BINUS UNIVERSITY

    5 Hal Menarik yang Bisa Kita Lihat di Semarang

    Menjadi kota metropolitan terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung membuat Semarang tumbuh jadi kota paling ramai di Jawa Tengah. Status Ibu Kota Provinsi yang disandang juga membuat kepadatan penduduk Semarang lebih tinggi dibanding daerah sekitarnya seperti Kendal, Batang, atau Pekalongan.

    Sebagaimana kota lain di Pulau Jawa, Semarang punya sejarah cukup panjang. Hal tersebut terlihat dari banyaknya bangunan tua di kota tersebut yang menjadi saksi perjalanan The Port of Java (Pelabuhannya Jawa) ini. Selain sejarah, Semarang juga memiliki beberapa hal menarik lain.

    5 Hal Menarik Tentang Semarang

    BINUS@Semarang
    Sumber : Reisha

    1. Pariwisata

    Memiliki luas sekitar 373,30 km2 membuat Semarang memiliki ragam wisata variatif. Mulai dari wisata alam, edukasi, modern, hingga relijius bisa ditemukan di sini. Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, Dusun Semilir Eco Park, Pantai Marina, hingga Taman Margasatwa Semarang.

    2. Kuliner

    Soal kuliner, Semarang selalu dikaitkan dengan lumpia. Padahal selain jajanan lezat itu, kota ini punya ragam kuliner lain yang tidak kalah enak seperti tahu gimbal, garang asem, ayam soto bangko, babat gongso, pisang plenet, nasi pindang, wingko, bandeng presto, mi kopyok, dan masih banyak lagi.

    Kuliner di Semarang merupakan hasil akulturasi budaya Tionghoa, Belanda, dan Indonesia yang hidup berdampingan selama berabad-abad di kota ini. Jadi tidak perlu heran apabila beberapa makanan mirip dengan hidangan asing tetapi menggunakan bumbu dengan cita rasa khas Indonesia.

    3. Kereta Api 

    Tahukah kamu? Sejarah perkereta apian di Indonesia memiliki kaitan erat dengan Semarang. Kota ini menjadi tonggak pertama pembangunan jalan kereta api era Hindia Belanda dimulai dari Desa Kemijen hingga Desa Tanggung. Dari jalan tersebut, pembangunan rel berlanjut hingga Surakarta dan daerah lain di Pulau Jawa. Jadi jangan heran apabila di Semarang, tepatnya Ambarawa, terdapat Museum Kereta Api. 

    4. Memiliki Banyak Julukan

    Pada masa penjajahan Belanda, Semarang dilalui banyak sungai yang membuat lanskap kota mirip dengan Venesia. Hal ini membuat Semarang mendapat julukan Venetie Van Java. Selain julukan tersebut, kota ini juga memiliki banyak julukan lain seperti Kota Lumpia, Kota Atlas (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat), The Port of Java, hingga Kota Jamu.  

    5. Tempatnya Pendidikan Berkelas Dunia

    Soal pendidikan, Semarang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal tersebut tampak dari jumlah universitas yang ada di sini salah satunya BINUS@Semarang. Kampus BINUS@Semarang telah terakreditasi A dengan pengalaman belajar Hybrid Learning dan Multi Kampus. Melalui Program (2+1)+1, 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY juga telah bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, namun juga memberikan fasilitas berkelas dunia

    Mengenal BINUS@Semarang

    Memiliki nama besar dan bertaraf internasional membuat BINUS UNIVERSITY selalu punya mimpi untuk melebarkan sayapnya ke daerah lain di Indonesia. Setelah Bandung dan Malang, BINUS UNIVERSITY akhirnya membuka kampus di Semarang beberapa tahun lalu.

    BINUS@Semarang sendiri mengusung 2 program, yaitu reguler dan online learning. Setidaknya ada empat jurusan yang ditawarkan BINUS@Semarang program reguler, yaitu S1 Information Systems, S1 Computer Science, S1 Industrial Engineering, dan S1 Visual Communication Design. Keempat jurusan ini merupakan jawaban dari dibutuhkannya sumber daya manusia yang kompeten dalam Industri 4.0. 

    Meskipun terletak jauh dari Jakarta, jangan khawatir, BINUS@Semarang juga memiliki sistem pembelajaran berkualitas sebagaimana kampus pusat atau BINUS@Malang dan BINUS@Bandung. Lulusannya memiliki kesempatan sama untuk melaksanakan wisuda di kampus pusat dan memiliki ijazah yang diakui.

    Nah, itulah 5 hal menarik tentang Semarang yang bisa kamu lihat ketika berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat.