Menjadi salah satu jurusan paling diminati membuat Computer Science dan Computer Engineering sering dianggap bidang yang sama. Padahal dari gelar yang disandang lulusannya saja, kedua jurusan tersebut memiliki gelar yang berbeda—S.Ilkom atau S.Si untuk Computer Science dan S.T. untuk Computer Engineering.

Selain gelar, tentu saja masih banyak hal lain yang membedakan bidang Computer Science dan Computer Engineering. Inilah alasan di kebanyakan universitas yang menyelenggarakan, BINUS UNIVERSITY misalnya, Computer Science dan Computer Engineering selalu berdiri sendiri dan tidak berada dalam satu atap.

Secara keilmuan, perbedaan Computer Science dan Information Engineering terlihat dari dasarnya. Jika ilmu komputer lebih menekankan pada science atau pengetahuan tentang komputerisasi, maka teknik komputerisasi lebih menekankan pada implementasi ilmu.

Computer Science dan Computer Engineering
Sumber : Mau Kuliah

Selain itu, kedua jurusan ini juga memiliki perbedaan lain, yaitu:

1. Fokus Ilmu Jurusan

Perbedaan pertama terlihat dari fokus ilmu jurusan. Jika masuk ke jurusan Computer Science, mahasiswa akan diajari pengetahuan dasar ilmu komputer yang mencakup teori jaringan, pemrograman, algoritma, dan lain sebagainya. Kadang kala, mahasiswa juga akan melakukan praktik tentang komputerisasi.

Sementara itu, mahasiswa Computer Engineering

2. Pengetahuan Tentang Jaringan Komputer

Meskipun sama-sama terlibat dengan internet dan komputer, kedua jurusan ini memiliki pemahaman berbeda tentang pengetahuan jaringan komputer. Mahasiswa Computer Science cenderung fokus pada hardware dan perancangan komputer secara fisik. 

Misalnya, kamu membeli sebuah laptop kosongan. Laptop tersebut bisa menyala meskipun belum memiliki aplikasi apa pun. “Otak” yang membuat komputer menyala itulah hasil karya mahasiswa Computer Science. Sementara itu, mahasiswa Computer Engineering juga berhubungan dengan hardware.

Bedanya, mahasiswa Computer Engineering lebih sering bergulat dengan chip dan hal-hal lain terkait processor serta microcontroller beserta cara memprogramnya. Gabungan dari ilmu Computer Science dan Computer Engineering itulah yang membuat kita bisa menggunakan PC serta laptop secara fungsional.

3. Pemahaman Tentang Hardware

Kedua jurusan sama-sama memiliki pemahaman mendalam soal hardware komputer. Bedanya, mahasiswa Computer Science fokus pada teori-teori komputerisasi, mulai dari bagaimana sebuah komputer bisa dioperasikan, perangkat apa yang dibutuhkan, hingga memastikan bahwa komputer bisa menerima berbagai software dengan baik.

Sementara itu, mahasiswa Computer Engineering lebih fokus pada hal-hal praktikal terkait hardware. Misalnya, isi CPU, monitor, dan perangkat keras lain. Tidak hanya memahami, mahasiswa biasanya juga dituntut untuk bisa membongkar setiap komponen komputer dan merakitnya kembali agar bisa berfungsi.

4. Kebutuhan Perangkat Saat Berkuliah

Laptop dan komputer adalah dua gadget yang sangat dibutuhkan mahasiswa dari jurusan ini. Namun, dilihat dari segi kapasitas dan kemampuan masing-masing gadget, mahasiswa Computer Science dan Computer Engineering memiliki kebutuhan yang berbeda.

Pemahaman tentang komputerisasi dan pembuatan software berkualitas membuat mahasiswa Computer Science membutuhkan gadget dengan spek tinggi. Sementara itu, mahasiswa Computer Engineering tidak terlalu memperhatikan spek perangkat yang digunakan selama memiliki alat kelistrikan untuk menyelesaikan proyek mereka.

5. Prospek Kerja Setelah Lulus

Perbedaan lain dari kedua jurusan terlihat dari prospek kerja lulusannya. Sarjana Computer Science akan bekerja sebagai staf komputerisasi, system analyst, programmer, dan desainer perangkat keras maupun lunak. Di sisi lain, lulusan Computer Engineering cenderung dibutuhkan di bidang system engineer, computer analyst, dan network administrator.

Meskipun begitu, keduanya sama-sama memiliki peluang kerja cukup luas. Inilah alasan lulusan kedua jurusan ini cenderung lebih cepat memperoleh pekerjaan dibanding jurusan lain.

Jadi, sudah tahu bedanya Computer Science dan Computer Engineering? Dilihat dari potensi, kedua jurusan ini sama-sama berpotensial. Namun, kembali lagi, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion atau skill kamu. Karena apapun jurusannya, yang terpenting adalah bagaimana kita menekuni sesuatu yang benar-benar disukai.

Demikian informasi tentang perbedaan Computer Science dan Computer Engineering semoga bermanfaat.