BINUS UNIVERSITY

    5 Inovasi Bisnis Digital di Era Industri 4.0

    Istilah industri 4.0 mengacu pada revolusi industri generasi keempat yang didominasi penggunaan teknologi terkini, seperti system robotic, artificial intelligence, cloud computing, dan internet. Pada prinsipnya, digital business innovation menggunakan kecanggihan teknologi untuk proses produksi maupun marketing.

    Digital business innovation tidak hanya terbatas pada penjualan produk digital. Lebih dari itu, bisnis digital mencakup semua jenis usaha yang menjual produk baik barang atau jasa secara online, baik menggunakan website atau aplikasi.

    Era Industri 4.0
    Sumber : Sasana Digital

    Pada praktiknya, bisnis digital terbukti mampu menghasilkan omset menggiurkan. Berikut ini beberapa contoh inovasi bisnis digital di era industri 4.0 yang berkembang pesat.

    • Jual Beli Produk Digital

    Produk digital adalah sebuah produk yang tidak memiliki bentuk fisik, misalnya ebook, foto, video, audio, software, dan sebagainya. Produk semacam ini dijual dalam bentuk file yang dapat dikirim secara online.

    Undangan digital merupakan salah satu contoh produk digital yang banyak diminati. Selain praktis, inovasi bisnis digital satu ini juga ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas undangan yang pada akhirnya terbuang sia-sia.

    Salah satu alasan mengapa produk digital banyak diminati adalah karena kepraktisan. Misalnya, dibandingkan dengan membeli buku cetak yang memakan tempat, ebook lebih praktis karena bisa disimpan di dalam komputer maupun handphone

    Di zaman canggih seperti sekarang ini, kalau ada versi digitalnya, mengapa harus membeli produk fisiknya?

    • Pembuatan Website dan Aplikasi Mobile

    Dengan peralihan bisnis konvensional menjadi bisnis online di era industri 4.0, pada dasarnya setiap pelaku usaha membutuhkan website. Bahkan, instansi pemerintah, perusahaan dan platform berita pun semuanya memiliki website. Ke depannya, keperluan website tidak akan surut, bahkan mungkin akan semakin meningkat.

    Dengan demand yang begitu tinggi, menjalankan bisnis pembuatan website membuka prospek menggiurkan.

    Selain website, aplikasi mobile juga sama-sama potensial. Inovasi bisnis digital yang satu ini tak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobile di Indonesia yang jumlahnya mencapai 350 juta jiwa. Kamu bisa saja membuat aplikasi belajar, game, music, komunikasi, buku kas, dan sebagainya. Jenis aplikasi yang bisa kamu kembangkan tidak terbatas jenisnya, baik untuk smartphone Android maupun Apple.

    Selain potensial, bisnis ini bisa kamu jalankan dari rumah atau dari tempat mana pun dengan menggunakan bantuan internet. 

    • Jasa Pembuatan Konten SEO

    Semua platform bisnis sekarang ini berbondong-bondong menerapkan SEO (Search Engine Optimization) untuk menarik konsumen. SEO sendiri merupakan serangkaian strategi yang dilakukan guna mendapatkan posisi teratas di mesin pencari.

    Pasalnya, pengguna biasanya hanya akan mengunjungi website yang ada di halaman pertama atau bahkan baris pertama dalam pencarian Google. Karenanya, setiap brand yang memiliki website berlomba-lomba menerapkan strategi SEO agar tetap mendapat pengunjung.

    Maka, dapat dipahami kenapa inovasi bisnis yang satu ini dianggap potensial. Dengan permintaan tinggi dari para pemilik website yang ingin menempati posisi teratas, jasa pembuatan konten SEO tak akan pernah sepi.

    • Bank Digital

    Bank digital adalah bank yang menjalankan kegiatan perbankan melalui saluran elektronik, terutama aplikasi mobile banking. Berbeda dengan bank konvensional, bank digital tidak memiliki kantor cabang. Mereka biasanya hanya memiliki kantor utama, sedangkan seluruh kegiatan perbankan bagi nasabah diselenggarakan secara online.

    Digital business innovation ini juga memfasilitasi penggunaan e-money dan bekerja sama dengan merchant-merchant untuk melakukan pembayaran. Tidak hanya itu, bank digital yang beroperasi menggunakan aplikasi mobile juga memungkinkan nasabah melakukan pembayaran tagihan secara online, mulai dari bayar listrik, tagihan telepon, hingga BPJS. 

    Jenius adalah bank daring pertama di Indonesia milik PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) yang telah beroperasi sejak 2016. Selain itu, ada Wokee yang diluncurkan sejak 2018, Digibank sejak 2018, TMRW yang beroperasi sejak 2020, dan yang terbaru Jago besutan PT Bank Jago Tbk sejak April 2021.

    • Start-Up Kesehatan Online

    Umumnya digital business innovation bidang kesehatan menyediakan layanan direktori dokter. Ada juga yang menyediakan fitur tanya-jawab seputar kesehatan dengan dokter, baik melalui chat maupun video call. Selain menyediakan konsultasi kesehatan, platfrom ini juga menyediakan konten berisi informasi kesehatan di website dan blog.

    Start-up kesehatan online di Indonesia ada banyak dan beberapa lebih poper dibanding yang lain. Di antaranya  yaitu: TanyaDok, Stetoskoop, ProSehat, Pasienia, Ovula, Mediku, Medico, Lokadok, Konsula, HaloDoc, HaiDokter, Doktersiaga, DokterSehat, DokterMana, Dokter.id.

    Di era industri 4.0, digital business innovation bisa dilakukan di bidang apa saja, tidak terbatas pada 5 contoh digital business innovation di atas. 

    Jika kamu tertarik mempelajari lebih jauh tentang digital business innovation, yuk ambil jurusan digital business innovation di Binus University. Ilmu yang kamu pelajari nantinya bisa kamu aplikasikan untuk menjalani karier sebagai entrepreneur, business developer, digital business specialist, business planner, business consultant, information system consultant, system analyst, maupun system developer.