Bagi mahasiswa rantau yang berasal dari luar kota, memilih akomodasi untuk ditempati selama masa kuliah sama pentingnya dengan menentukan program studi. Beragam opsi tersedia beserta kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Beberapa pilihan yang kerap dipertimbangkan bagi akomodasi mahasiswa adalah menyewa kamar kos, tinggal di asrama atau apartemen, atau menumpang di rumah saudara yang lokasinya dekat dengan kampus.

Dari berbagai pilihan di atas, tinggal di asrama atau fasilitas akomodasi yang disediakan kampus ternyata menawarkan banyak nilai plus. Bahkan, sejumlah penelitian yang melibatkan pakar pendidikan menunjukkan bahwa mahasiswa yang tinggal di lingkungan kampus punya potensi yang lebih besar untuk sukses dalam bidang akademis maupun profesionalitas.

Binus Square
Sumber : Okezone

 

Berikut adalah beberapa keuntungan lain yang bisa kamu rasakan saat memilih asrama kampus sebagai akomodasi saat berkuliah. 

  • Mendapatkan Fasilitas yang Lengkap dan Terjamin

Tidak seperti kamar kos yang menawarkan ruangan kosong tanpa perabotan, sebagian besar asrama kampus sudah menyediakan full-furnished room agar lebih memudahkan mahasiswa yang akan tinggal di sana. Fasilitas inti yang disediakan biasanya terdiri dari tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian, hingga akses WiFi. 

Beberapa asrama kampus bahkan memberikan fasilitas tambahan berupa jasa cuci mingguan serta layanan katering harian. Dengan sederet fasilitas tersebut, kamu pun bisa merasa lebih tenang dan nyaman untuk tinggal. 

  • Menghemat Waktu dan Biaya Transportasi

Karena lokasinya yang berada dalam lingkungan kampus, tinggal di asrama tentu akan membuatmu lebih hemat waktu dan biaya. Kamu tak perlu mengeluarkan bujet berlebih untuk transportasi karena jarak antara kampus dan asrama biasanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Waktu tempuhnya pun tentu menjadi lebih singkat sehingga kamu tak perlu khawatir akan terlambat. 

  • Memperluas Jaringan Pertemanan

Saat tinggal di asrama, kamu punya kesempatan lebih besar untuk memperluas jaringan pertemanan di lingkungan kampus. Hal ini akan dirasa lebih menguntungkan pada masa-masa awal perkuliahan, terutama jika kamu berasal dari luar kota tempat kampusmu berada. Dengan tinggal bersama mahasiswa lainnya di asrama, kamu bisa mendapatkan lingkungan yang ramah dan penuh dukungan. 

  • Melatih Keterampilan Sosial

Asrama kampus bisa menjadi sarana efektif untuk bertemu dengan orang-orang baru. Setiap pengalaman yang kamu rasakan saat berinteraksi dengan penghuni asrama lainnya juga bisa dijadikan sarana belajar untuk beradaptasi serta memahami karakter dan kepribadian orang lain. Jadi, selain memperbanyak kenalan dan menciptakan jaringan, keterampilan sosial yang kamu miliki pun akan lebih terlatih. 

  • Meningkatkan Kemandirian

Tinggal di asrama tentu akan jauh berbeda dengan tinggal bersama orang tua di rumah. Meski demikian, hal ini justru dirasa lebih menguntungkan karena kamu bisa mengasah kemandirian sejak awal. Secara tidak langsung dan tanpa disadari, kamu akan mulai mengatur kegiatan harian, menyusun manajemen waktu, bahkan membuat anggaran kebutuhanmu sendiri.

  • Membuatmu Lebih Fokus Belajar

Perlu mempersiapkan ujian hingga tengah malam? Atau ingin belajar tanpa gangguan? Seluruhnya akan lebih mudah dilakukan saat menempati akomodasi yang ditawarkan kampus. Tinggal di asrama bisa membuatmu lebih fokus melakukan berbagai hal penting, terutama ketika kamu perlu waktu yang lebih banyak untuk mempelajari materi kuliah. 

  • Menawarkan Kesempatan Tinggi untuk Berorganisasi

Tak hanya dalam bidang akademis, asrama kampus juga menawarkan keuntungan bagi mahasiswa yang ingin aktif dalam organisasi maupun kegiatan kemahasiswaan. Mobilitas yang lebih mudah serta manajemen waktu yang bisa diatur sesuai keinginan akan membuatmu terampil dalam menyeimbangkan kehidupan akademis dan organisasi yang dijalani selama masa perkuliahan. 

Bagi mahasiswa BINUS UNIVERSITY, sejumlah keuntungan di atas bisa dirasakan saat memilih BINUS SQUARE sebagai pilihan akomodasi. Kamu pun akan mendapatkan keuntungan tambahan dengan bergabung bersama BINUS SQUARE Student Committee (BSSC), organisasi kemahasiswaan yang diperuntukkan khusus bagi para boarder atau penghuni akomodasi kampus BINUS. 

Berdiri sejak tahun 2010, BSSC menjadi wadah pengembangan soft skill untuk mahasiswa yang tinggal di asrama kampus. Segudang kegiatan dan keterampilan yang dibawahi UKM ini akan menciptakan pengalaman berkuliah yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk dunia akademis yang sedang dijalani maupun keahlian profesi setelah lulus nanti.