Lebih akrab dengan sebutan “kungfu”, wushu adalah olahraga yang termasuk cabang seni bela diri yang berasal dari Tiongkok. Gerakannya begitu luwes, seperti seseorang sedang menari menggunakan alat yang mirip dengan pedang. Seperti olahraga bela diri lain, wushu juga diajarkan untuk melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan.

Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa wushu ternyata menjadi jenis kegiatan yang sangat baik untuk olah napas dan ketahanan serta kekuatan tubuh. Selama ini, masih ada orang yang mengira bahwa seni bela diri atau martial arts erat kaitannya dengan gerakan fisik yang mengarah pada kekerasan. Namun, saat berlatih wushu, kamu tak hanya belajar bagaimana melindungi diri, tetapi juga belajar memahami seninya, manfaat kesehatannya, hingga efeknya untuk mental. 

Wushu
Sumber : Okezone

 

Berbagai Manfaat Wushu untuk Kesehatan

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapat dengan rutin berlatih wushu? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Membantu Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Saat berlatih wushu, kamu akan melakukan banyak sekali gerakan yang bisa meningkatkan kekuatan otot kaki dan inti tubuh lainnya, seperti punggung bagian bawah dan perut. Kamu juga akan diajarkan untuk menahan gerakan selama beberapa saat yang ternyata sangat berguna untuk meningkatkan kestabilan dan kekuatan otot. 

Tak hanya itu, dengan berlatih menggunakan senjata seperti tongkat kayu atau pedang, manfaat yang kamu dapatkan akan sama seperti saat berlatih angkat beban. Gerakan-gerakannya akan membantu membangun kekuatan punggung dan lengan. Bahkan, katanya, orang-orang yang rajin berlatih wushu akan memiliki otot yang luwes seperti layaknya seorang penari. 

  • Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan berlatih wushu adalah kelenturan tubuh. Otot betis, paha bagian belakang, punggung, dada, pinggul, bahu, dan lengan menjadi beberapa anggota tubuh yang bisa kamu rasakan kelenturannya. Bahkan, pergelangan kaki dan tangan pun akan memiliki peregangan yang lebih baik. 

Fleksibilitas atau kelenturan tubuh memang akan mengalami penurunan seiring dengan usia yang semakin bertambah. Meski begitu, bagi orang yang rutin berlatih wushu setidaknya selama dua tahun akan tetap mampu melakukan gerakan split depan sepenuhnya, lho!

  • Membentuk Keseimbangan Tubuh yang Lebih Baik

Hal penting lain yang turut dipelajari dalam seni bela diri wushu yaitu keseimbangan. Guna meningkatkan keseimbangan, kamu akan dilatih berdiri menggunakan satu kaki atau mempelajari cara mendapatkan tumpuan inti tubuh. Jadi, saat melakukan salah satu gerakan yang cukup cepat, tubuh kamu tidak akan kehilangan keseimbangan. Bahkan, setelah belajar wushu, bisa jadi kamu akan jarang terjatuh. 

  • Latihan Koordinasi

Koordinasi antara mata dan tangan menjadi hal penting yang ternyata tanpa disadari sudah kamu latih sejak kecil. Khusus untuk anak, berlatih wushu sejak dini akan meningkatkan koordinasi antara kedua bagian tubuh tersebut. Namun, orang dewasa juga bisa mendapatkan manfaat yang sama, kok. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk belajar. 

  • Menambah Stamina

Stamina pada tubuh tak sekadar seberapa kuat fisikmu untuk bisa melakukan olahraga dalam waktu lama. Stamina juga menunjukkan seberapa kuat pikiran kamu untuk bisa bertahan saat berada di bawah tekanan tanpa goyah. Jika dikaitkan dengan seni bela diri wushu, tubuh dan pikiran kamu akan mampu menyesuaikan dengan intensitas kamu berlatih. Tak hanya itu, kamu pun akan lebih mampu bertahan karena tubuh dan pikiran telah terkoordinasi hingga bisa lebih mudah saat melakukan berbagai gerakan sulit. 

Nah, itu tadi lima manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan berlatih wushu secara rutin. Kalau ingin membuktikannya, kamu bisa bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wushu BINUS UNIVERSITY. Tak hanya mendapatkan manfaat untuk fisik dan kesehatan mental, bergabung dengan UKM wushu BINUS UNIVERSITY juga memberikan kamu kesempatan besar untuk mengukir prestasi, baik di skala nasional maupun internasional.