Pesatnya perkembangan industri pariwisata tak lepas dari pertumbuhan bisnis penginapan dan perhotelan yang kian meningkat. Mempertimbangkan peluang dan prospek kerja setelah lulus, tak sedikit calon mahasiswa yang memutuskan memilih jurusan Hotel Management di BINUS UNIVERSITY.  Jurusan ini mempelajari ilmu perhotelan, termasuk bagaimana cara mengelola dan mengawasi hotel serta menyeimbangkan aspek wisata dari sisi manajerial. 

Sebagai BINUSIAN jurusan Hotel Management, kamu akan dibekali keterampilan bahasa asing untuk berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara. Kamu juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik, ketelitian tinggi, ketekunan, fokus pada detail, kesabaran dalam melayani pelanggan, dan mampu bekerja sama dengan banyak pihak. Berbekal kemampuan ini, kamu bisa mendapatkan pekerjaan terbaik setelah menyelesaikan kuliah di BINUS UNIVERSITY.

Lulusan Hotel Management? Begini Peluang Kerjanya!

Binus University
Sumber : Iimt Online

Lantas, apa saja peluang kerja untuk mahasiswa jurusan Hotel Management? Berikut uraiannya. 

Manajer Hotel

Sesuai namanya, manajer hotel bertanggung jawab mengatur dan memastikan kegiatan operasional, staf hotel, dan pemasaran berjalan lancar. Sebagai manajer hotel, kamu bertugas mengontrol penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) supaya tidak melenceng. Agar kamu bisa mengelola hotel dengan baik, diperlukan kemampuan leadership dan proaktif. Seorang manajer hotel juga harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni dan menguasai ilmu dasar manajemen, bisnis, dan keuangan.

Wedding Organizer

Hotel merupakan salah satu tempat favorit yang dipilih calon pengantin untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Untuk memastikan acara tersebut berjalan lancar diperlukan wedding organizer yang bertugas merencanakan, mengatur, menyusun, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Mulai dari pengisi acara, dapur, pelayan, tamu, hingga vendor.

Bagi BINUSIAN yang tertarik berkarier sebagai wedding organizer, kamu harus bisa menguasai situasi dan kondisi. Selain itu, kamu juga harus pandai mengatur keuangan, kreatif, berpikiran terbuka, mengikuti tren terkini, serta mampu bernegosiasi. Berbekal kemampuan tersebut, kamu akan dikenal sebagai wedding organizer profesional dan dapat diandalkan. 

Manajer Restoran 

Lulusan Hotel Management BINUS UNIVERSITY juga bisa bekerja sebagai manajer restoran. Kamu akan bertugas memimpin dan mengawasi kinerja tim, membantu kerja staf agar optimal, merekrut karyawan baru, memastikan kepuasan tamu, dan menetapkan tujuan penjualan. Seorang manajer restoran diharapkan memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan suatu masalah, melayani pelanggan, berkomunikasi, bernegosiasi, dan bisa bekerja di bawah tekanan.

Bagi yang telah berpengalaman, kamu bisa bekerja sebagai manajer restoran di kapal pesiar. Berada di bawah pengawasan Departemen Food and Beverage, manajer restoran kapal pesiar bertanggung jawab mengendalikan operasional restoran. Kamu juga harus melakukan koordinasi dengan General Manager (GM) kapal pesiar untuk memastikan keadaan aman terkendali.

Manajer Marketing Hotel

Sebagai manajer marketing hotel, kamu bertugas memasarkan hotel secara offline maupun online. Selain itu, kamu juga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan, memberikan panduan tentang pemanfaatan hotel, dan menciptakan inovasi untuk meningkatkan permintaan pesanan kamar. Seorang manajer marketing hotel diharapkan memiliki kemampuan persuasi, menguasai bahasa asing, serta pengetahuan mengenai pemasaran, ilmu bisnis, dan ekonomi. 

Dosen

Bagi kamu yang ingin mendedikasikan diri di dunia pendidikan, kamu bisa memilih dosen sebagai profesi di masa depan. Sebagai seorang dosen, kamu bertugas mempersiapkan silabus, membimbing dan mengevaluasi mahasiswa, serta melakukan penelitian pribadi terkait bidangnya. Supaya kamu bisa menjadi dosen yang berkualitas, kamu harus menguasai public speaking, memiliki pengetahuan luas, dan mampu melakukan riset. 

Alangkah lebih baik apabila kamu juga melanjutkan kuliah S2. Hal ini dilakukan agar kamu menguasai materi secara mendalam dan sukses mencetak generasi penerus bangsa. Tak perlu khawatir, kamu bisa berkuliah di BINUS UNIVERSITY. 

Demikianlah informasi mengenai prospek lulusan jurusan Hotel Management yang perlu kamu ketahui. Untuk memperbesar peluang tersebut, jangan ragu menimba ilmu di BINUS UNIVERSITY. Dilengkapi fasilitas lengkap yang nyaman serta didukung oleh dosen berkualitas, proses belajar akan lebih nyaman dan menyenangkan. Dapatkan pengalaman seru selama kuliah dan nikmati kemudahan meraih masa depan cerah. Tunggu apa lagi? Yuk, jadi BINUSIAN!