Berbicara mengenai Jurusan Teknik Industri, kamu pasti setuju kalau program studi ini termasuk salah satu bidang terberat dan paling rumit untuk dikuasai. Sebab itulah, banyak dari mahasiswanya lebih memilih untuk fokus belajar daripada menyibukkan diri dengan kegiatan tambahan positif lainnya. 

Akan tetapi, hal ini sebenarnya bukanlah sebuah langkah tepat. Pasalnya, tugas seorang mahasiswa sejatinya bukan hanya di bangku kuliah saja, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial ke masyarakat dan kewajiban dalam proses pengembangan diri pribadi. 

Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY selalu mendorong BINUSIAN Jurusan Teknik Industri untuk terus berperan aktif dalam berbagai aktivitas positif selain perkuliahan. Beberapa contohnya adalah bergabung jadi anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI), sukarelawan di sebuah komunitas, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan sebagainya.

Teknik Industri
Sumber : Algand

 

Ingin tahu lebih lanjut? Simak info selengkapnya!

 

Aktif dalam Penelitian 

Meneliti tidak harus menunggu skripsi di semester akhir. Kamu bisa ambil bagian sebagai anggota peneliti pada proyek-proyek tulisan ilmiah dosenmu. Sebagai mahasiswa, kamu pasti akan memperoleh banyak keuntungan. Selain mendapatkan ilmu tentang bagaimana merancang, melaksanakan, dan melaporkan penelitian, kamu juga akan makin dikenal oleh dosen-dosen kelasmu. 

 

Asyiknya lagi, mahasiswa yang aktif dalam kegiatan penelitian dijamin tidak akan mengalami kesulitan berarti saat harus menyelesaikan skripsi di tingkat akhir nanti. Pasalnya, kamu telah terbiasa dengan skema penulisan karya ilmiah. 

 

Ikut Ragam Kompetisi

Pernah dengar peribahasa “bagai katak dalam tempurung”, bukan? 

 

Sebab itu, kamu harus membuka diri, wawasan, dan pandangan terhadap dunia melalui berbagai kompetisi, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Makin sering kamu berlaga di sebuah perlombaan, makin terbuka pemikiranmu terhadap persaingan industri kerja global yang menanti di masa mendatang. 

 

Beberapa event bergengsi Teknik Industri yang bisa kamu ikuti adalah Industrial Challenge (INCHALL), Industrial Engineering Competition (IECOM), International Logistics Competition and Seminar (ILOCOS), dan sebagainya. 

 

Tidak melulu tentang kompetisi sesuai jurusan, kamu juga bisa mengikuti lomba-lomba yang sesuai dengan bakat dan minatmu, seperti menulis, bernyanyi, olahraga, dan lainnya. 

 

Turut Andil sebagai Volunteer Kegiatan Sosial

Indikator keberhasilan seorang manusia adalah sukses memberdayakan orang-orang di sekelilingnya. Nah, meski masih berstatus mahasiswa, kamu tetap bisa ambil bagian untuk jadi bermanfaat bagi banyak orang. Caranya? Bergabunglah sebagai sukarelawan di berbagai kegiatan sosial. Lalu, sebarkan keahlian dan kemampuan yang kamu miliki pada target komunitas. 

 

Sejatinya, ada banyak wadah volunteer yang membutuhkan tenaga-tenaga muda seperti kamu. Salah satunya adalah Teach for Indonesia Student Committee (TFISC). Bila ingin tahu lebih lanjut, kunjungi saja website-nya. 

 

Gabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Aktivitas selanjutnya adalah aktif dalam berbagai kegiatan UKM. Kembangkan minat dan bakat terpendammu melalui unit-unit kegiatan ini. Jika merasa jenuh dengan hal-hal berbau teknik, kamu mungkin bisa mempertimbangkan UKM bidang seni, olahraga, bahasa, keagamaan, dan sebagainya. 

 

Di BINUS UNIVERSITY sendiri, para BINUSIAN bebas memilih UKM yang ingin digelutinya, misal BNTC (BINA NUSANTARA Tenis Club), BNEC (BINA NUSANTARA English Club), dan BINUS TV Club. 

 

Jadi Bagian dari Himpunan Kemahasiswaan

Berbeda dengan UKM di atas, himpunan kemahasiswaan lebih menjurus pada kelompok orang dengan kesamaan latar program studi. Dalam hal ini, mahasiswa dinaungi oleh HIMTRI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri). 

 

Berdasarkan testimoni dari anggota HIMTRI BINUS UNIVERSITY, ada banyak keuntungan yang didapatkan. Pertama adalah memperoleh lingkar pertemanan baru karena HIMTRI bukan hanya diisi oleh teman sekelas saja, tetapi juga kakak dan adik tingkat. Kedua, kamu dapat mempelajari ilmu kepemimpinan secara tidak langsung saat aktif dalam himpunan kemahasiswaan. Selain itu, mahasiswa juga menggambarkan bahwa HIMTRI membantu mereka dalam hal keahlian manajemen waktu. 

 

Pada intinya, menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri BINUS UNIVERSITY sudah pasti akan mendatangkan hal-hal positif bagi pesertanya.

 

Itulah tadi lima kegiatan wajib bagi seorang mahasiswa Jurusan Teknik Industri selain menerima pelajaran di kelas.