Dengan semakin maraknya teknologi digital dan media sosial, radio tidak lagi menjadi pilihan utama orang-orang untuk mencari hiburan. Meski demikian, masih banyak lho audiens yang mendengarkan radio untuk sekadar menikmati musik atau menyimak berita. Maka, wajar saja industri radio masih terus berjalan dan peluang karier di radio pun masih diminati. 

Profesi
Sumber : Gpib

 

Lantas, apa saja sih profesi yang diperlukan di stasiun radio? Simak 6 profesi keren berikut ini dan peran mereka dalam dunia broadcasting. 

  • Announcer

Ini dia profesi yang kita semua tahu, announcer atau presenter radio adalah mereka yang bertugas membawakan acara-acara di radio. Skill paling penting yang harus dikuasai seorang announcer adalah kemampuan berbahasa secara lisan. 

Dalam praktiknya, tentu saja ada sederetan skill lain yang diperlukan. Penyiar radio dituntut untuk berbicara dengan artikulasi yang jelas. Yang tak kalah penting, penyiar radio harus bisa berbicara dengan lugas tanpa berbelit-belit.

Selanjutnya, karena bertugas menemani pendengar, penyiar radio harus terdengar ceria dan menyenangkan. Jadi, penyiar radio harus menguasai penggunaan intonasi dengan baik, kapan menggunakan nada tinggi, rendah, maupun penekanan. 

  • Produser Radio

Seorang produser bisa dibilang sebagai mesin penggerak dalam suatu program radio. Produser terlibat dalam keseluruhan proses pembuatan program radio dari awal hingga akhir. Mulai dari melakukan riset untuk menemukan ide baru, meninjau respons audiens terhadap konten program yang disiarkan, hingga evaluasi kinerja announcer

Dalam kesehariannya, produser berkoordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam siaran radio, tak terkecuali bintang tamu dan teknisi. Mengemban tanggung jawab yang berat ini, produser radio harus mampu memahami demografi pendengar, bisa bekerja dengan tenang di bawah tekanan deadline, kreatif mencari ide-ide baru, serta komunikatif dan memiliki jiwa kepemimpinan. 

  • Penulis naskah

Profesi satu ini cocok buatmu yang punya kemampuan menulis dan menyukai jurnalisme. Penulis naskah bertugas menyusun materi siaran. Bentuknya bisa berupa reportase, adlibs, breaking news, dan sebagainya. Dalam melaksanakan tugasnya, penulis juga bekerja sama dengan koordinator produksi.

  • Operator

Seorang operator bertanggungjawab mempersiapkan serta mengoperasikan keseluruhan peralatan teknis radio, mulai dari peralatan studio siar, antena, dan sebagainya. Operator radio juga bekerja sama dengan teknisi dan mengecek penggunaan keseluruhan peralatan teknis setiap harinya. 

  • Pengarah Musik

Seorang pengarah musik di stasiun radio memiliki tugas utama untuk memutuskan jenis musik yang paling sesuai dengan pendengar radionya. Selain itu, pengarah musik bertanggung jawab untuk menyeleksi musik baru serta berkoordinasi dengan perwakilan label rekaman. 

Yang paling utama, pengarah musik membuat playlist lagu apa saja yang diputar di radio, kapan lagu diputar, serta seberapa sering lagu tersebut diputar. Oleh karena itu, pengarah musik haruslah memahami musik apa yang ingin didengar oleh para target audiens. 

  • Marketing 

Tim marketing memiliki peranan penting, khususnya di stasiun radio swasta yang merupakan usaha komersial. Tujuan utama tim marketing adalah mendatangkan uang. Dalam menjalankan tugasnya, tim marketing memasarkan produk radio kepada klien, seperti iklan, feature, adlibs, jingle, dll.

Nah, itu dia 6 profesi keren di balik siaran radio. Kalau kamu tertarik berkarier di bidang broadcasting, tidak ada salahnya memulai mengasah skill dari sekarang. BVoice Radio di bawah naungan BINUS UNIVERSITY memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun langsung di industri radio. 

Ada beberapa divisi yang bisa kamu pilih. Divisi announcer cocok bagi kamu yang berminat menjadi presenter radio. Kalau kamu suka menulis dan meliput berita, bisa masuk ke divisi reporter. Yang suka mendengarkan musik, bisa gabung dengan divisi music lister. Selain itu, ada juga divisi marketing, divisi kreatif, dan divisi operator. 

Yuk, kembangkan skill dan wawasan kamu bersama BVoice Radio!