Tak sedikit orang menganggap bahwa mempelajari bahasa asing adalah hal yang membosankan dan tidak penting. Faktanya, hal ini justru memberi banyak manfaat tak terduga. Selain menambah keterampilan, belajar bahasa dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. 

Bahasa Mandarin
Sumber : Cakap

 

Terdapat ribuan bahasa yang digunakan di seluruh dunia, termasuk bahasa nasional dan etnis. Namun, dari banyaknya bahasa asing tersebut, bahasa Mandarin tercatat sebagai bahasa tersulit di dunia. Pasalnya, bahasa Mandarin memiliki lebih dari sepuluh ribu karakter Hanzi dengan empat nada dasar. Dalam bahasa Mandarin nada sebuah kata dapat mengubah arti. Agar kamu bisa menguasai bahasa Mandarin, kamu harus mempelajari pelafalan kata.

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Mandarin!

Kendati tergolong rumit, jumlah penutur bahasa Mandarin mencapai seperempat populasi di seluruh dunia. Bahkan, selain digunakan sebagai bahasa resmi di Tiongkok, Makau, Hongkong, dan Taiwan, bahasa Mandarin juga digunakan Shanghai Cooperation Organization (SCO) dan termasuk satu dari enam bahasa resmi United Nations (PBB). Tak heran apabila di era globalisasi, bahasa Mandarin begitu diminati.

Supaya kamu termotivasi, simak sejumlah alasan mengapa bahasa Mandarin penting dipelajari.  

  • Merangsang Perkembangan Otak dan Mental

Sulitnya menghafal karakter Han Zi ternyata bermanfaat untuk merangsang perkembangan otak dan mental. Kamu akan tumbuh lebih cerdas dan terbiasa mengerjakan hal sulit. Ketika kamu mendapatkan tugas berat atau bekerja di bawah tekanan, kamu tidak merasa terbebani. Kamu justru tertantang untuk menyelesaikannya sebaik mungkin. 

Tak hanya itu saja, ketahanan mental yang kuat akan membuat kamu tumbuh sebagai seorang pemberani. Kamu tidak takut mengambil keputusan yang berisiko. Kamu juga memiliki kepercayaan diri tinggi dan mampu mengontrol emosi dengan baik. Karakter seperti inilah yang banyak dibutuhkan di dunia kerja dan mampu bertahan di tengah persaingan.  

  • Melancarkan Komunikasi

Apabila kamu menguasai bahasa Mandarin, kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan penutur lain. Hal ini sangat bermanfaat ketika kamu bepergian ke negara Tiongkok atau negara yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi. Kemampuan berbahasa Mandarin akan memudahkan kamu membaca label makanan, memahami petunjuk di papan informasi, dan menghindari kesalahpahaman ketika berbicara dengan warga lokal. 

  • Peluang Beasiswa Pendidikan Terbuka Lebar

Berbekal kemampuan bahasa Mandarin yang baik, kamu bisa mencoba China Goverment Scholarship (CGS) untuk jenjang pendidikan S1 sampai S3. Beasiswa yang tersedia, meliputi Bilateral Program, Great Wall Program, Chinese University Program, ASEAN University Network, dan World Meteorogical Organization (WMO). Selain gratis biaya kuliah, kamu akan mendapatkan jaminan asrama, asuransi kesehatan, dan uang saku bulanan dengan nominal bervariasi menyesuaikan jenjang pendidikan. 

  • Peluang Karier Lebih Menjanjikan

Sebagaimana diketahui, Tiongkok didapuk sebagai salah satu negara yang memiliki pengaruh besar dalam ekonomi dunia. Hal ini menyebabkan banyak negara berlomba-lomba untuk menjalin kerja sama menguntungkan dengan Negeri Tirai Bambu, termasuk Indonesia. Bahkan, jumlah perusahaan asal Tiongkok di tanah air telah mencapai angka ribuan. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang baik, maka kamu memiliki nilai lebih untuk bersaing di dunia kerja. Alhasil, peluang meraih karier bergaji tinggi pun terbuka lebar. 

  • Urusan Bisnis Makin Lancar

Tak dapat dimungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengimpor barang asal Tiongkok. Selain harganya murah, barang asal Tiongkok juga memiliki kualitas baik dan disukai oleh konsumen. Pesatnya pertumbuhan bisnis Tiongkok, secara tidak langsung membukan peluang bisnis baru yang menguntungkan. Kalau kamu tertarik bergelut di dunia bisnis, kemampuan berbahasa Mandarin akan memudahkan kamu berkomunikasi dan melancarkan proses kerja sama distribusi barang dari Tiongkok ke Indonesia maupun sebaliknya.

Itulah sejumlah alasan mengapa kamu sebaiknya mempelajari bahasa Mandarin. Apabila kamu tertarik, mulailah dengan mempelajari dasarnya lebih dulu. Mulai dari pengenalan huruf, penulisan romawi bahasa Mandarin (PinYin), hingga mempelajari empat nada bahasa Mandarin. Kamu bisa belajar bahasa Mandarin melalui buku, film dan drama Tiongkok, berita, dan lagu Mandarin. 

Kamu juga bisa bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Sastra Mandarin (HIMANDA) BINUS UNIVERSITY. HIMANDA merupakan organisasi formal kemahasiswaan yang didirikan pada 23 Juli 2003. Sejak berdiri, HIMANDA menjadi pemersatu seluruh BINUSIAN yang mengambil jurusan Chinese Literature.. HIMANDA menjadi wadah untuk mengembangkan kemampuan bahasa Mandarin agar kamu mampu memenangkan persaingan di dunia kerja setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY.