Perjalanan untuk menjadi seorang desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, dan web desainer tidak harus dimulai selepas kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV). Sebaliknya, kamu yang masih tercatat sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMDKV) BINUS UNIVERSITY pun sudah bisa memulai petualangan karier tersebut. 

Caranya? Bagikan hasil karyamu ke publik sesering mungkin. Dengan begitu, kamu mungkin saja menarik perhatian banyak orang di dunia industri seni desain sehingga mereka tertarik untuk mengontrakmu sebagai freelancer untuk bisnis mereka. 

Nah, pada prosesnya, kamu bisa memanfaatkan lima website berikut buat memajang hasil coretan tanganmu. 

Behance

Mahasiswa DKV
Sumber : Medium

 

Saat pertama kali berkunjung ke laman behance.net, kamu akan menemukan ucapan selamat datang dari tim behance berupa “Showcase your work. Find new inspiration, hand-picked just for you.” Dengan kata lain, tim pengembang menekankan bahwa laman behance adalah tempat paling tepat untuk siapa pun yang ingin memamerkan hasil karya desainnya pada orang lain sekaligus mendapatkan ribuan inspirasi keren. 

Kamu hanya perlu mendaftar menggunakan email aktif atau media sosial untuk dapat bergabung di behance. Setelahnya, kamu akan memiliki akses penuh atas fitur menarik yang ditawarkan, seperti project, like, appreciation, follow, for you, dan curated galleries. 

Menariknya lagi, behance juga mempermudah penggunanya dalam mencari referensi dengan cara menyajikan portofolio berdasarkan kategori bidang kreatif, seperti Architecture, Art Direction, Branding, Fashion, Graphic Design, Illustration, Interaction Design, Motion Graphics, dan sebagainya. 

Dribbble

Mahasiswa DKV
Sumber : Dribbble

 

Selanjutnya adalah dribbble.com—tempat semua desainer dunia mendapatkan inspirasi, umpan balik, komunitas, bahkan pekerjaan secara online. Berbeda dengan behance sebelumnya, dribbble lebih berfokus pada UI/UX website dan karya desain grafis. 

Jika ingin memublikasikan karya di laman ini, kamu harus menggunakan fitur “Shots” yang disediakan oleh pengembang. Fasilitas lain yang penting untuk dimanfaatkan dari website ini adalah “Learn Design”. Di sini, tiap pengguna bisa mencari dan mendaftarkan diri sebagai peserta seminar dan workshop menarik seputar dunia desain. 

Deviant Art

Mahasiswa DKV
Sumber : Dictio

 

Dirilis sejak tahun 2000 lalu, deviantart.com adalah media berbagi ide dan pengalaman para desainer dunia. Deviant Art bisa dibilang sebagai situs desain terlengkap karena ada banyak topik yang bisa kamu eksplorasi dari website ini, misalnya digital art, anime and manga, comics, pixel art, sculpture, fantasy, fan art, cosplay, game art, photography, science fiction, dan masih banyak lagi. 

Pengguna bisa mengakses Deviant Art secara gratis asalkan telah mendaftar. Cara join situs ini cukup mudah; kamu hanya perlu menyiapkan alamat email aktif dan data tanggal/bulan/tahun lahir. 

ArtStation

Mahasiswa DKV
Sumber : Artstation

 

Artstation.com adalah sebuah sarana sederhana, tetapi paling populer di kalangan praktisi 2D dan 3D. Tidak ayal kalau laman ini jadi salah satu website terbaik untuk pamer hasil kerja kerasmu. Siapa tahu karya yang kamu pajang bisa dilirik oleh pelaku industri desain?

Selain memajang karya, mahasiswa DKV juga bisa belajar langsung dari profesional berpengalaman mengenai topik dan tren terhangat seputar industri seni. Pasalnya, ArtStation biasanya mengadakan podcast, membedah buku seni desain, menyelenggarakan seminar atau pelatihan, memberikan tutorial, dan sebagainya. 

Dust Folio

Mahasiswa DKV
Sumber : Zona Mahasiswa

 

Opsi terakhir memberikan pengalaman berbeda dari empat website di atas karena dustfolio.com bekerja satu arah. Itu artinya kamu hanya bisa menampilkan hasil karya di situs ini tanpa bisa berkomunikasi dengan sesama desainer, baik memberikan feedback, like, komentar, ataupun tutorial. 

Meskipun demikian, dust folio cukup dikenal banyak orang di industri seni digital. Buktinya, setiap karya yang ditampilkan selalu bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu view pengguna. 

Dari kelima website tersebut, manakah yang sudah sering kamu pergunakan? Sebagai salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMDKV) BINUS UNIVERSITY, mengunjungi kelima situs tersebut pasti telah jadi rutinitas harianmu.  

Pasalnya, sesuai dengan salah satu misi HIMDKV, yaitu menyediakan wadah kreativitas mahasiswa DKV BINUS UNIVERSITY, pengurus himpunan selalu mendorong anggotanya untuk menampilkan karya mereka pada publik melalui berbagai media, termasuk kelima alamat online di atas.