BINUS UNIVERSITY

    Veronica Fenella Tandil, Internship Track Memungkinkannya Belajar Sekaligus Praktik

    Selain Community Development Track, Research Track, dan lainnya, Internship Track atau magang adalah salah satu opsi dari Enrichment Program yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa semua jurusan di BINUS UNIVERSITY, mulai dari Computer Science hingga Food Technology. 

    Program ini pulalah yang dipilih oleh Veronica Fenella Tandil—seorang BINUSIAN pada Program Studi Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication), BINUS UNIVERSITY. Selama proses menyelesaikan Internship Track, ia berkesempatan magang di sebuah agensi digital ternama Indonesia, yaitu AITINDO. 

    Selama beberapa bulan jadi mahasiswa magang di AITINDO, Veronica mendapat tanggung jawab sebagai Social Media Specialist Intern. Ia bercerita bahwa banyak poin-poin baik dan penuh manfaat yang didapatkan selama menjalani masa intership-nya, bahkan hal tersebut tidak didapatkan di kampus. 

    Nah, mau tahu detail menarik Veronica Fanella Tandil seputar Internship Track Program yang dijalaninya? Simak ceritanya berikut ini!

    Diawali dengan Kegelisahan

    Internship Track
    Sumber :Binus

    Perjalanan awal Veronica mendaftar Internship Track tidaklah mulus. Ini pula yang membuat ia sempat gelisah. 

    “Saat pertama kali mendaftar internship, saya sempat khawatir dan merasa tertinggal karena mayoritas teman-teman sekelas saya sudah mengajukan posisi magang di berbagai perusahaan, malah sebagian sudah diterima. Sementara itu, saya masih berjuang mencari posisi dan perusahaan yang mau menerima lamaran saya”, ujar Veronica mengenang masa lalu. 

    Beruntungnya, BINUS UNIVERSITY memfasilitasi kesulitan tiap mahasiswanya. Melalui Enrichment Apps yang dimiliki kampus, gadis cantik ini akhirnya mendapatkan kesempatan magang di salah satu perusahaan BINUS Partner. Inilah titik awal di mana Veronica mengenal AITINDO. 

    Pertama Kali Menekuni Dunia Kerja serta Mempunyai Job Description

    Internship Track
    Sumber :Binus

    Bergabung sebagai Social Media Specialist Intern di AITINDO adalah pengalaman profesional pertama bagi seorang Veronica di dunia kerja. Ia pun bercerita bahwa tanggung jawabnya selama magang adalah seputar proses riset konten, pembuatan caption dan copy image, perancangan aktivitas digital, pemantauan media sosial, dan pengaturan komunitas di social media. 

    Tidak dimungkiri Veronica menemukan banyak hal baru dalam kegiatan internship ini, seperti bertemu klien, kerja sama tim antardepartemen, sosialisasi rekan sejawat setelah kantor, dan sebagainya. Namun begitu, Veronica mengaku menikmati tiap kejutan baru yang didapatkannya. 

    Suka Duka Jadi Mahasiswa Magang

    Internship Track
    Sumber :Binus

    Hampir tidak ada duka yang Veronica rasakan selama magang. Pasalnya, semua rekan sejawat yang biasa ia panggil “kakak-kakak” bersikap sangat ramah, baik, dan seru. Jadi, ia merasa diperlakukan layaknya seorang karyawan tetap di sana. 

    “Hal yang paling mengesankan adalah saat saya dilibatkan dalam beberapa proyek  dan digital activity penting untuk merek-merek terkenal, seperti Philips, Decolgen, dan Insto”, lanjutnya. Saat itu, ia benar-benar mempelajari banyak konsep-konsep baru yang belum pernah ia temui di perkuliahan. 

    Veronica juga memberikan kesan positif pada manajemen perusahaan. Menurut BINUSIAN muda ini, pimpinan puncak AITINDO sangat mendukung pengembangan keterampilan, kemampuan, dan keahlian tiap karyawan sehingga ia belajar banyak hal baru tentang bagaimana konsep kepemimpinan dalam perusahaan.

    Harapan dan Target

    Setelah menyelesaikan Internship Track, Veronica menyadari masih banyak hal yang belum ia kuasai. 

    “Andai boleh memutar waktu, saya berharap dapat mempelajari social media lebih mendalam sebelum terjun ke dunia magang. Saya menemukan banyak hal asing yang tidak saya mengerti dari sosial media dan bisnis digital”, ungkap Veronica. 

    Lebih lanjut, Veronica menjelaskan kalau ia menargetkan untuk memperdalam pengetahuannya tentang berbagai platform tambahan yang bisa digunakan untuk mendukung proses strategi pemasaran media sosial. Platform tambahan ini, ia gunakan pertama kali di AITINDO. 

    Pada kesimpulannya, Veronica merasa bahwa Enrichment Program – Internship Track yang diselenggarakan oleh BINUS UNIVERSITY sangat membantu mahasiswa, khususnya tingkat akhir, untuk bersiap diri menyambut dunia kerja selepas kuliah. Ia berpesan pada para juniornya untuk tidak terlalu mengkhawatirkan program magang. “Yakinlah, awalnya gelisah, akhirnya jadi suka”, tutup BINUSIAN muda ini.