Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha sukses dan memiliki bisnis beromset miliaran atau berskala multinasional? Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan semacam ini. Sayangnya, tidak semua mampu melewati proses panjang dan jatuh bangun dalam membangun sebuah bisnis.

Ya, bahkan seorang pengusaha sukses pun pasti memiliki masa surut dan perjuangan. Hal inilah yang jarang diketahui orang terutama mahasiswa sebab kebanyakan hanya melihat hasil yang ada di depan mereka. Padahal ketika menjadi mahasiswa, ada banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan.

Apalagi jika kita cukup aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti menjadi bagian dari organisasi Student Association of Mathematics atau Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) BINUS UNIVERSITY. Nah, sebagai inspirasi sekaligus motivasi, berikut ulasan tentang perjuangan 7 pengusaha sukses di Indonesia:

1. Putri Tanjung

Pengusaha Sukses
Sumber : Kompas

 

Berstatus sebagai anak dari salah satu orang terkaya di Indonesia yaitu Chairul Tanjung tidak membuat kehidupan Putri Tanjung mulus-mulus saja. Perempuan muda ini juga sempat mengalami pasang surut ketika membangun bisnis event organizer yang digelutinya.

Apalagi ketika usahanya masih berskala kecil. Putri kerap mengalami penolakan dari berbagai sponsor. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat salah satu pengusaha muda paling sukses di Indonesia ini. Kesuksesan Ayahnya sebagai pebisnis membuat Putri selalu bersemangat untuk mencapai target.

Hasilnya, usaha yang digeluti Putri sejak lulus kuliah inipun berkembang cukup pesat. Saat ini, bisnis event organizer yang dijalani gadis lulusan universitas luar negeri ini sudah memiliki banyak pelanggan dan beromset ratusan juta rupiah. 

2. Atina Maulina

Pengusaha Sukses
Sumber : Kumparan

 

Siapa yang tidak tahu Vanilla Hijab? Brand lokal untuk pakaian dan aksesori muslimah ini didirikan oleh Atina Maulina, seorang pengusaha muda Indonesia. Saat awal dirintis, Vanilla Hijab hanya mempromosikan hijab buatan sendiri melalui Instagram. Bersama Sang Kakak, Atina berusaha mengembangkan usahanya.

Perjuangan Atina tidak mudah, sempat dianggap sebelah mata dan mengalami jatuh bangun Vanilla Hijab pun melebarkan sayapnya dengan memproduksi pakaian muslim. Dalam kurun beberapa tahun saja, usaha yang dilakukan Atina dan kakaknya pun membuah hasil.

Saat ini Vanilla Hijab dikenal sebagai salah satu merek pakaian muslim terkemuka dengan omset ratusan juta. Akun Instagram Vanilla Hijab pun memiliki jutaan follower setia yang secara tidak langsung ikut serta dalam promo produk sehingga brand ini semakin besar dan terkenal.

3. Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari

Pengusaha Sukses
Sumber : Berwira Usaha

 

Nama dua pendiri MS Glow ini belakangan banyak menghiasi media sosial dan online karena produk skincare mereka dipromosikan di billboard Times Square New York. Sayangnya, tidak banyak yang tahu perjuangan dua perempuan tangguh tersebut untuk mencapai posisi mereka saat ini.

Berawal dari kerjasama yang dilakukan beberapa tahun silam, Maharani dan Shandy memulai bisnis dengan produk Cantik Skincare. Awalnya produk ini dijual dengan sistem keagenan dan dipromosikan di grup-grup WhatsApp atau Facebook. Hal ini pun sempat membuat produk mereka dipandang sebelah mata.

Setelah berganti nama dan kemasan menjadi MS Glow, bisnis Maharani dan Shandy pun berkembang semakin pesat. Saat ini, MS Glow bukan hanya produk skincare biasa. Brand kecantikan terkemuka itu sudah memiliki beberapa pabrik maklon besar, klinik kecantikan, dan produk-produk baru berkualitas dengan omset milyaran rupiah.

4. Susi Pudjiastuti

Pengusaha Sukses
Sumber : Detik

 

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini termasuk salah satu pengusaha perempuan paling sukses di Indonesia. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa perempuan kelahiran tahun 1965 ini pernah mengalami masa-masa sulit dalam kehidupannya.

Susi Pudjiastuti terpaksa berhenti sekolah sebelum lulus SMA karena keterbatasan biaya. Untuk bertahan hidup, perempuan ini pun memulai usaha sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Setelah melihat peluang di tempat tinggalnya, Pangandaran, Susi beralih ke bisnis perikanan.

Bermodalkan uang Rp750.000 hasil menjual perusahaan, setelah bertahun-tahun akhirnya perempuan ini berhasil menguasai bursa pelelangan ikan dan mengembangkan bisnisnya ke beberapa bidang lain. Saat ini, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai pemilik Susi Air salah satu maskapai yang melayani rute pedalaman dan carteran.

Itulah kisah sukses 4 pengusaha sukses asal Indonesia. Bagaimana, apa cerita di atas cukup menginspirasi terutama bagi kamu yang menjadi bagian dari Mahasiswa Matematika (HIMMAT) BINUS UNIVERSITY?