Perdebatan tari adalah seni atau olahraga sudah berlangsung lama. Memang tari berbagi ciri yang sama dengan olahraga, yaitu menunjukkan gerakan yang berirama. 

Tari
Sumber : Tribun News

 

Hal ini membuat sebagian orang berpendapat tari bisa jadi bagian dari olahraga. Sebaliknya, mayoritas penggiat seni sepakat menjadikan tari sebagai sebuah seni. Pendapat itu mengemuka berdasarkan tujuh alasan berikut.

Identik dengan musik

Tidak ada aturan baku bahwa tari harus diiringi musik. Namun, kehadiran musik dapat membuat tubuhmu bergerak mengikuti irama yang berdenting. 

Bahkan, apa pun genre tarian yang kamu tekuni, kamu dapat eksplorasi gerakan tari lewat beragam jenis musik. Coba padukan gerakan tari tradisional dengan musik hiphop atau EDM. Bakal jadi pertunjukan yang unik kan?

Tubuh bergerak mengikuti irama

Irama musik akan membantu tubuhmu berinteraksi dengan nada, ketukan, dan bunyi-bunyian lain yang menyertai. Mengenali kapan harus memulai dan berganti gerakan serta berhenti penting agar tarian tampak selaras dan harmonis. 

Beberapa tarian berpatokan pada ketukan birama untuk memulai, seperti waltz yang akrab dengan tempo ¾. Pada level lebih advanced, kamu dapat berlatih balet dengan tempo serupa dan gerakan lebih kompleks.

Sarana ekspresi emosi dan mood

Sebagaimana seni, menari juga menjadi sarana mengekspresikan emosi dan mood atau suasana hati. Lewat tarian pula kamu bisa menunjukkan respons atas sesuatu hal dengan gerakan penuh makna dan kadang bersifat mistis.

Jika sisi teknik menunjukkan bagaimana eksekusi tari langkah demi langkah, sisi emosi akan menyampaikan perasaan, gestur, dan ekspresi kamu. Inilah daya tarik seni yang membuat sebuah tarian begitu atraktif.

Menunjukkan kekayaan budaya dan tradisi

Sebagian orang mengagumi seni tari sebagai hasil budaya dan berupaya melestarikan tradisi yang telah berlangsung turun temurun dengan menarikannya. Tarian tradisional Indonesia misalnya, hadir dalam berbagai bentuk, berikut keberagaman gerak, kostum tari, irama, dan simbol-simbol lainnya.

Bisa jadi kamu tidak memahami arti setiap gerakan yang mewakili suatu simbol. Namun, kamu tetap dapat mengapresiasinya sebagai warisan leluhur yang harus dijaga bukan? Meski begitu, tetap lebih baik untuk memahami dan memaknai setiap gerakan supaya kamu dapat menarikannya dengan baik.

Menampilkan seni pertunjukan dan koreografi

Tari sebagai seni bukan hanya menjadi sarana ekspresi diri, tetapi juga hadir dalam bentuk seni pertunjukan dan koreografi. Inilah yang membedakan tari sebagai seni dan olahraga. Jika olahraga berarti kompetisi yang membedakan siapa menang dan kalah, tari sebagai seni pertunjukan tidak terpaku pada hal tersebut. 

Tarian adalah wujud seni pertunjukan yang membebaskan emosi, ekspresi, dan suasana hati sang penari. Seni yang tidak terlihat ini juga bisa dinilai dan dijadikan kompetisi, tetapi tidak ada standar baku soal seberapa bagus atau indah suatu tarian. Semua subjektif karena melibatkan rasa.

Mengasah keterampilan gerak tubuh

Sebagian orang yakin, seni tari membutuhkan minat dan bakat. Faktanya, minat dan bakat itu tidak akan berkembang pesat jika tidak diasah secara tepat. Artinya, semua orang bisa menari, terlepas dari apakah ia punya potensi atau tidak. 

Ketika seseorang berlatih dengan tekun, ia bisa berkembang dari sosok yang tidak punya dasar menari menjadi penari hebat. Latihan rutin adalah kunci penting untuk menguasai semua keterampilan, baik dalam olahraga maupun seni. Itu menjelaskan mengapa sekalipun kamu berbakat, berlatih keras tetap wajib untuk meningkatkan kemampuan tari.

Menceritakan suatu kisah

Masih belum yakin mengapa tari jadi bagian seni? Sejarah dunia tari membuktikan bagaimana tarian hadir sebagai media bercerita atau bertutur tentang suatu kisah. Storytelling ini dapat kamu jumpai dalam bahasa tubuh tarian yang merepresentasikan suatu simbol dalam kehidupan atau budaya masyarakat. 

Bahkan, kamu tetap bisa menemukan cerita dari gerakan abstrak tarian kontemporer sekalipun. Dalam setiap langkah, ketukan, dan gerakan sebuah tarian mengalir cerita unik yang dituturkan secara indah dan bermakna mendalam sehingga tari jelas bagian dari seni. 

 

Sudah jelas kan mengapa tari merupakan bagian dari seni? Tari bisa membantumu mengekspresikan diri lewat gerakan berirama yang indah dan bermakna. 

Tertarik menyelami lebih dalam keindahan seni tari? Coba bergabung dengan Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara (STAMANARA). Di sini kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan menarik, bertemu teman-teman baru, dan mengembangkan minat bakat tari. 

Yuk, ekspresikan gerakan dan emosi kamu lewat tarian indah bersama STAMANARA!