Aikido terlihat seperti bela diri yang “anggun”, tetapi jangan tertipu dengan tampilan luar ini! Aikido adalah disiplin yang menuntut harmoni antara fisik dan mental, dan kamu harus siap melakukan berbagai manuver seperti bantingan, kuncian, bahkan cara jatuh yang benar! Aikido juga memiliki teknik menghindari serangan dengan senjata dan serangan dari beberapa arah, sama sekali tidak bisa dianggap enteng.

Aikido
Sumber : Wikipedia

 

Ingin ikut bela diri aikido? Jangan keburu khawatir kalau kamu belum punya pengalaman! Inilah beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan.

  • Mulailah dengan Motivasi yang Tulus

Ini serius! Motivasi menjadi penentu kesuksesan belajar bela diri. Jika tujuanmu ingin sombong, pamer, atau berharap hasil instan, urungkan niatmu. Belajar bela diri sebaiknya didasari motivasi tulus, seperti ingin lebih sehat, ingin menjaga diri, terdorong untuk melatih disiplin tubuh dan jiwa, atau bahkan mengisi waktu dan bertemu teman baru. Hal ini akan membuatmu menikmati latihan dan menjalani disiplinnya.

  • Belajar dan Mengamati

Sama seperti kegiatan lainnya, kamu akan lebih mudah memasuki aktivitas aikido jika belajar dan mengamati dulu. Kamu bisa membaca berbagai artikel tentang aikido, menonton demonstrasi aikido di internet, dan datang langsung ke tempat latihan untuk mengamati. Memiliki wawasan di awal akan membuatmu lebih mudah beradaptasi.

Datang langsung ke tempat latihan untuk mengamati memberimu beberapa keuntungan. Kamu bisa melihat situasi tempat latihan, ngobrol langsung dengan pelatih untuk mengurangi kecemasan, dan mengecek matras untuk memastikan keamanannya.

  • Latihan Sendi dan Peregangan

Aikido banyak melibatkan gerakan mengunci, membanting, dan berpindah posisi secara luwes. Sendimu akan mengalami banyak pergerakan. Kamu bisa sedikit melatih tubuh dengan latihan peregangan otot dan sendi. Tidak perlu terlalu keras; cukup latihan ringan setiap hari agar kamu lebih luwes dan siap menghadapi latihan pertamamu.

  • Latihan Hanmi dan Squat

Hanmi adalah posisi kaki dan postur tubuh sebelum melakukan teknik dalam aikido. Kamu bisa mencari dasar-dasarnya di internet dan mencobanya setiap hari. Selain mencegah kekikukan pada hari pertama latihan, berlatih hanmi secara rutin bisa membawa perubahan pada postur tubuhmu.

Kamu juga bisa berlatih gerakan jongkok-berdiri (squat). Hal ini karena aikido banyak melibatkan kekuatan tubuh bagian bawah. Caranya, berdiri dengan kaki selebar pundak, lalu tekuk lutut hingga paha sejajar lantai sebelum berdiri lagi. Pastikan telapak kaki rata di tanah, punggung tegak, dan perut ditekan. Lakukan sebanyak 20 kali dengan tiga kali pengulangan.

  • Belajar untuk Relaks

Banyak orang merasa tegang ketika akan melatih teknik aikido, terutama ketika mereka menjadi pihak yang “disasar” (misalnya saat praktik bantingan atau kuncian). Hal ini menghambat latihan dan mencegahmu melatih teknik penting seperti jatuh yang aman. Kamu bisa mendiskusikan kecemasan ini dengan pelatihmu dan melakukan latihan pernapasan ringan sebelum berlatih atau ketika kecemasan muncul.

Caranya, tarik napas dalam-dalam lewat hidung hingga memenuhi rongga dada, tahan sejenak, lalu buang lewat mulut perlahan-lahan sambil sedikit dibunyikan. Lakukan beberapa kali setiap kali kamu cemas.

  • Tinggalkan Ego dan Stop Membandingkan Diri

Aikido adalah bela diri yang menuntut ketenangan batin dan kerendahan hati. Tahan egomu dan selalu berlatih dengan pemahaman bahwa kamu ingin belajar, bukan mengungguli orang lain. Latihan aikido menuntut disiplin dan kamu mungkin harus berhadapan dengan teman berlatih yang lebih muda tetapi sudah berlatih lebih lama. Hindari membandingkan diri dengan orang lain dan nikmati proses latihan agar kamu bisa fokus ke peningkatan diri.

 

Di Mana Bisa Latihan Aikido?

Mahasiswa BINUS UNIVERSITY bisa berlatih di UKM Aikido BINUS. Selain latihan rutin, kamu bisa belajar pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental sebagai bagian penting dari aikido. Kamu juga berkesempatan mengikuti aktivitas seperti acara keakraban, latihan online, diskusi, dan kegiatan kemasyarakatan.

Dengan berlatih aikido, kamu bisa menjaga kesehatan, membela diri, sekaligus melatih keseimbangan fisik dan mental. Jangan ragu bergabung dengan UKM Aikido di BINUS UNIVERSITY dan rasakan manfaatnya.