BINUS UNIVERSITY

    Mengenali Posisi Indonesia di Mata Dunia

    Merujuk website Worldometer, dunia memiliki setidaknya 195 negara. Namun, angka tersebut tidak serta-merta jadi harga mati. Pasalnya, masih ada beberapa nama negara yang belum masuk ke dalam daftar, seperti Taiwan, The Cook Islands, Niue, dan masih banyak lagi. Layaknya, kehidupan antartetangga, tiap negara pasti memiliki pandangannya masing-masing terhadap negara lainnya. 

    Kamu sebagai warga negara Indonesia tentu penasaran tentang bagaimana sebenarnya negara lain memandang bangsa kita. Apakah Indonesia menduduki posisi strategis di mata dunia? Apakah negara kita memiliki nilai lebih dari sudut pandang negara asing? 

    Binus University
    Sumber : Gen Muda

     

    Semua hal tersebut akan terjawab setelah kamu membaca tulisan di bawah ini. Merangkum dari berbagai sumber online, negara-negara lain menggambarkan Indonesia dalam tiga fakta penting berikut. 

     

    Indonesia, Negara Kepulauan Besar di Dunia

    Berdasarkan data dari website Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia sejatinya terdiri atas puluhan ribu pulau-pulau indah, tepatnya 17.508 pulau hasil gabungan dari pulau besar dan kecil. Lima pulau besar terkenal di Indonesia di antaranya adalah Papua, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa. Sementara itu, nama ribuan pulau kecil terkadang masih terdengar asing di telinga, seperti Musalah, Gajah, Bangkaru, Karangmanjat, dan sebagainya.

    Saking banyaknya pulau-pulau di Indonesia, pemerintah baru melaporkan 16.671 pulau ke organisasi PBB melalui sidang UNGEGN di tahun 2019. Rencananya, pemerintah akan mendaftarkan kembali pulau-pulau lain pada tahun ini. 

    Melihat data tersebut, tidak mengherankan jika Indonesia diakui dunia sebagai negara besar dengan banyak pulau yang memiliki potensi besar, khususnya bidang maritim. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia, kita harus menjaga keadaan pulau-pulau ini agar tetap alami, asri, indah, terawat, dan nyaman. 

     

    Indonesia, Surga Liburan Terbaik di Asia

    Dengan begitu banyaknya pulau yang ada, Indonesia dinyatakan sebagai surga liburan terbaik di Asia. Keindahan alam, keberagaman khazanah budaya tradisional, serta keramahan penduduk lokal merupakan pilar-pilar pariwisata Indonesia yang terkenal seantero dunia. 

    Berbicara tentang salah satu destinasi populer wisatawan asing ketika berkunjung ke Indonesia, Bali tentu saja tidak dapat ditinggalkan. Tujuan wisata kebanggaan Indonesia ini menerima banyak penghargaan yang bahkan mengalahkan pesona destinasi wisata negara-negara lain di Asia. 

    Sederet penghargaan yang diperoleh adalah sebagai berikut:

    1. TripAdvisor Travelers’ Choice Awards 2021, peringkat pertama destinasi populer 2021;
    2. Travellers’ Choice Awards 2020, peringkat pertama kategori destinasi terbaik dan terpopuler di Indonesia; dan 
    3. Conde Nest Traveller Luxury Travel Fair 2016, posisi teratas tempat liburan menarik di dunia.

    Masih banyak deretan award lain yang diterima Bali sebagai tempat wisata berkelas. Sebab itu, tidak heran jika puluhan hingga ratusan wisatawan asing  terus berdatangan setiap harinya dengan berbagai tujuan, seperti honeymoon, relaksasi, pertualangan, dan lain-lain.

    Masih ada lagi? Jangan lupa! Indonesia juga punya Raja Ampat (Papua Barat), Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur), Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara), dan masih banyak lagi. Layaknya, sebuah kalimat dalam video musik karya Alffy Rev “Indonesia is not just Wonderful, Indonesia is a Wonderland”, itulah gambaran nyata alam Indonesia di mata dunia. 

    Indonesia, Tempat Investasi Terbaik Dunia

    Setidaknya, ada empat faktor penting yang mendorong pelaku bisnis untuk berinvestasi di suatu negara, yaitu Sumber Daya Alam, potensi pasar, efisiensi, dan aset strategis negara tujuan. 

    Selain itu, hasil dari pertemuan rutin United Nations Conference on Trade and Development (UNCTD) memperingatkan para investor untuk turut mempertimbangkan indikator unik lainnya, antara lain tindak korupsi, tingkat kestabilan ekonomi, lingkungan pajak yang menguntungkan, keterampilan tenaga kerja, dan penguasaan teknologi.

    Sebagai informasi, Indonesia memenuhi semua kriteria yang disebutkan di atas, khususnya bidang pajak dan ketenagakerjaan. Sebab itu, dalam hasil survei berjudul “Negara-Negara Terbaik untuk Investasi” yang dijabarkan di website usnews.com, Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Negara Meksiko. Posisi yang diperoleh Indonesia ini mengalahkan Lituania (berada di posisi ketiga), Uni Emirat Arab (berada di posisi keempat), dan Malaysia (berada di posisi kelima).

    Informasi di atas tentu sangat berguna bagi semua mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan di Jurusan Hubungan Internasional, termasuk seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) BINUS UNIVERSITY. Dengan begitu, kemajuan bangsa dapat terus ditingkatkan demi kedaulatan dan kemaslahatan bersama.