Menjadi mahasiswa jurusan komputer tentu saja membanggakan apalagi ketika kita berhasil masuk Computer Engineering BINUS UNIVERSITY. Tidak hanya karena fasilitas dan lingkungan belajar yang berkualitas, ada banyak fakta menarik tentang jurusan ini yang menjadi nilai lebih di mata para BINUSIAN.

Seperti yang kita tahu Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika beberapa dekade belakangan cukup populer di kalangan Maba. Selain karena perkembangan teknologi yang pesat, popularitas tersebut juga disebabkan oleh beberapa faktor menarik lain.

Jurusan Komputer
Sumber : Machung

 

Apa sajakah itu, berikut ulasannya!

1. Sering Disamakan dengan Teknik Informatika

Bagi yang tidak terlalu familiar, jurusan komputer kerap disamakan dengan jurusan teknik informatika. Padahal keduanya sangat berbeda meskipun mungkin alat belajar yang digunakan sama, yaitu laptop atau PC. Jika teknik informatika mempelajari ilmu pengolahan data dan pengembangan perangkat lunak, maka Ilmu Komputer berkutat pada perangkat keras dari sebuah komputer dan segala hal tentang itu.

Inilah mengapa lulusannya pun memiliki perbedaan jobdesc ketika bekerja. Lulusan TI akan selalu berhubungan dengan internet dan segala hal yang berbau digital. Sedangkan Ilmu Komputer lebih fokus pada pengembangan hardware dan software baik yang berbentuk digital maupun tidak. 

2. Belajar Tentang Virus

Virus yang dimaksud tentu saja virus komputer. Jika biasanya kita menghindari virus, di jurusan ini kamu justru akan belajar banyak hal tentang dunia pervirusan pada komputer. Mulai dari bagaimana virus dibangun, dampak apa yang ditimbulkan, hingga cara mengatasi dan membuat antivirus yang tepat.

Hal ini karena, virus termasuk salah satu “penyakit komputer” yang mempengaruhi kinerja sebuah hardware atau software. Jadi ketika mengembangkan sebuah perangkat, kita juga harus mengerti bagaimana cara menyiapkan perangkat tersebut agar mampu menghadapi “musuh-musuhnya.”

3. Prospek Kerja Menjanjikan

Seperti halnya lulusan TI, prospek kerja lulusan Ilmu Komputer cukup menjanjikan entah itu di dalam maupun luar negeri. Tenaga ahli komputer akan selalu dibutuhkan setiap lapisan, mulai dari start up, kantor pemerintahan, BUMN, industri swasta, kantor asing, hingga lembaga pendidikan. 

Selain itu ahli komputer juga memiliki tingkat upah lebih besar dibanding jurusan lain seperti Manajemen atau Akuntansi. Jadi jika kamu memilih jurusan ini ketika masuk ke BINUS UNIVERSITY, jangan khawatir akan menjadi pengangguran begitu selesai wisuda. Pasti akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian dan ilmu kita.

4. Identik dengan Jurusan IPA

Pada praktiknya, maba jurusan Ilmu Komputer tidak hanya akan belajar banyak hal tentang komputasi. Untuk memperkuat teori, mereka juga belajar berbagai ilmu eksak seperti Matematika dan Statistik. Agar bertahan sampai lulus, sudah sewajarnya apabila anak-anak yang mengambil jurusan IPA saat SMA mendaftar ke jurusan ini.

Kalaupun ada anak SMK yang berminat, biasanya mereka juga harus berasal dari jurusan TKJ (teknik komputer jaringan). Inilah mengapa saat ujian seleksi masuk universitas nasional, hanya mereka yang lulusan jurusan IPA yang diperkenankan mengambil jurusan Ilmu Komputer di universitas negeri.

5. Termasuk Jurusan Populer

Percaya atau tidak, Ilmu Komputer termasuk salah satu jurusan populer dan banyak diminati maba setiap tahunnya. Tidak heran apabila hampir semua universitas baik negeri ataupun swasta seperti BINUS UNIVERSITY memiliki jurusan ini. Prospek kerja dan gaji mungkin menjadi alasan utama.

Selain itu, segala hal yang berbau digital dan teknologi memang cukup diminati anak zaman now. Mengingat banyak sekali start up dibangun dari sekumpulan mahasiswa yang berminat pada komputer dan internet, lalu berkembang menjadi Unicorn dengan nilai kapitalisasi mencapai jutaan dolar.

Melihat ulasan di atas, rasanya tidak sulit untuk menjadi lulusan sukses jika memilih jurusan populer ini. Tapi meskipun begitu, kita juga harus memperkaya diri dengan keterampilan lain yang dapat mendukung ketika terjun di dunia kerja.

Salah satunya dengan aktif mengikuti organisasi mahasiswa seperti Student Association of Computer Engineering atau Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMTEK) BINUS UNIVERSITY.  Demikian beberapa fakta menarik tentang jurusan Ilmu Komputer. Semoga bermanfaat.