Pemanfaatan teknologi informasi di berbagai bidang makin tinggi seiring masuknya era globalisasi. Salah satu cara untuk menghadapi era tersebut, yakni dengan kuliah di jurusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit. Jurusan ini mengombinasikan bisnis dengan sistem informasi manajemen serta akuntansi.

Ketika kuliah di jurusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit, kamu akan dibekali keterampilan dan pengetahuan khusus. Tujuannya supaya mencetak lulusan berkualitas yang mampu berkontribusi di bidang akuntansi, manajemen, analisis, serta auditing.

Sistem Informasi Akuntansi dan Audit
Sumber : Mas Software

Lalu, prospek karier apa saja yang bisa digeluti oleh lulusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit? Simak ulasan berikut ini!

Manajer Produk

Manajer produk bertugas merancang produk berdasarkan pengamatannya terhadap pasar dan peluang bisnis. Seorang manajer produksi juga dituntut membuat desain sesuai dengan minat masyarakat modern. Dengan demikian, perusahaan dapat menciptakan tren tersendiri dari produk yang diciptakan.

Pengembang Blockchain

Pengembang blockchain merupakan profesi yang fokus pada pembangunan sistem blockchain. Biasanya, teknologi tersebut digunakan pada transaksi mata uang kripto.

Sementara itu, tugas utama pengembang blockchain adalah membuat struktur data dan menulis kode. Pengembang blockchain juga harus memiliki kemampuan untuk mengatasi serangan siber, manajemen kinerja, dan mendeteksi anomali.

Analis Keuangan

Analis keuangan merupakan seseorang yang bertugas menganalisis informasi secara kuantitatif. Ia juga bertugas membuat bagan maupun grafik, memaparkan laporan teknis, serta mengoperasikan lembar kerja komputer.

Manajemen Data dan Informasi

Administrator data dan informasi adalah profesi yang memiliki tugas utama: merancang, menerapkan, dan memperbaiki database. Administrator juga membantu perusahaan dalam mengembangkan, merancang, dan memantau kinerja kapasitas database.

Analis Sistem

Selama kuliah di jurusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit, kamu pasti mendapatkan pengetahuan tentang analisis sistem. Ketika lulus, pengetahuan dan keahlian menganalisis bisa digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai analis sistem.

Tugas analis sistem adalah meneliti, merencanakan, melakukan koordinasi, serta memilih perangkat lunak. Semua itu dikerjakan sesuai kebutuhan organisasi bisnis maupun perusahaan.

Analis sistem juga memegang kendali atas pengembagan sistem di perusahaan. Karena itu, analis wajib memiliki empat keterampilan, yaitu analisis, manajerial, teknis, dan interpersonal. 

Analis Forensik

Bagian forensik tidak hanya ada di rumah sakit, tetapi juga di dunia maya. Nah, tugas seorang analis forensik adalah menyelidiki pelanggaran data dan kejahatan siber. Analis forensik juga dituntut mampu menyajikan dan memulihkan informasi digital.

IS/IT Auditor

Kamu punya rasa ingin tahu yang tinggi? Berarti menjalani profesi sebagai IS/IT auditor bisa menjadi pilihan setelah kamu lulus kuliah. Pasalnya, profesi tersebut membutuhkan seseorang yang mampu memahami proses bisnis di berbagai industri.

Selain itu, IS/IT Auditor harus menguasai implementasi IT pada proses bisnis. Oleh karenanya, IS/IT Auditor mesti mempertajam kemampuan banking operation, human relation, dan analisis perancangan sistem.

Business Process Fundamental

Bisnis proses merupakan kumpulan pekerjaan yang saling terhubung untuk mengatasi masalah tertentu di organisasi maupun perusahaan. Proses tersebut dapat diuraikan menjadi beberapa subproses dengan atribut masing-masing.

Jika kamu memilih menjalani profesi di bidang proses bisnis, berarti harus mampu memetakan proses hingga subproses. Selain itu, kamu mesti menguasai keterampilan internal controls, spending dan income cycles, financial reporting, dan management reporting system. 

Pengembang Software

Pekerjaan pengembang software mencakup pembuatan sistem baru, testing, coding, parameter, serta encrypting. Pengembang software juga memodifikasi dan memperbaiki perangkat lunak. 

Karena itu, untuk menjadi pengembang perangkat lunak yang andal, kamu harus menguasai pengetahuan:

  • rekayasa dan teknologi; 
  • komputer dan elektronik;
  • bahasa Inggris;
  • dan matematika.

Enterprise Architecture

Enterprise Architecture (EA) merupakan bidang pekerjaan yang tergolong rumit. Namun, kerumitan tersebut selaras dengan bayaran mahal seorang EA. Lantas, apa saja tugas-tugas EA?

Seorang EA bertugas menganalisis, mendesain, merencanakan, dan melaksanakan hasil rancangannya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang EA harus selalu belajar memimpin bisnis supaya bisa mengikuti perubahan informasi dan teknologi.

 

Demikian pembahasan singkat seputar 10 prospek karier untuk lulusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit. Jika kamu berminat masuk ke jurusan tersebut, BINUS UNIVERSITY bisa menjadi pilihan perguruan tinggi. Pasalnya, kampus ini menyediakan jurusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit dengan sistem pembelajaran bertaraf internasional.