Setiap periode tertentu, sejumlah lembaga pemerintahan membuka kesempatan magang untuk mahasiswa dari berbagai universitas dalam negeri. Bank Indonesia termasuk salah satu lembaga negara yang menawarkan kesempatan ini. Ghina Adillah, mahasiswi Marketing Communication BINUS UNIVERSITY, berkesempatan menjalani masa magangnya di Departemen Komunikasi lembaga tersebut. Yuk, simak pengalaman menariknya!

Jabatan Magang dan Kegiatan Kerja

Internship
Sumber :Binus

Saat memasuki semester ketujuh di masa perkuliahannya, Ghina Adillah memutuskan untuk mengambil program Internship dari lima pilihan Enrichment Program yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY. Tak tanggung-tanggung, ia menempati posisi magang sebagai Internal Relation di Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Bagi Ghina, proses mendapatkan kesempatan internship ini terbilang mudah karena jauh sebelum program Enrichment dimulai, ia sudah menyiapkan lamaran ke berbagai perusahaan, termasuk lembaga pemerintahan seperti Bank Indonesia. Saat mendapatkan posisi sebagai Internal Relation di lembaga tersebut, tugas utamanya adalah membina hubungan internal perusahaan, dari karyawan hingga Deputi Gubernur. 

Rapat internal, forum diskusi, serta berbagai webinar menjadi agenda sehari-hari Ghina selama menjalani masa magangnya. Ia pun berkesempatan untuk mengundang narasumber internal maupun eksternal, termasuk menjalin komunikasi dan hubungan kerja dengan sejumlah public figure ternama.

Selain itu, Ghina juga bertanggung jawab melakukan social media monitoring sebagai bagian dari program Ambassador Internal Bank Indonesia bertajuk Sobat Digital. Melalui program ini, ia aktif mengadakan kelas khusus yang membahas peran lembaga bank di media sosial bersama para duta Bank Indonesia.  

Suka Dukanya

Ghina Adillah mengaku bahwa ia sangat menyukai masa internship yang dijalaninya karena tugas yang harus ia kerjakan sesuai dengan latar belakang keilmuan yang sudah dipelajari. Dengan begitu, ia memiliki kesempatan lebih besar untuk menerapkan teori perkuliahan yang didapatkan sebelumnya.

Awalnya, Ghina berpikir bahwa kegiatan kerja di lembaga pemerintahan akan cenderung kaku dan monoton. Namun, kenyataan di lapangan ternyata melenceng dari ekspektasinya. Lingkungan di Departemen Komunikasi Bank Indonesia jauh lebih terbuka sehingga membuatnya nyaman bekerja maupun memetik pengalaman dari staf dan pegawai tetap yang mendampinginya.   

Meski demikian, bukan berarti pengalaman kerjanya bebas dari kendala. Lembaga negara seperti Bank Indonesia tentu menuntut pekerjanya untuk bisa menyelesaikan sederet tugas dalam waktu yang singkat. Hal ini pula yang dirasakan oleh Ghina. Ia sempat merasa kesulitan karena harus memiliki multitasking skill yang tinggi sekaligus mengatur manajemen waktu secara mumpuni. Untungnya, kesulitan tersebut bisa diatasi sedikit demi sedikit setelah ia mulai terbiasa. 

Pengalaman Paling Berkesan

Tugas yang harus dijalankan Ghina selama magang meliputi komunikasi dan negosiasi bersama narasumber, memilih merchandising vendor, serta melakukan social media monitoring pada salah satu program Bank Indonesia. 

Siapa sangka, tugas-tugas tersebut ternyata memberikan segudang pengalaman menarik bagi mahasiswi BINUS UNIVERSITY ini. Salah satu pengalaman magang paling berkesan adalah ketika ia terlibat dalam acara peringatan Hari Kartini. Departemen Komunikasi Bank Indonesia tempatnya bekerja mengadakan Festival Kartini yang diikuti oleh pegawai perempuan serta para istri pegawai Bank Indonesia. 

Sebagai bagian dari acara tersebut, Bank Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Prestasi Generasi Penerus Kartini.” Webinar ini menghadirkan deretan pegawai perempuan yang penuh prestasi sekaligus mengundang atlet senior Susi Susanti dan aktris Raline Shah sebagai sebagai narasumbernya. Ghina pun berkesempatan untuk terlibat dalam mengatur jalannya acara, termasuk berkomunikasi dengan narasumber yang diundang. 

Di balik sederet agenda dan kesibukan yang harus dijalaninya, masa internship di lembaga pemerintahan membuat Ghina menyadari hal penting lainnya. Selama mengikuti Enrichment Program ini, ia menemukan tiga keterampilan yang wajib dimiliki saat terjun ke dunia kerja yang sebenarnya, terutama di lembaga negara seperti Bank Indonesia. Ketiga soft skill tersebut meliputi Networking, Negotiation Skill, dan Communication Skill. Kemampuan public speaking pun menjadi hal yang tidak kalah penting. 

Menurut Ghina, kesempatan untuk bisa magang di Bank Indonesia adalah pengalaman luar biasa. Dari pengalamannya ini, ia bisa belajar menerapkan ilmu yang sudah dipelajari sekaligus berinteraksi dengan rekan kerja yang lebih profesional. Bekerja di lembaga bergengsi dalam gedung perkantoran yang nyaman juga menjadi nilai plus yang membuat pengalamannya kian menyenangkan.