Dilihat dari kekayaan alam dan budaya, Indonesia termasuk negara yang kaya akan pangan. Apalagi berkat perkembangan teknologi beberapa dekade belakangan, industri pangan tanah air makin maju dan menjanjikan. Tidak heran apabila akhir-akhir ini, jurusan teknologi pangan mulai dilirik.

Di Indonesia, ada beberapa universitas yang membuka jurusan teknologi pangan. Salah satu yang cukup terkenal adalah BINUS UNIVERSITY dengan Food Technology-nya. Selain potensi menjanjikan, peluang karier jurusan ini juga cukup bervariatif. Jadi, jangan khawatir lulusan teknologi pangan akan kesulitan mendapat pekerjaan.

Selama memiliki pengetahuan akademik memadai dan soft skills yang mumpuni, langsung mendapat pekerjaan begitu lulus bukan hal mustahil. Hal ini pula yang menjadi keyakinan sebagian besar mahasiswa Food Technology di BINUS UNIVERSITY. 

Food Technology
Sumber : Rencanamu

Jika kamu masih ragu apakah memilih Food Teknology merupakan keputusan yang tepat, mari simak ulasan berikut ini!

1. Jurusan Berstandar Internasional

Food Technology adalah salah satu jurusan berstandar internasional. Artinya, hanya universitas tertentu yang bisa menyediakan jurusan ini. Syaratnya tentu saja, universitas tersebut harus berstandar internasional juga. Hal ini tentu bukan tanpa alasan.
Seluruh prosedur pengajaran, penerapan teknologi, dan teori keilmuan di jurusan Food Technology dibuat khusus oleh ahli pangan internasional. Harapannya, lulusan Food Technology bisa menciptakan inovasi pangan terbaik yang sesuai dengan standar kesehatan di seluruh dunia.

2. Memiliki Prospek Menjadi Enterpreneur

Siapa yang tidak ingin sukses sebagai pengusaha? Hal ini pula yang menjadi keinginan kebanyakan mahasiswa. Apabila kamu termasuk seperti itu, jurusan Food Technology merupakan pilihan tepat. Selain mendapat pengetahuan akademik soal pangan, mahasiswa jurusan ini dibekali skill untuk menjadi pengusaha.

Skill tersebut meliputi leadership, kemampuan mengorganisasi, kemampuan manajemen, problem solving, dan kemampuan berpikir kritis. Meskipun tidak disampaikan secara gamblang, skill di atas distimulasi melalui berbagai proyek dan kegiatan perkuliahan yang dilakukan mahasiswa.

3. Tidak Ketinggalan Zaman

Teknologi pangan termasuk salah satu jurusan yang cocok diterapkan di berbagai masa. Bagaimana tidak, makanan merupakan salah satu bahan pokok dan alasan manusia tetap eksis sampai detik ini. Ketika bersinergi dengan teknologi terkini, sampai kapan pun ilmu tentang pangan tidak akan pernah usang.

Bahkan setiap tahun, ada banyak teori baru bermunculan hasil buah pikiran para ilmuwan dan mahasiswa inovatif. Jadi, meskipun mungkin nantinya kalah populer, ilmu pangan akan selalu aktual dan dibutuhkan manusia demi keberlangsungan hidup di dunia.

4. Prospek Karier Luas

Sebagaimana yang sempat disinggung di atas, prospek karier lulusan Food Technology bisa jadi alasan jurusan ini memiliki masa depan menjanjikan. Profesi yang paling membutuhkan lulusan Food Technology adalah Konsultan dan Peneliti Pangan. Pekerjaan tersebut ada di hampir setiap lini—mulai dari jenjang pemerintah pusat, daerah, perusahaan swasta, multinasional, asing, hingga industri makanan dalam dan luar negeri.

Selain itu, banyak bidang pekerjaan lain yang juga membutuhkan lulusan Food Technology, seperti konsultan gizi, tenaga quality control, pengembang produk pangan, hingga pendidik.

5. Gaji Menggiurkan

Bicara masa depan cerah kurang lengkap tanpa membahas tentang gaji. Meskipun kelihatannya bekerja di lab dan meneliti, Ahli Pangan termasuk salah satu profesi dengan gaji tinggi di Indonesia. Rata-rata ahli pangan mendapat penghasilan di atas UMR sebagian daerah di Indonesia.

Untuk fresh graduate saja, Ahli Pangan digaji sekitar Rp4 – Rp5 juta per bulan. Pada level profesional dengan pengalaman dan jenjang pendidikan lebih tinggi, Ahli Pangan bisa digaji mulai dari Rp10 juta per bulan. Itu belum termasuk tunjangan dan bonus jika bekerja di kantor pemerintahan.

Membaca ulasan di atas tentu tidak perlu ada keraguan lagi untuk berkuliah di jurusan ini. Melihat perkembangan pasar dunia serta teknologi beberapa tahun ke depan, pasti akan ada alasan lain mengapa menjadi mahasiswa teknik pangan merupakan keputusan tepat.

Itulah ulasan tentang lima alasan mengapa lulusan Food Technology memiliki masa depan menjanjikan. Semoga sukses!