Suka main basket? Pasti kamu tahu kalau cedera lutut adalah salah satu kondisi yang paling sering terjadi pada pemain basket. Berbagai gerakan pada permainan basket seperti melompat, berlari cepat, mengubah rute lari secara mendadak, dan terjatuh berisiko menciptakan nyeri sendi lutut, ligamen robek, dan berbagai cedera lain.

Basket
Sumber : Main Basket

 

Jika kamu penggemar basket, lututmu pasti akan menghadapi risiko cedera. Satu-satunya solusi adalah memastikan lututmu berada dalam kondisi optimal sambil menurunkan faktor risiko cedera. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  • Lakukan Peregangan Dinamis dan Pasif

Lutut yang fleksibel berisiko lebih rendah mengalami cedera. Salah satu cara meningkatkan fleksibilitas adalah melakukan peregangan. Akan tetapi, pastikan kamu tahu kapan harus melakukan peregangan dinamis, dan kapan melakukan yang pasif.

Peregangan dinamis seperti menaruh satu kaki di depan lalu menekuk lutut hingga posisi tubuh lebih rendah cocok untuk dilakukan sebelum pertandingan. Selain meniru pergerakan saat bertanding, peregangan dinamis juga membantu meningkatkan suhu tubuh dan menyiapkan dirimu untuk berolahraga.

Sebaliknya, peregangan pasif meliputi gerakan-gerakan peregangan yang dilakukan dalam posisi diam, menahan pergerakan selama 15 hingga 30 detik. Peregangan ini cocok dilakukan setelah berolahraga karena membantu “memperpanjang” otot.

  • Lakukan Pemanasan yang Cukup

Pemanasan adalah kunci sendi yang sehat dan tidak mudah cedera, termasuk lutut. Kamu bisa melakukan pemanasan seperti jalan di tempat, lari kecil, jumping jack, dan sebagainya. Pemanasan sebaiknya berlangsung selama sekitar 5 menit sebelum kamu memulai peregangan dinamis. 

Dengan pemanasan, ototmu tidak hanya lebih lentur dan siap berolahraga. Suhu tubuhmu juga meningkat dan kamu lebih siap untuk bertanding.

  • Cegah Dehidrasi

Pastikan kamu minum cukup air sebelum bertanding agar tidak dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan air, aliran darah ke lutut jadi terhambat. Lututmu pun akan lebih rentan terhadap cedera daripada jika kamu minum cukup air. Jangan lupa minum 1 liter air sekitar dua jam sebelum bertanding, dan minum setengah jumlah tersebut 30 menit sebelumnya.

Ketika bertanding, kamu bisa menggunakan waktu rehat sejenak untuk minum. Jilka kepalamu mulai pusing atau langkahmu sedikit tidak seimbang bahkan oleng selama bertanding, pastikan berhenti karena itu mungkin gejala dehidrasi.

  • Lakukan Latihan Tambahan untuk Fleksibilitas

Beberapa jenis latihan atau olahraga di luar lapangan cocok untuk melatih sendi dan meningkatkan fleksibilitas. Kamu bisa mencoba berenang, yoga, atau sepeda statis. Ketiga latihan ini tidak terlalu membebani lutut tetapi tetap membuatmu aktif. Melakukan olahraga yang tidak terlalu membebani lutut juga memberi variasi terhadap rutinitan olah fisikmu.

  • Istirahat Cukup

Pastikan kamu beristirahat dan tidur cukup sebelum bertanding atau bermain basket secara intens. Jika kamu kurang tidur, kamu akan mudah kehilangan keseimbangan, pusing, oleng, terpeleset, dan sederet kecerobohan lain selama bertanding. Hal ini bisa menyebabkan cedera lutut atau anggota tubuh lain.

  • Gunakan Aksesori Pendukung yang Tepat

Jaga kondisi lututmu dengan mengenakan pelindung lutut (ankle brace), kaus kaki olahraga, dan sepatu basket yang nyaman. Aksesori ini membuat kakimu mampu bermanuver secara maksimal sekaligus nyaman.

  • Hindari Memaksakan Diri

Akhirnya, pastikan kamu mendengarkan tubuhmu. Ketika kamu mulai merasakan nyeri saat berlatih atau bertanding, jangan memaksakan diri. Berhenti dan periksakan lututmu agar tidak terlanjur mengalami cedera berat.

Setelah kamu tahu cara mencegah cedera lutut, saatnya menjajal kemampuanmu. BINUS UNIVERSITY memiliki UKM Basket, cocok untukmu yang ingin main secara kasual maupun untuk bertanding. Selain berlatih, kamu bisa mengikuti berbagai acara keakraban serta ajang pertandingan mewakili kampus jika memang memiliki potensi. 

Basket adalah olahraga intens yang memaksa lutut bekerja keras, sehingga rawan cedera. Pastikan kamu mengikuti semua tips di atas untuk menghindari cedera lutut, dan siapkan dirimu untuk tantangan aktivitas UKM Basket di BINUS UNIVERSITY demi menuangkan minat serta bakatmu.