang tragis pada tahun 1954.

Film ini juga memuat testimoni dari mereka yang benar-benar mengenal dan mengingat Turing. Beberapa tokoh populer di bidang teknologi termasuk Steve Wozniak juga turut menjelaskan dalam wawancara film tentang bagaimana teknologi modern baru saja mulai mengeksplorasi potensi terbaik dari ide-ide yang pernah dicetuskan oleh Turing seumur hidupnya.

Itulah 6 judul film tentang matematikawan jenius yang layak kamu tonton. Siapa tahu bisa menjadi inspirasimu masuk ke jurusan Information Technology and Mathematics.