BINUS UNIVERSITY

    Mengapa Anak Muda Harus Belajar Marketing Internasional?

    Marketing penting untuk mendukung kegiatan bisnis. Siapa saja yang ingin belajar berbisnis harus mempelajari dasar-dasarnya. Akan tetapi, bagaimana dengan cakupan yang lebih luas seperti marketing internasional? Apakah anak muda juga harus mempelajarinya?

    Marketing Internasional
    Sumber : Politeknik Tempo

     

    Jawabannya: sebaiknya ya! Ada beberapa alasan mengapa marketing internasional semakin penting dipelajari, terutama untuk anak-anak muda yang berminat memulai bisnis. Inilah beberapa alasan spesifik mengapa marketing internasional wajib kamu pahami bahkan sebelum berpikir membuka bisnis yang melayani pelanggan internasional.

    • Dunia Semakin Terhubung

    Teknologi digital dan informasi semakin canggih dan memudahkan banyak orang untuk saling terhubung. Memasarkan produk ke orang di negara lain semakin mudah sehingga persaingan semakin ketat. Belajar marketing internasional akan memudahkanmu untuk menjajal pasar di luar negeri sejak dini. Cara ini akan memberimu keunggulan dibandingkan mereka yang baru memahaminya kemudian.

    • Meningkatkan Wawasan Terkait Kebudayaan

    Ketika memasarkan produk ke orang di negara lain, kamu berhadapan dengan kebudayaan yang berbeda. Orang dengan wawasan terkait marketing internasional akan lebih sensitif dan peka terkait perbedaan budaya. Hal ini akan memberimu pertimbangan lebih serta motivasi untuk melakukan riset agar produkmu bisa diterima dengan mudah.

    • Memudahkan Upgrade Bisnis

    Memiliki keahlian marketing internasional memberimu kemudahan ketika ingin melakukan upgrade bisnis dari lokal ke internasional. Kamu bisa menerapkan wawasan ini agar tidak bingung ketika menyesuaikan dengan berbagai hal seperti perbedaan penerapan harga, logistik pengiriman dan distribusi, dan sebagainya.

    • Memberi Ide Potensi Pasar Baru

    Potensi pasar baru bisa kamu temukan jika meluaskan jangkauan bisnis ke negara berbeda. Dengan ilmu marketing internasional, kamu bisa lebih jeli dalam menangkap peluang untuk pasar baru.

    • Menambah Koneksi dalam Semangat Keberagaman

    Perbedaan kebudayaan dalam penerapan ilmu marketing internasional membuatmu terpapar berbagai aspek keberagaman. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah koneksi serta kesempatan belajar kebudayaan baru. Koneksi internasional dengan orang-orang berlatar belakang berbeda akan membuat pikiranmu semakin “kaya” dan pergaulanmu bertambah luas.

    Bagaimana caranya menambah ilmu di bidang marketing internasional? Jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY, kamu bisa bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa seperti International Marketing Community of BINUS (IMCB).

     

    IMCB, UKM untuk Mahasiswa Peminat Marketing

    IMCB adalah wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan wawasan terkait marketing dan siap untuk terjun ke dalamnya setelah lulus. Kamu bisa mendapat beragam ilmu selain dari bangku kuliah. Lewat IMCB, kamu bisa mendapat beberapa keuntungan seperti:

    • Belajar dalam Suasana Akrab

    Belajar marketing di IMCB berbeda dari belajar di ruang kelas. Kamu berada dalam lingkup organisasi yang penuh keakraban. Selain menambah pengetahuan, kamu bisa mengikuti berbagai acara menyenangkan seperti welcoming event dan acara gathering. 

    • Belajar Langsung dari Pelaku Profesional

    IMCB mengajakmu melihat langsung praktik marketing di dunia profesional, misalnya lewat acara kunjungan ke perusahaan. Kamu bisa membandingkan praktik dengan materi yang dipelajari sehingga tidak akan kaget ketika lulus. Kunjungan ini juga bisa menjadi bahan tambahan untuk pelajaran terkait ilmu marketing di kelas.

    • Bisa Mengabdi Pada Masyarakat

    Punya minat di bidang pengabdian masyarakat? IMCB mengajakmu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, misalnya pelatihan dan pendidikan terkait ilmu marketing untuk publik. Tujuannya adalah mendorong masyarakat agar tidak ragu menjajal usaha mandiri demi berkontribusi pada ekonomi.

    • Bisa Menjalin Koneksi dengan Organisasi Lain

    IMCB punya program bernama benchmarking, yaitu menjalin koneksi dan kerja sama dengan organisasi lain dalam bidang serupa yaitu marketing. Dalam kegiatan ini, kamu bisa membandingkan strategi dan cara kerja organisasimu dengan badan lain. Hal ini akan menambah wawasan sekaligus referensi bagi anggota IMCB untuk lebih meningkatkan kualitas.

    • Mendapat Banyak Wawasan Terkait Marketing

    IMCB adalah sumbernya pengetahuan tentang marketing, termasuk marketing internasional. Dengan bergabung, kamu bisa mendapat wawasan dari rapat, seminar, diskusi, hingga beragam sumber informasi. Pengetahuanmu di bidang marketing pun akan lebih terasah bahkan sebelum lulus.

    Marketing internasional adalah salah satu bidang terpenting untuk dipelajari di masa kini. Jika kamu belajar di BINUS UNIVERSITY, pastikan bergabung dengan IMCB agar wawasanmu semakin bertambah.