Sebelum resmi menyandang gelar sarjana, seluruh mahasiswa BINUS UNIVERSITY dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya melalui Enrichment Program. Salah satu bagian dari program unggulan ini adalah Internship Track, yakni aktivitas magang di berbagai perusahaan. Program Internship dapat diikuti oleh mahasiswa yang tengah menjalani studinya di tingkat akhir. 

Gabriella Theresa adalah salah satu mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang sudah merasakan serunya menjadi seorang intern. Mahasiswi Marketing Communication BINUS @Kemanggisan ini berkesempatan untuk menempati posisi content writer dalam program internship yang ditawarkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Direktorat Digital Business (DDB Telkom). Bagaimana suka duka dan pengalaman serunya? Yuk, cari tahu!

Kegiatan Kerja Selama Magang

Internship
Sumber :Binus

Kesempatan untuk magang di DDB Telkom sebagai content writer bisa didapatkan Gabriella dengan cukup mudah. Dalam masa magangnya, ia ditugaskan untuk menulis dua artikel per minggu dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, Gabriella juga bertanggung jawab membuat review konten YouTube terkait Customer Experience

Hampir seluruh kegiatan kerja saat masa Internship dilakukan secara online dan virtual akibat pembatasan sosial yang diterapkan di tengah pandemi. Meski demikian, Gabriella tetap dapat merasakan serunya lingkungan kerja serta asyiknya berinteraksi berasama rekan sesama intern maupun karyawan tetap di perusahaan tempatnya magang. Sosialisasi yang hanya sebatas chat atau virtual meeting ternyata tidak mengurangi jalinan keakraban mereka.

Ketika pembatasan sosial akhirnya dilonggarkan, Gabriella mengaku senang dan terkesan bisa bekerja langsung di kantor Telkom Indonesia. Saat merasakan pergi ke kantor dan terlibat dalam berbagai acara perusahaan untuk pertama kalinya adalah pengalaman yang tidak akan ia lupakan.  

Suka Dukanya

Bagi Gabriella, bergabung sebagai intern dalam tim CX DDB Telkom Indonesia lebih banyak meninggalkan kesan menyenangkan. Ia bisa belajar banyak hal, mendapatkan segudang pengalaman, serta memiliki kesempatan luas untuk mengembangkan ilmu yang ia peroleh selama kuliah. Gabriella pun merasa senang karena bisa berinteraksi dengan banyak teman baru sekaligus meningkatkan ilmu dan keterampilannya di bidang teknologi digital.

Namun, di waktu-waktu tertentu, posisinya sebagai content writer mendatangkan tantangan tersendiri. Terkadang ia mengalami writer’s block sehingga cukup kesulitan untuk menemukan, mengembangkan, dan menuangkan ide-ide ke dalam tulisan. Menurutnya, hal ini diakibatkan oleh banyak gangguan yang ia rasakan ketika harus bekerja dari rumah. 

Kesulitan tersebut ia jadikan sebagai pelajaran dan motivasi untuk bisa meningkatkan potensi dirinya. Gabriella bahkan berharap bisa mempelajari prinsip dan konsep penulisan yang lebih mendalam sebagai bekal untuk menjadi content writer profesional di masa mendatang. 

Ilmu dan Pengalaman yang Didapatkan

Sederet ilmu dan pengalaman baru didapatkan Gabriella selama masa internship. Salah satu pengalaman paling berkesan adalah keterlibatannya dalam acara-acara unggulan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Di sana, ia bisa bertemu dan berinteraksi dengan sejumlah tokoh masyarakat yang diundang sebagai pembicara. Topik-topik pembicaraan yang diangkat pun dianggapnya penuh makna dan menambah wawasan. 

Selain itu, Gabriella juga terlibat dalam proses pengembangan situs web perusahaan. Sesuai posisi magang yang dijalankannya, ia bertugas untuk mengisi website tersebut dengan konten-konten terbaik dalam ranah Customer Experience.  

Yang tak kalah menarik dari pengalaman magangnya adalah pemahaman baru Gabriella tentang kultur kerja di perusahaan. Ia merasa beruntung bisa bergabung dalam budaya kerja yang suportif sehingga baik intern maupun pegawai full-time tetap bisa menjalin hubungan baik dan saling menghargai. 

Dari berbagai pengalaman tersebut, Gabriella menyadari jika budaya kerja di perusahaan itu menyenangkan dan tidak sesulit yang ia bayangkan sebelumnya. Bahkan, ia bisa lebih mengembangkan ilmu dan keterampilan baru di luar bangku kuliah. Ia kini merasa lebih mudah untuk dapat beradaptasi dalam berbagai situasi, memahami orang-orang baru yang bahkan belum pernah bertemu, serta mendalami ilmu mengenai teknologi digital.  

Menurut Gabriella, program Internship yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY membuka banyak kesempatan baginya untuk mengembangkan diri. Program ini berperan besar dalam meningkatkan pengalaman kerja yang akan berguna di kemudian hari setelah ia lulus nanti.