Setiap permainan memiliki aturan masing-masing, tak terkecuali bola voli. Olahraga permainan ini dimainkan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah enam orang. Permainan resmi dimulai saat salah satu anggota tim yang memegang bola melakukan servis atau pukulan pertama. 

Nah, pukulan awal untuk olahraga bola voli tidak dilakukan di dalam garis lapangan, tetapi di luar, tepatnya pada garis lapangan paling belakang. Saat melakukan pukulan pertama, pastikan bola sampai melewati net dan masuk ke area tim lawan. Pasalnya, jika tidak berhasil melewati net, maka bola dinyatakan masuk dan tim lawan akan mendapatkan poin karena kesalahan ini.

Selanjutnya, masing-masing pemain dalam setiap tim memiliki hak memukul bola voli maksimal sebanyak tiga kali. Bola masih dianggap sah dalam permainan saat setelah servis dilakukan hingga bola akhirnya jatuh menyentuh tanah atau telah disentuh sebanyak lebih dari tiga kali. 

Servis dalam bola voli tidak dilakukan sembarang pemain, lho. Saat bola dinyatakan masuk, pemain yang sebelumnya melakukan servis akan kembali memegang bola untuk melakukan serangan pertama. Namun, jika poin berhasil didapat setelah musuh, posisi pemain akan bergeser searah dengan jarum jam, dan bola pun diservis oleh pemain lain yang mendapatkan giliran.

Olahraga Voli
Sumber : Bukalapak

Tiga Jenis Servis dalam Bola Voli

Ternyata, servis pada permainan bola volo tidak hanya satu, tetapi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Servis Atas

Servis atas dilakukan dengan melambungkan bola ke atas, lalu memukulnya dengan menggunakan telapak tangan hingga bola melewati jaring net dan masuk ke wilayah tim lawan. Posisi bola pada servis atas adalah berada di atas kepala sebelum dipukul. Tujuan servis atas ini adalah membuat bola jatuh dengan posisi menukik ke area lawan dengan cepat. 

Jenis servis ini bisa dibilang sulit, baik bagi pemain yang melakukannya maupun pihak yang mendapatkan bola. Pasalnya, jika kekuatan pemain yang melakukan servis tidak maksimal, bola justru tidak akan sampai pada area lawan atau tersangkut di net. Sementara bagi pemain yang mendapatkan pukulan, salah mengarahkan pukulan bisa membuat bola melambung ke luar lapangan.

  • Servis Bawah

Selanjutnya adalah servis bawah yang dilakukan dengan memukul bola dari arah bawah. Bola dipegang dengan satu tangan, tangan yang lain akan mengayun setinggi pinggang dari belakang pinggang dan memukul bola. Jika pada servis atas bola dilambungkan dan dipukul di atas kepala, bola pada servis bawah dipukul di bawah bahu. 

Jenis servis ini bisa dibilang lebih mudah digunakan, baik sebagai pemegang bola maupun lawan yang mendapatkan bola. Peluang bola masuk ke area lawan pun lebih tinggi, tetapi lawan juga pastinya lebih mudah dalam melakukan serangan balik. 

  • Servis Atas dengan Melompat

Terakhir adalah servis atas yang dilakukan dengan melompat atau dikenal dengan sebutan jump service. Setelah bola dilambungkan, pemain akan melompat untuk memukul bola dengan menggunakan telapak tangan. Teknik ini merupakan bentuk lanjutan dari dua jenis servis yang umum dipakai dalam volley

Tentunya, jika dibandingkan dengan servis atas yang dilakukan tanpa melompat, hasil pukulan servis dengan lompatan akan jauh lebih keras dan kencang sehingga membuat tim lawan lebih sulit untuk mengembalikan bola tersebut. Namun, jika arah pukulan terlalu menukik, potensi bola tersangkut di net justru akan lebih besar saat melakukan jump service.

Itu tadi tiga jenis servis yang biasa dilakukan dalam olahraga permainan bola voli. Jenis olahraga satu ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tangan, kaki, dan kerja jantung, lho! Namun, untuk bisa berlatih servis dengan baik, kamu perlu berlatih dengan giat. 

Kalau ingin mahir bermain voli, kamu bisa bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM volley di BINUS UNIVERSITY. Segera saja datang ke kampus BINUS UNIVERSITY Syahda di @Kemanggisan. Selain mengasah kemampuan kamu dalam bermain voli, UKM voli di BINUS UNIVERSITY juga memberikan banyak kesempatan untuk mengikuti kejuaraan, lho!