Masa muda merupakan periode hidup yang penuh dengan dinamika. Kamu yang tengah berada pada fase ini mungkin memiliki rasa dan pengalaman tersendiri untuk segala hal, termasuk kepercayaan kepada Tuhan. Namun, terlepas dari pengalaman spiritual yang berbeda-beda bagi setiap orang, masa mudamu adalah masa-masa terbaik untuk mempertebal keimanan dan meningkatkan pelayanan. 

Katolik
Sumber : Katolik News

 

Salah satu kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah berkumpul bersama kaum muda lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama. Untuk itu, perkumpulan Orang Muda Katolik (OMK) bisa dijadikan pilihan utama. Berikut adalah beberapa manfaat dan keseruan yang dapat kamu rasakan saat berpartisipasi dalam kegiatan organisasi ini.

  • Berkumpul dengan Saudara Seiman

OMK menjadi ajang perkumpulan yang bisa kamu manfaatkan untuk mempererat persahabatan dan menguatkan kebersamaan bersama saudara seiman. Kerja sama serta kesetiakawanan adalah beberapa nilai yang dapat terus dirasakan saat kamu aktif dalam mengadakan berbagai kegiatan bersama OMK.

Di dalam setiap prosesnya, kamu bisa terus belajar untuk memahami, mengasihi, serta melayani Tuhan dan sesama. Kerinduan akan kasih Tuhan pun akan terobati ketika kamu dan teman-teman dalam satu organisasi ini terlibat dalam segudang agenda bermakna, seperti adorasi, rosario, atau misa bersama. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menghabiskan kesepian sendiri karena teman dan saudara seiman di OMK akan selalu ada bagimu. 

  • Melayani Gereja dengan Lebih Maksimal

Orang muda yang beriman tentu memiliki kerinduan dan keinginan tersendiri untuk bisa melayani gereja dengan maksimal. Tujuan ini bisa tercapai lebih mudah jika kamu melakukannya bersama teman-teman dalam satu perkumpulan. Kamu akan punya kesempatan lebih besar untuk ikut melibatkan diri dalam berbagai acara keagamaan. Beberapa di antaranya adalah menjadi koordinator atau pemazmur di bagian liturgi maupun menjadi koordinator insidental saat perayaan besar seperti Natal atau Paskah. 

Selain kegiatan di dalam ruang lingkup gereja, kamu pun bisa turut menyebarkan kasih Tuhan dengan terlibat dalam berbagai aksi sosial seperti penggalangan dana. Jika kamu merasa sebagai orang muda yang hatinya telah terpanggil untuk melayani, bergabung bersama perkumpulan OMK adalah pilihan terbaik. 

  • Mengembangkan Potensi dan Kemampuan Diri

Di OMK, kamu tidak hanya berkembang bersama kelompok, tetapi juga mampu mengembangkan potensi dan kemampuan diri sendiri. Umumnya, paroki masing-masing gereja yang membawahi anak-anak muda kerap mengadakan berbagai macam pelatihan, dari mulai pelatihan public speaking hingga pembinaan kepemimpinan dan berorganisasi. 

Beruntungnya lagi, seluruh pelatihan tersebut dilakukan dengan menonjolkan ciri khas Katolik. Jadi, kamu tetap bisa memasukkan nilai-nilai keimanan pada setiap aktivitas di dalam maupun di luar gereja. Selain itu, ilmu dan keterampilan yang kamu dapatkan setelah mengikuti pelatihan tersebut juga bisa diterapkan di lingkunganmu yang lebih luas seperti lingkungan akademis atau lingkungan tempat tinggal. 

  • Mendalami Iman dan Kerohanian

Yang tak boleh dilewatkan dari sederet kegiatan bersama OMK adalah pendalaman iman dan kerohanian. Dengan bergabung bersama perkumpulan ini, kamu akan mendapatkan ilmu yang lebih dalam mengenai keimanan Katolik, termasuk pentingnya pertobatan serta menjalankan misa pada waktu-waktu tertentu.

Pengetahuan keimanan adalah modal penting untuk menjalani kehidupan di mana pun kamu berada. Saat mempertebal keimanan bersama saudara-saudara dalam satu perkumpulan, kamu diharapkan bisa selalu mengingat dan menemukan Tuhan dalam semua aspek kehidupan. Dengan begitu, kekudusan dalam aktivitas sehari-harimu akan lebih mudah untuk dicapai. 

Ketika mengikuti sederet kegiatan positif bersama Orang Muda Katolik, kamu pun bisa memotivasi diri untuk menjadi generasi muda yang beriman dan mampu memberi pelayanan terbaik kepada Tuhan. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu sarana terbaik yang dapat membantu generasi muda kristiani untuk mencapai tujuan ini.

KMK tak hanya memberikan pelayanan dari segi penguatan iman dan kepedulian. Organisasi kemahasiswaan ini juga bertujuan untuk membantumu menyalurkan potensi dan keterampilan dalam berorganisasi. Dengan begitu, masa mudamu akan menjadi masa-masa gemilang yang menciptakan versi terbaik dirimu dari sekarang hingga masa mendatang.