BINUS UNIVERSITY

    Kenapa Kamu Harus Belajar Game Development?

    Kamu suka main game dan punya minat di industri tersebut? Saatnya mempertimbangkan belajar game development. Kampus seperti BINUS UNIVERSITY bahkan menawarkan jurusan teknologi dan aplikasi game karena prospek masa depan yang cukup tinggi.

    Yuk, lihat prospek industri game dan alasan kamu harus belajar game development agar lebih yakin dengan rencana pendidikanmu.

    Game Development
    Sumber : Code Buddy

     

    Prospek Masa Depan Industri Game

    Pandemi membuat banyak orang beralih ke game untuk menghilangkan kebosanan saat di rumah. Akan tetapi, bahkan sebelum itu, prospek industri game internasional sudah sangat cerah. Pemain besar seperti Atari, Sega, Ubisoft, dan Epic Games meraup banyak keuntungan. Raksasa industri macam Microsoft, Apple, Disney, dan Warner Bros bahkan ikut berinvestasi dalam game. 

    Pasar game global pada tahun 2020 mencapai nilai 173,7 miliar Dolar AS, dan angka ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipatnya pada tahun 2026. Asia Pasifik diperkirakan akan menjadi salah satu pusat pengembangan industri game terbesar di dunia baik dari segi kreasi maupun bisnis, terutama karena jumlah pemain serta pemilik perangkat di area ini semakin bertambah setiap tahun.

    Dengan semua potensi ini, tidak heran kalau industri game menjadi salah satu pasar lapangan kerja paling diminati generasi muda. Kamu bisa mulai dari awal dengan masuk jurusan game seperti di BINUS UNIVERSITY!

     

    Kenapa Harus Belajar Game Development?

    Belajar game development memberimu prospek besar untuk menjajal karier di bidang yang terus berkembang. Perusahaan dan studio game dalam maupun luar negeri juga semakin banyak mencari talent yang mengerti tren dan mampu mengikuti perkembangan teknologi serta prospek dunia ini. 

    Akan tetapi, di luar prospek karier dan ekonomi, ada keuntungan lain yang mungkin belum kamu sadari. Contohnya sebagai berikut:

    • Menambah Skill Set

    Ketika belajar game development, kamu bisa membangun skill set baru. Hal ini termasuk koding, pembuatan program, desain karakter, dan sebagainya. Deretan keahlian baru ini tidak hanya meningkatkan keahlianmu, tetapi juga menjadi tambahan bagus untuk resume.

    • Bisa Membangun Jaringan Koneksi antar Desainer

    Dalam industri game, memiliki jaringan koneksi akan memberimu keuntungan tersendiri, baik dari segi kreatif maupun karier. Belajar game development secara formal atau melewati institusi biasanya membuka jalan untuk membangun jaringan koneksi.

    • Bisa Memamerkan Budaya secara Modern

    Pengembang game Indonesia banyak yang menampilkan budaya lokal atau tradisional ke dalam game, mulai dari mitologi, tokoh sejarah, hingga sesuatu yang terlihat sederhana tapi memikat seperti makanan tradisional. Jika kamu memiliki keahlian mengembangkan game, kamu bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan hal-hal ini kepada publik.

    Berbagai prospek, potensi karier dan pendidikan, serta koneksi profesional yang semakin meluas menjadikan game development salah satu bidang paling potensial untuk kamu pelajari. Kampus seperti BINUS UNIVERSITY tidak hanya menawarkan jurusan game, tetapi juga aktivitas khusus mahasiswa terkait bidang tersebut.

     

    UKM BINUS Khusus Peminat Game

    BINUS Game Development Club (BGDC) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa khusus peminat game, termasuk mahasiswa yang belajar di jurusan game atau yang berminat dengan bidang game development. UKM ini akan memberimu pengalaman, pelajaran, bimbingan, dan aktivitas menyenangkan untuk membantumu menjajal dunia game development.

    Inilah beberapa hal positif yang bisa kamu dapat dari BGDC:

    • Belajar tentang Game Development 

    BGDC memberimu banyak materi dan wawasan terkait game. Selain belajar bersama, kamu bisa mengikuti aktivitas seperti seminar dan workshop.

    • Bersenang-senang dalam Komunitas

    Dunia game adalah dunia komunitas! Bergabung di BGDC banyak senangnya karena ada hal-hal seperti penyambutan anggota baru serta Game Jam, kompetisi membuat game antar anggota.

    • Berkontribusi untuk Masyarakat

    Penasaran ingin memanfaatkan pengetahuanmu untuk komunitas sekitar dan masyarakat? BGDC mengajak anggotanya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat seperti pelatihan serta pembuatan game yang membawa dampak positif. 

    Industri game development sangat potensial dan menawarkan prospek cerah, jadi pastikan kamu siap sejak dini! Daftarkan dirimu ke jurusan game dan jangan lupa bergabung dengan UKM semacam BINUS Game Development Club di BINUS UNIVERSITY!