Ada banyak orang yang bermimpi ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis sukses. Namun, keinginan saja tentu tidak cukup. Selain dengan menempuh pendidikan yang sesuai, kamu juga harus mengetahui beragam komponen penting agar usaha yang dirintis bisa sukses. Salah satu komponen paling penting yang wajib kamu ketahui adalah manajemen keuangan.

Manajemen Keuangan
Sumber : Bee

 

Manajemen keuangan merupakan salah satu tanggung jawab paling penting dari pemilik maupun manajer bisnis. Setiap pemilik dan manajer harus mampu mempertimbangkan konsekuensi potensial dari setiap keputusan manajemen yang mereka buat terhadap arus kas, laba serta kondisi keuangan perusahaan secara umum. Ada beberapa alasan mengapa manajemen keuangan itu wajib dimiliki oleh sebuah bisnis antara lain:

Titik Permulaan Bisnis

Untuk memulai bisnis, kamu akan membutuhkan uang untuk modal. Ketika semua modal sudah ada di tangan, kamu tentu tidak bisa menghabiskannya sembarangan. Kamu perlu berbelanja bahan baku, mempekerjakan tenaga profesional, membuat produk, menguji produk hingga beriklan dan memasarkannya, semua membutuhkan uang. Agar dana tidak mengalir ke arah yang bukan seharusnya, kamu harus mampu mengaturnya dalam manajemen keuangan yang tepat.

Menjalankan Kegiatan Operasional Bisnis

Setelah bisnis kamu mulai berjalan, kamu juga akan memperoleh yang setiap hari. Uang ini harus diputar kembali untuk membayar tagihan, membayar pekerja, berinvestasi dan masih banyak kebutuhan lainnya. Mengelola arus kas keluar dan masuk adalah hal yang penting bagi berjalannya sebuah bisnis. Kegagalan kamu dalam mengatur aliran dana bisa menjadi pemicu bisnis menjadi bangkrut.

Mengelola Arus Kas

Punya dana yang berlebihan sama berbahayanya dengan punya dana sedikit. Agar perusahaan bisa menjalankan kegiatan operasionalnya setiap hari, pengelolaan arus kas harus dilakukan dengan baik. Ketika kamu punya dana lebih tapi tidak menggunakannya sesuai kebutuhan, artinya kamu melakukan pemborosan sumber daya.

Sebuah perusahaan yang punya dana berlebih dan mampu melakukan pengelolaan uang dengan benar akan menggunakannya untuk berinvestasi. Bisa dengan membeli peralatan yang lebih canggih atau mempekerjakan tenaga yang lebih mahir. Pada akhirnya langkah cerdas inilah yang akan membantu bisnis kamu lebih berkembang dan tentu saja memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Memudahkan dalam Membuat Strategi Pendanaan

Sama seperti pengeluaran bulanan pribadi, pengeluaran dan pemasukan sebuah perusahaan juga harus direncanakan dengan baik dan bijak. Kamu perlu melacak pengeluaran, memantau frekuensi kemudian memutuskan bagaimana akan membelanjakan serta memutuskan berapa banyak yang akan kamu habiskan. Kadang-kadang, kamu juga perlu mengurangi dan menambah belanja bulanan. Ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu mengelola keuangan bisnis secara efektif.

Membantu Menetapkan Tujuan Jangka Panjang

Sebuah perusahaan baik besar maupun kecil pasti memiliki rencana untuk terus bergerak dan meningkatkan skala bisnis. Untuk melakukannya, kamu perlu memiliki tujuan masa depan yang signifikan, setidaknya untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan. Manajemen keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk mencapainya.

Anggaplah kamu ingin membuka cabang di tiga kota lagi. Tanpa adanya perencanaan dan perhitungan yang tepat, kamu bisa saja kehabisan uang sebelum semua targetmu terlaksana. Perencanaan keuangan yang matang akan menghilangkan kemungkinan perusahaan memasuki masa krisis sehingga kamu bisa terus bergerak maju untuk mencapai tujuan.

Mengelola sebuah bisnis memang bukan hal yang mudah. Kamu memerlukan bekal yang cukup baik dengan menempuh pendidikan tinggi yang sesuai maupun mengikuti pelatihan dan aktivitas lain yang berhubungan dengan dunia bisnis.

Bagi kamu BINUSIAN di BINUS Business School-Undergraduate Program, mengikuti kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan juga bisa membantu memperkaya pengalaman dan pengetahuanmu di bidang terkait. Bersama HIMME (Himpunan Mahasiswa Manajemen Ekonomi) kamu akan diajak mengikuti beragam kegiatan termasuk study tour, seminar hingga diklat yang semuanya akan bermanfaat saat kamu terjun ke dunia bisnis nantinya.