UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan sektor penggerak utama perekonomian tanah air. Meski sudah banyak UMKM yang go digital, tidak sedikit yang masih berjuang agar bisa bertahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan para pengusaha UMKM dalam mendukung kegiatan operasionalnya adalah dengan memperkenalkan aplikasi pembukuan.

Aplikasi Pembukuan
Sumber : Jubelio

 

Pencatatan keuangan memang bisa dilakukan secara manual lewat buku. Tapi ini akan sangat memakan waktu dan menyulitkan. Padahal ada cara lain yang jauh lebih mudah yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan. Nah, untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis kecil atau memiliki kenalan yang merupakan pelaku UMKM, beberapa aplikasi pembukuan ini bisa digunakan untuk memudahkan dalam proses mencatat pengeluaran dan pemasukan usaha.

BukuKas

Aplikasi dengan lambang lebah ini merupakan salah satu aplikasi pembukuan yang sangat dikenal di kalangan pelaku UMKM. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis lewat ponsel barbasis Android maupun iOS ini sudah dipercaya oleh jutaan pengusaha mikro di lebih dari 700 kota di Indonesia. Selain mencatat keuangan, kamu bisa tahu keuntungan dan kerugian dalam tiap penjualan hingga mengirim dan menerima uang bebas biaya bank.

Akuntansi UMKM-Money Manager

Menggunakan interface yang sederhana, aplikasi Akuntansi UKM-Money Manager bisa membantu pencatatan keuangan bisnis maupun personal. Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah catatan keuangan tanpa batasan periode dan bisa digunakan secara online.

Quickbooks

Selain aplikasi yang dapat dijalankan lewat ponsel Android dan iOS, ada banyak juga pilihan aplikasi yang didesain khusus untuk kebutuhan usaha. Salah satunya adalah Quickbooks. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat faktur, laporan keuntungan dan kerugian, neraca, laporan pembelian dan lain sebagainya.

Selain ada fitur untuk melampirkan foto, kamu bisa mengelompokkan setiap transaksi sehingga memudahkan pemantauan laporan. Quickbooks bisa diakses lewat tablet berbasis Android maupun PC yang terhubung dengan internet.

Wave

Berasal dari Amerika Serikat, Wave adalah perangkat lunak pembukuan yang sudah dipercaya jutaan orang. Beragam fitur untuk memudahkan proses pembukuan disematkan ke dalamnya termasuk membuat kuitansi dan pengiriman invoice.

Selain punya tampilan menarik, Wave bisa digunakan tanpa melakukan proses instalasi. Sayangnya karena dirancang untuk pemakaian di Amerika Serikat, sejumlah fitur tidak bisa dibuka oleh pengguna di Indonesia.

Freshbooks

Freshbooks terbilang lebih ramah untuk pengusaha kecil. Aplikasi keuangan berbasis cloud ini tidak hanya memudahkan kamu dalam melakukan pencatatan keuangan tapi juga pembuatan invoice, laporan dan time tracking

Selain itu masih banyak lagi fitur pelengkap yang dijamin akan semakin memudahkan kamu dalam melakukan pengelolaan bisnis misalnya fitur melacak pendapatan, faktur pajak dan lain sebagainya. Penggunaan aplikasi ini akan membuat proses pembukuan berjalan lebih efisien.

Jubelio

Aplikasi lain yang tidak kalah membantu proses pembukuan adalah Jubelio. Aplikasi satu ini memungkinkan kamu mengintegrasikan marketplace bisnismu dengan pembukuan sehingga tidak perlu menginput data secara manual. Beragam fitur lain yang juga bisa kamu nikmati adalah pencatatan keuangan, pelacakan stok sampai pembuatan faktur.

Tidak hanya menghubungkan antara aplikasi pembukuan dengan marketplace, kamu juga bisa mengintegrasikannya dengan toko offline. Semuanya bisa diakses dengan menggunakan satu dashboard yang super praktis.

Menjalankan bisnis bukan hanya tentang menjual produk yang bagus saja. Bagaimana kamu bisa melakukan kegiatan operasional secara efisien juga turut menentukan masa depan usaha yang kamu jalankan.

Untuk kamu BINUSIAN yang sedang mengambil atau ingin masuk ke jurusan Akuntansi, HIMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi/Accounting Student Association) siap menjadi wadah untuk berbagi maupun mencari pengetahuan terkait bisnis. Selain jadi wadah penyalur aspirasi BINUSIAN jurusan Akuntansi, Keuangan Internasional, Teknologi dan Sistem Informasi, HIMA juga kerap mengadakan berbagai acara. Seminar, kompetisi hingga workshop bisa kamu ikuti dengan bergabung bersama HIMA.