Kupu-kupu merupakan istilah untuk menyebut mahasiswa yang hanya bisa “kuliah pulang – kuliah pulang” tanpa mengikuti kegiatan kemahasiswaan tambahan seperti organisasi kampus dan UKM. Mahasiswa semacam ini kerap dicap sebagai orang-orang yang melewatkan kesempatan emas untuk berkembang.

Bahkan ada yang menganggap mahasiswa kupu-kupu tidak akan sukses karena selama kuliah keterampilan sosial dan keorganisasian mereka tidak diasah. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, tidak juga salah. Karena ukuran sukses tidaknya seseorang bukan dilihat dari aktif tidaknya mereka pada organisasi kemahasiswaan selama kuliah. 

Mahasiswa Kupu-Kupu
Sumber : Ajo Piaman

 

Ada banyak faktor lain yang bisa dijadikan penentu kesuksesan seseorang. Jadi jika kamu termasuk mahasiswa “kurang aktif,” jangan khawatir. Ada beberapa tip dari para senior agar ketika lulus nanti bisa tetap sukses, di antaranya:

1. Ikuti Program Magang atau Kerja Part Time

Begitu mendekati masa kelulusan biasanya waktu kita lebih luang. Daripada di rumah dan tidak mengerjakan apa-apa, manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengikuti program magang atau bekerja part time. Informasi tentang ini bisa kamu lihat di internet atau buletin board milik organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSISFO) BINUS UNIVERSITY.

Meskipun program magang atau kerja part time yang dilakukan tidak sesuai dengan jurusan, paling tidak kita bisa membangun relasi baru dan memperluas jaringan. Selain itu kita juga bisa melatih keterampilan, sikap tanggung jawab, komitmen, serta kerja sama sehingga nanti ketika benar-benar terjun di dunia kerja kita sangat siap. 

2. Ikuti Berbagai Lomba 

Untuk mahasiswa baru yang tidak terlalu tertarik dengan kegiatan kemahasiswaan atau UKM, jangan khawatir. Image mahasiswa kupu-kupu yang tidak akan pernah sukses bisa ditepis dengan mengikuti berbagai lomba atau kompetisi. Lomba semacam ini tidak hanya akan memberikan hadiah yang diinginkan tetapi juga memperkaya pengalaman.

Mengikuti kompetisi baik tingkat lokal ataupun luar kampus juga bisa memperkaya pengalaman sehingga ketika lulus nanti, mental kompetitif dan kerja keras kita sudah terasah dengan baik. Kita juga akan terbiasa melakukan segala sesuatu secara maksimal untuk mencapai target yang diinginkan.

3. Apply Beasiswa

Fokus pada akademik tanpa terganggu dengan kegiatan organisasi bisa menjadi poin plus mahasiswa kupu-kupu dibanding rekan kampus lainnya. Manfaatkan kelebihan ini untuk mendapatkan beasiswa. Selain dapat membantu orang tua menghemat biaya kuliah, program beasiswa juga bisa memotivasi kita untuk belajar lebih giat.

Sikap giat ini jelas dibutuhkan jika kita menjadi karyawan nanti. Tidak hanya itu, mendapatkan beasiswa juga dapat membantu kita meraih pendidikan lebih tinggi sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar pula.

4. Ikuti Kursus atau Pelatihan

Selain pengetahuan akademik, kita juga butuh skill untuk bisa bertahan di dunia kerja. Jadi daripada bengong di rumah, mahasiswa kupu-kupu bisa mengisi waktu luang dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan. Agar tidak mudah bosan, pilihlah yang sesuai dengan minat.

Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga akan memperkaya kualitas diri. Apalagi jika kursus yang diikuti mengeluarkan sertifikat resmi. Sertifikat tersebut bisa kita sertakan saat melamar kerja sehingga kesempatan untuk mendapat posisi yang diinginkan lebih besar.

5. Menjadi Pebisnis

Tidak selamanya menjadi mahasiswa kupu-kupu disebabkan karena rasa malas mengikuti kegiatan organisasi seperti Student Association of Informatics management atau Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSISFO) BINUS UNIVERSITY, beberapa justru sibuk karena memiliki bisnis sendiri.

Jadi bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa kupu-kupu jangan ragu untuk memanfaatkan waktu luang dengan membuka lapangan kerja sendiri. Kita bisa membuka bisnis kecil-kecilan sendiri atau bekerja sama dengan orang lain. Apabila ditekuni, bukan tidak mungkin bisnis akan berkembang pesat sehingga nantinya kita tidak perlu lagi capek-capek cari kerja.

Jadi, apa kamu termasuk mahasiswa kupu-kupu? Semoga tips di atas bermanfaat, alam sukses!