Tourism merupakan salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY yang banyak diminati calon mahasiswa. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari seluruh hal yang berhubungan dengan pariwisata. Menariknya, materi tersebut bukan hanya berisikan teori, melainkan juga praktik lapangan. Jurusan Tourism sangat cocok bagi BINUSIAN yang menyukai aktivitas di luar ruangan, menjelajah tempat baru, serta mempelajari sejarah dan budaya. 

Mengingat pariwisata merupakan sektor yang pernah surut dan terus bertumbuh, kamu harus memiliki semangat tinggi dan kemampuan lain yang akan berguna di dunia kerja. Berbekal ilmu yang dipelajari selama bangku kuliah, lulusan jurusan Tourism BINUS UNIVERSITY diharapkan mampu melayani dengan baik dan membawa pariwisata Indonesia lebih dikenal luas. Lulusan Tourism BINUS UNIVERSITY bisa bekerja sebagai pemandu wisata, manajer pusat rekreasi, hotelier, event organizer, serta pengusaha di bidang pariwisata dan penginapan.

Mau Jadi Mahasiswa Tourism? Ini Soft Skill yang Perlu Kamu Miliki!

Binus University
Sumber : Rencanamu

Untuk membantu kamu meraih pekerjaan impian setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY, terdapat sejumlah soft skill yang perlu kamu kembangkan.

Beradaptasi

Apabila memilih karier di industri pariwisata, kamu akan dihadapkan pada situasi yang tidak pasti. Inilah salah satu alasan mengapa kamu dituntut bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Pasalnya, tidak semua pekerjaan memiliki jadwal dan rekan kerja yang sama. 

Misalnya, hari ini kamu mendapatkan jadwal kerja pagi dengan anggota tim yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan pelanggan yang berbeda setiap harinya. Tanpa kemampuan beradaptasi yang baik, kamu akan kesulitan menyesuaikan diri dan mengikuti ritme kerja. Alih-alih menganggapnya hambatan, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk mengasah kemampuanmu beradaptasi dan menambah wawasan serta pengetahuan.

Public Speaking

Pastikan kamu memiliki kemampuan berkomunikasi sebagai modal utama sebelum kamu terjun ke industri pariwisata. Alangkah baiknya kamu menguasai bahasa asing untuk memudahkan komunikasi dengan orang-orang yang berasal dari negara lain. Berbekal kemampuan public speaking, kamu dapat menyampaikan informasi secara tepat dan lancar. Menariknya, selain membuat kamu lebih percaya diri, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat menumbuhkan kemampuan leadership

Profesional

Bukan hal yang mudah untuk memisahkan urusan pekerjaan dengan pribadi. Ketika kamu tengah dilanda kesedihan atau rasa cemas, tanpa disadari hal ini terbawa hingga tempat kerja. Suasana hati yang kurang baik dapat menyebabkan konsentrasi buyar, semangat kerja menurun, dan sulit menerima pendapat atau kritik orang lain. Agar terhindar dari hal tersebut, cobalah untuk bersikap profesional. Cara ini akan membuat kamu tumbuh sebagai pekerja bertanggung jawab, bijaksana, dan sabar. 

Manajemen Waktu 

Kemampuan mengelola waktu sangat dibutuhkan untuk memudahkan kamu menyelesaikan pekerjaan. Pasalnya, tak jarang di waktu tertentu kamu harus menghadapi ritme kerja yang lebih cepat dengan beban lebih besar. Ketika hal ini terjadi, sebagian orang mengalami serangan panik sehingga membuat kinerja dan hasil pekerjaan tak optimal. Untuk menghindarinya, kamu harus mulai mempelajari manajemen waktu. 

Kerja Sama Tim

Umumnya, perusahaan akan membentuk tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan besar. Dibandingkan bekerja secara mandiri, bekerja secara tim memang lebih efisien dan optimal. Ketika kamu termasuk sebagai anggota tim tersebut, tentu kamu harus bisa menyesuaikan diri. Kamu harus bisa menghargai perbedaan dan menerima pendapat dari orang lain. Tanpa kemampuan kerja sama tim yang baik, kamu akan kesulitan melakukan koordinasi dengan rekan lain untuk mencapai target yang diharapkan. 

Demikianlah informasi mengenai sejumlah soft skill yang perlu dimiliki oleh mahasiswa   jurusan Tourism. Berbekal kemampuan tersebut, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai harapan. Bagi kamu yang tertarik berkarier di industri pariwisata, BINUS UNIVERSITY menawarkan jurusan Tourism. Didukung pengajar yang mumpuni dan profesional serta fasilitas lengkap, kelas akan terasa lebih menyenangkan. Kamu juga akan mudah memahami materi. Ayo, raih masa depan yang cerah bersama BINUS UNIVERSITY!