BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia Manfaat Kesehatan Main Musik

    Setiap orang memiliki alasan tersendiri ketika memiliki hobi, tidak terkecuali hobi bermain musik. Tidak heran jika banyak orang bisa duduk berjam-jam memetik gitar atau menekan tuts piano. Itu karena mereka paham bahwa musik bisa memberikan sesuatu bagi diri mereka.

    Main Musik
    Sumber : Star Glam Magz

     

    Buat kamu sedang mempertimbangkan keuntungan apa yang bisa didapatkan dari bermain musik, ternyata ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh—baik itu secara fisik, mental, maupun emosional. Apa saja?

    Manfaat Fisik Bermain Musik

    Secara fisik, bermain musik dapat:

    • Membantu melatih pernapasan. Sebagian besar kita memiliki pernapasan yang dangkal. Namun, bermain music, seperti menyanyi atau bermain terompet, ternyata bisa memperkuat paru-paru dan sistem pernapasan.
    • Meningkatkan respons kekebalan tubuh. Ketika kita belajar main musik dan menciptakan lagu sendiri, tubuh akan memberikan reaksi imun yang memungkinkannya lebih kuat melawan virus.
    • Meredakan stres. Bermain musik bisa memunculkan energi positif dan fokus sehingga membantu mengurangi stres. Tingkat stres yang menurun bisa membantu meurunkan tekanan darah dan detak jantung ke dalam tingkat yang sehat.

    Manfaat Mental Bermain Musik

    Tidak hanya bagi fisik, musik ternyata memiliki peran yang tidak kalah baiknya dalam mendukung kesehatan mental antara lain:

    • Meningkatkan kinerja mental. Bermain musik seperti melakukan olahraga otak. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan mental dan memori otak. Bahkan, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa musik bisa membantu otak pasien pulih dari stroke serta memperlambat perkembangan penyakit demensia dan Alzheimer.
    • Melatih koordinasi. Menggunakan jari, tangan, dan kaki secara berirama dalam waktu lama sambil mengatur agar bisa memainkan nada yang benar adalah tantangan tersendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, ini akan melatih kemampuan motorik dan koordinasi anggota tubuh dengan lebih baik.
    • Manajemen waktu. Mempelajari instrumen membutuhkan waktu latihan yang menuntut konsistensi dan rutinitas. Mencari tahu bagaimana mencocokkan jadwal latihan dengan kegiatan utama seperti bekerja dan kuliah akan membantu kamu mengembangkan manajemen waktu dan keterampilan organisasi yang lebih baik.
    • Meningkatkan konsentrasi. Fokus adalah bagian terpenting saat belajar berm ain musik. Ketika kamu berusaha meningkatkan kemampuan bermusikmu, kamu akan memaksa diri untuk konsentrasi. Kemampuan konsentrasi ini akan sangat penting bagi seluruh aspek kehidupan, baik di kampus maupun di dunia kerja nantinya.

    Manfaat Emosional Bermain Musik

    Bagi kamu yang memiliki masalah emosional, bermain musik bisa menjadi cara untuk meredakannya. Ada berbagai manfaat bermain musik bagi kondisi emosional seseorang antara lain: 

    • Mengekspresikan diri. Baik ketika kamu memainkan musik ciptaaan orang lain atau ciptaaanmu sendiri, ini memungkinkan kamu mengekspresikan diri dengan cara yang baru. Kamu juga bisa melatih kreativitas dengan memilih gaya dan genre unikmu sendiri.
    • Terapi. Memutar musik bisa membantu mengatasi berbagai masalah seperti stres, insomnia, dan sulit melampiaskan emosi. Musik bahkan bisa jadi cara menenangkan diri dalam situasi sulit dan pengalih perhatian ketika kamu berada dalam kondisi penuh tekanan.
    • Meraih prestasi. Tidak ada perasaan yang lebih baik dibanding kepuasan ketika kamu berhasil menguasai alat musik yang kamu impikan selama ini. Berlatih musik akan membantu kamu memiliki tujuan dan berjuang keras untuk mewujudkannya. Ketika targetmu tercapai, akan ada rasa puas karena pencapaian itu. Pada akhirnya, ini bisa membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri dalam hal lain di dalam hidupmu.
    • Mendapatkan teman baru. Ketika kamu bergabung dengan klub musik atau tempat les instrumen, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Ini adalah cara yang ampuh untuk menambah teman.

    Setelah mengetahui berbagai manfaat kesehatan bermain musik di atas, saatnya mencari wadah yang tepat untuk mewujudkannya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebagai BINUSIAN adalah dengan bergabung bersama UKMI Band Kampus. UKM band BINUS UNIVERSITY sudah berdiri sejak tahun 1980-an dan telah memiliki banyak anggota. Yuk gabung sekarang dan rasakan beragam manfaat kesehatan bermain band dengan UKM Band BINUS UNIVERSITY!