Profesi di dunia pertelevisian adalah pekerjaan menjanjikan dan dipandang cukup bergengsi, tak terkecuali di bidang broadcasting. Maka, wajar saja bila karier di bidang ini cukup diminati. 

Meskipun industri pertelevisian perlahan tergeser oleh industri digital, minat terhadap karier di dunia broadcasting tidak surut. Kebanyakan mereka yang meniti karier pertelevisian adalah lulusan ilmu komunikasi, DKV, dan multimedia. Namun, latar belakang pendidikan lain pun bisa kok berkarier di industri pertelevisian. 

Profesi
Sumber : Jurusan Kuliah

 

Tidak hanya presenter saja, ada banyak profesi lain yang terlibat dalam produksi suatu acara televisi. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk berkarier di bidang ini, berikut deretan profesi di dunia pertelevisian selain presenter.

  • Produser

Profesi sebagai produser bisa dibilang sebagai kunci utama berlangsungnya suatu acara televisi. Pasalnya, produser bertanggung jawab pada keseluruhan produksi suatu program televisi, mulai dari menyusun rencana, mengawasi, memastikan pelaksanaan program berjalan dengan baik, hingga melakukan evaluasi. 

Dalam kesehariannya, produser program televisi memastikan kelengkapan siaran, melakukan briefing untuk seluruh kru, memantau keseluruhan acara, dan tak lupa, melakukan evaluasi program televisi yang sudah terlaksana.

Dengan tanggung jawab yang cukup besar ini, seorang produser perlu memiliki leadership yang baik agar dapat menggerakkan tim produksinya.

  • Jurnalis

Seorang jurnalis bertugas menulis dan melaporkan berita. Di industri pertelevisian, jurnalis atau wartawan juga kerap tampil di televisi guna melaporkan berita secara langsung ataupun melakukan wawancara. 

Seorang jurnalis memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan berita serta memeriksa akurasi informasi yang disampaikan kepada publik. Maka, jurnalis wajib memiliki sifat kritis dan teliti terhadap detail kecil.

  • Video Editor

Termasuk profesi paling banyak dicari, pekerjaan satu ini tidak hanya dibutuhkan di dunia pertelevisian saja. Dengan berkembangnya teknologi digital, video editor juga banyak dicari untuk pembuatan konten sosial media.

Dalam dunia pertelevisian, seorang editor video bertugas untuk mengolah video mentah menjadi konten yang menarik untuk ditayangkan di televisi. Profesi ini yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan sebelum akhirnya ditayangkan ke pemirsa.

  • Script Writer

Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis. Penulis naskah atau script writer bertugas untuk menulis naskah yang akan ditayangkan. Selain memiliki kemampuan menulis yang baik, script writer juga harus kreatif dan mampu bekerja sesuai deadline

  • Cameraman

Profesi ini bisa dibilang sebagai salah satu peran paling penting dalam produksi acara televisi. Tidak akan ada tayangan televisi tanpa adanya cameraman atau kamerawan. Seorang cameraman bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera. Biasanya, cameraman suatu acara tidak bekerja sendirian, tetapi dibantu oleh asisten dan operator kamera lainnya.

Jadi, ingin berkarier di industri pertelevisian tetapi kurang percaya diri di depan kamera? Tidak masalah. Beberapa profesi di atas bisa kamu pertimbangkan.

Nah, selagi belum terjun berkarier secara langsung, ada baiknya kamu mengasah keterampilan di lingkungan yang mendukung. Sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY, kamu bisa mengikuti BINUS TV Club yang berada di bawah naungan BINUS TV.

Bukan hanya belajar teori saja, BINUS TV Club kamu akan diajak untuk terjun langsung di dunia pertelevisian. Di klub ini, ada 4 divisi yang saling melengkapi, yaitu Produksi, News, Teknik, dan New Media. Kegiatannya pun banyak sekali sesuai bidang yang dipilih, mulai dari terjun ke lapangan untuk meliput berita, menulis berita, melakukan editing video, menjadi pembawa berita, melakukan voice-over, hingga mempromosikan program dan  membuat acara TV.

Menarik kan? Yuk gabung dengan Binus TV Club untuk melatih diri bekerja di dunia pertelevisian!